Jual Tepung Ikan Murni Murah Dengan Kadar Protein Tinggi

tepung ikan

Tepung ikan adalah salah satu produk hasil dari pengolahan ikan yang memiliki kadar air yang rendah. Diantara keunggulan tepung ikan bila dibandingkan dengan tepung yang lain-nya, yakni kandungan mineral dan protein yang sangat tinggi.

Sehingga tidak heran lagi apabila tepung ikan ini banyak dicari dan sering digunakan oleh para peternak yang merupakan salah satu bahan pokok untuk pakan ternak.

Tidak sedikit penelitian yang sudah menunjukkan bahwa asam lemak esensial yang terkandung dalam tepung ikan bisa meningkatkan produktivitas dan mutu product ternak.

Mengapa Orang Banyak Membutuhkan Tepung Ikan Untuk Bahan Pakan Ternak Mereka

tepung ikan
katadata.co.id

Mengapa tepung ikan banyak digunakan oleh para peternak?. Binatang ternak sangat memerlukan dan membutuhkan asupan pakan yang didalamnya terdapat nutrisi dan energi yang cukup untuk menunjang pertumbuhan, perkembangan dan kesuburan.

Tepung ini sangat bagus untuk bahan baku campuran pakan yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak, Sekaligus  menunjang efektivitas bagi pemeliharaan semacam ayam petelur, bebek petelur dan lainnya.

Ayam petelur bisa memproduksi telur yang banyak karena pemeliharaan-nya yang diberikan pakan unggulan dengan olahan tepung ikan ini. Bukan hanya mampu mengisi kebutuhan protein pada hewan ternak, namun kandungan minyak ikan yang terdapat di dalamnya mampu untuk mengacu dalam perbaikan sel yang rusak. Sehingga sangat membantu untuk menyempurnakan ciri binatang peliharaan itu sendiri.

Tepung ini memiliki kandungan protein yang dapat diserap dengan baik dan cepat sama hewan ternak atau peliharaan. Sehingga sangat baik untuk proses perkembangan dan pertumbuhan hewan ternak. Tepung ini baik diberikan kepada hewan ternak secara teratur dan terancang agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Inilah Yang Anda Dapatkan Ketika Tepung Ikan Digunakan Untuk Bahan Pakan Hewan Ternak Anda

tepung ikan
republika.co.id

Budidaya hewan ternak adalah salah satu usaha yang banyak diminati dan disukai oleh pelaku usaha. Beternak dan merawat serta membesarkan hewan ternak yang berkualitas memang sangat menenangkan. Apalagi kalo bisa memenuhi permintaan pasar, itu adalah hal yang sangat menyenangkan bahkan bisa naik level yaitu membahagiakan. Apalagi saat ini banyak hewan ternak yang dapat dibudidayakan oleh peternak.

Sebagai pelaku usaha ternak atau budidaya tentunya anda mempunyai kiat-kiat untuk menjalankan usaha ternak atau budidaya anda.  Untuk menjaga mutu serta produktivitas hewan ternak anda tentu anda mesti akan menjaga kesehatan serta kualitas pakan yang akan anda berikan untuk hewan ternak.

Salah satu pakan yang berkualitas dan benar-benar baik dan bagus untuk hewan ternak yaitu pakan yang terbuat dari paduan tepung dengan kandungan protein tinggi.

Yang pada intinya, tepung ini merupakan salah satu diantara bahan pakan/makanan yang memiliki sumber protein yang paling baik dan bagus untuk ayam dan sejenisnya.

Selain mengandung mineral dan protein, tepung ini juga sumber lemak hewani yang tak jenuh, sehingga sangat banyak peran atau memiliki peran yang besar dalam memperbaiki gizi dan pertumbuhan setiap hewan ternak.

Pada tahun 1997. Madell Et Al mengatakan bahwa tepung ikan ternyata banyak mengandung asam lemak esensial eicosapentaenoic (EPA, C20:5n-3) sebanyak 5,87 gram, serta docosahenxanoic acid (DHA, C20:6n-3) sebanyak 9,84 gram/kg.

Dari berbagai macam penelitian mendapatkan bahwa asam lemak esensial merupakan fungsi unik yang dapat meningkatkan jumlah produktivitas dan kualitas yang baik pada hewan ternak.

Bagaimana Cara Membuat Tepung Ikan?

tepung ikan
hkonsultasipeternakan.blogspot.com

Setiap pelaku agrobisnis sektor perikanan dan peternakan pasti menempatkan tepung ikan diurutan teratas dalam resum susunan makanan hewan ternak. Tepung ini ikan adalah sisi yang tidak bisa dipisahkan terlebih untuk ternak ayam serta diluar itu sebagai komponen makanan ikan.

Pengolahan atau pembuatan tepung ikan ini dilakukan terutama di daerah yang berlimpah limbah ikan, terutama daerah yang pinggir laut, yang memiliki pelabuhan.

Dalam pembuatan tepung membutuhkan bahan baku utamanya, adapun bahannya adalah ikan laut yang tidak memiliki nilai ekonomis atau ikan yang tidak dikonsumsi oleh manusia. Seperti ikan lemburu, afkir, tongkol, atau ikan ricuh sangat potensial untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan tepung.

Adapun cara untuk pembuatan tepung ikan adalah sebagai berikut :

Bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam proses pembuatan tepung.

tepung ikan
harnas.co

Berbagai macam jenis ikan laut bisa diproses untuk menjadi tepung. Namun tidak semua bisa karena mengingat biaya yang cukup mahal, sehingga kebanyakan orang menggunakan ikan seperti ikan lumbur, ikan tongkol, atau ikan rucah mudah didapat dan kurang disenangi untuk dikonsumsi serta harganya yang relatif murah.

Alat untuk membuat tepung 

  • Penggiling ikan
    Penggiling ikan ini berfungsi untuk menghaluskan atau menggiling ikan-ikan basah untuk menjadi bubur ikan.
  • Alat pengering atau oven
    Pengering atau oven berfungsi untuk mengeringkan bubur ikan supaya kadar air yang ada bisa menyusut sampai 8%. Bisa juga dengan cara manual yaitu dengan menggunakan trik atau sinar matahari, istilahnya dijemur.
  • Alat prees
    Alat ini berfungsi untuk mengeluarkan kadar lemak yang terdapat dalam bubur ikan.

Langkah-langkah membuat

  1. Penggilingan ikan basah
    Untuk penggilingan ikan basah ini biasanya digunakan pada rata-rata ikan yang berukuran sedang dan besar. Untuk ikan yang berukuran kecil bisanya dan tak mesti digiling.
  2. Pengukusan
    Bubur ikan yang berasal dari penggilingan tersebut masuk ke tahap selanjutnya, yaitu tahap pengukusan dalam uap yang cukup panas kurang lebih 1 jam. Tunggu hingga bubur ikan tersebut sampai matang, agar menjadi bubur ikan yang masak atau matang.
  3. Pengeringan
    Pengeringan ini dilakukan setelah bahan bakunya sudah matang dan sudah menjadi bubur ikan. Dengan menggunakan alat cake kering dan ukur suhu dengan rata-rata 105 derajat selsius.
    Pengeringan ini bertujuan untuk menghilangkan atau meminimalisir kadar air yang terdapat pada ikan. Dengan rendahnya kadar air, maka proses oksidasi akan lebih lambat dan tepung yang sudah jadi akan lebih tahan lama.Setelah selesai proses pengeringan ini, ikan akan menjadi kering dan beratnya akan berkurang dan setelah itu siap untuk digiling.
  4. Pemerasan minyak
    Setelah selesai pengeringan makan masuk ke tahap selanjutnya yaitu pengompresan atau pemerasan minyak. Bertujuan untuk mengeluarkan minyak maupun kadar air yang masih tersisa, agar tepung lebih kering dan tahan lama.
  5. Penggilingan
    Setelah hasil cake yang sudah melewati press, selanjutnya digiling menggunakan mesin hingga tepung ikan terasa halus.
  6. Pengemasan
    Dan langkah yang paling akhir yaitu pengemasan dalam karung atau wadah kedap uap air. Tepung ini harus dikemas dengan cara yang benar untuk menjaga keawetan dan higienis produk untuk dalam jangka waktu tertentu.
Harga yang kami tawarkan 

Tepung Ikan Kadar Protein 30% – 35%
Tepung Ikan Kadar Protein 40% – 45%
Tepung Ikan Kadar Protein 50% – 53%
Tepung Ikan Kadar Protein 55% – 57%
Tepung Ikan Kadar Protein 60% – 65%

Untuk pemesanan silahkan hubungi kami…
Masmanto
No. Hp : 0812-1615-8937

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *