Suka Duka Sebagai Anak Kost

222

Setiap tempat yang kita pijaki pasti sudah memiliki aturannya masing-masing, baik tertulis maupun yang tidak tertulis. dimana pun tempat baik di rumah sendiri maupun di tanah rantau. Termasuk di kost misalnya.

Kost-kosan adalah sebuah tempat tinggal sementara para mahasiswa perantauan yang sedang menuntut ilmu atau pun para perantau yang sedang mencari kerja. Supaya anda tidak kaget nantinya, berikut adalah suka duka sebagai anak anak kost yang harus anda ketahui. Selamat membaca…

Pinjam Meminjam Hal yang Biasa

Sudah menjadi hal yang sangat lumrah jika anak kost suka sekali melakukan pinjam-meminjam barang temannya. Entah itu pakaian, perfum, pasta gigi, sabun mandi, atau pun uang. Serta barang-barang keseharian yang lain.

Hidup jauh dengan orang tua menuntut kamu harus bisa hidup mandiri dan hemat. Salah satunya dengan cara meminjam barang temannya sendiri dari pada membeli barang sendiri. Jadi kamu nanti jangan kaget yaa ketika pasta gigi dan sabun mandimu secara tiba-tiba habis, atau parfum mu yang berkurang dengan sangat cepat.

Barang yang Diluar Jadi Milik Bersama

Sebagai anak kost, kamu pasti memiliki beberapa barang yang biasa diletakkan diluar kamar, sperti sandal, sepatu, peralatan mandi dan barang-barang yang lainnya.

Anak kost biasanya indentik dengan pinjam-meminjam barang temannya, jadi kamu jangan heran atau kaget jika barang-barang kamu yang diluar cepet habis atau tiba-tiba tidak ada di saat kamu sedang membutuhkan barang tersebut. Pasti dipinjem!

Banyak Teman

pixabay.com

Karena hidup seorang diri di kost, otomatis sekill bersosialisai untuk membangaun hubungan pertemanan dan kekeluargaan pun akan tersah secara tajam. Menjadi anak kost, kamu bisa mempunyai banyak temen seatab yang bisa kamu jadikan keluarga yang kedua. Kamu juga bisa banyak geng, geng temen kuliah, geng anak kost, geng organisasi kampus, geng perpustakaan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Buat anak kost tak ada kata kesepian!

Tidur Larut Malam

Biasanya anak-anak kost sudah memilki agenda-agenda rutin yang tertulis maupun yang tidak tertulis setiap harinya, disela-sela waktu senggang mereka kuliah yaitu dimalam hari dan mereka biasanya menghabiskan waktu malamnya dengan cara bergadang.

Kebanyakan mahasiswa menghabiskan waktu malamnya dengan cara nongkong di warung kopi, main game, gitar-gitaran, dan berkumpul dengan teman-teman. Tapi ada juga yang menghabiskan waktu malamnya dengan mengerjakan tugas kuliahnya.

Tidak hanya itu saja, bahkan diantar mereka ada juga yang sengaja menghidupkan music dengan suara volume yang cukup keras sampai larut malam. Sehingga hal-hal tersebut membuat kamu akan sulit untuk tidur.

Uang Receh Jadi Barang yang Sangat Berharga

pixabay.com

Uang saku dari orang tua biasanya hanya dikirim atau diberikan satu bulan sekali. Mungkin kamu akan tenang diminggu pertama sampai pertengahan bulan, karena uangnya masih banyak.

Namun ditanggal tua atau penghujung bulan kamu akan merakan krisis moneter yang sangat menyakitkan. Sehingga uang-uang koin (receh) yang biasanya kamu abaikan, disaat seperti itulah ia akan menjelma manjadi harta yang sangat berharga untuk menyelamatkan hidupmu.

Tapi jangan khawatir, biasanya kalo di kota akan banyak masjid-masjid yang mengadak pegajian baik di sore hari, malam, maupun di pagi hari. Dan biasanya para takmir akan menyediakan snack untuk para jamaahnya. Luruskan niat!!!

Mie Instan Jadi Menu Andalan di Tanggal Tua

pixabay.com

Sebagai anak kost anda akan dituntut untuk hidup yang sederhana dan hemat. Nah, biasanya mie instan ini akan menjadi menu makanan yang paling banyak disetok dan dikosumsi oleh anak-anak kost.

Bisa dikatakan, mie instan merupakan makanan kebangsaan anak kos di seluruh penjuru Indonesia. Murah, simpel, kenyang, dan enak pula. Karena sering merasa banyak uang sehabis dikirimi uang jajan di awal bulan, banyak dari kamu yang lupa daratan. Seminggu pertama biasanya dilewati dengan memuaskan hawa nafsu untuk makan-makan di Kafe.

Memasuki pertengahan bulan, biasanya anak kost akan kembali ke ‘kasta’nya. Warung indo atau warteg biasanya kembali jadi pilihan favorit anak kost. Dan saat menjelang akhir bulan, giliran mie instan yang jadi penyelamat hidup. Mulai dari mie goreng aneka rasa, hingga mie kuah dengan telur rebus. Semuanya digilir sesuai tanggal dan selera. Hayo ngaku, siapa yang pernah mengalami hal tersebut?

Rebutan Kamar Mandi

Hal yang satu ini pasti akan di alami oleh setiap anak kost manapun, kecuali yang memiliki kamar mandi di dalam. Jika sedang ada kelas pagi dan kamu bangun kesiangan sedik saja, kamu pasti akan dibuat kesal saat menunngu.

Belum lagi saat kamu harus ikhlas menahan napas saat diserbu aroma yang uuawah yang ditinggalkan oleh penggunnya yang habis buang air besar. Duuh!!! Ada yang mengalami seperti ini?

Berbagi Adalah Sebuah Keharusan

Biasanya rasa solidaritas anak-anak kost itu sangat tinggi, mereka biasanya akan saling memenuhi kebutuhan keseharian satu sama lain, dengan cara saling pinjam-meminjam barang temennya. Jadi jika kamu tidak mau dicap pelit atau individualis makan kamu harus siap-siap untuk berbagi dengan temen kost.

Pulang dan Pergi Sesuka Hati

pixabay.com

Ini dia kelebihan yang hanya bisa dimiliki oleh anak-anak kost. Karena hidup sendiri, kamu jadi bebas mengatur waktu yang kamu punya seorang diri. Pergi kemanapun, kapanpun, bersama siapapun. Anak kos tak akan pernah lagi mengalami yang namanya diomeli mama dan mama akibat pulang telat.

Kangen Dengan Rumah

Biasa juga dikenal dengan istilah kangen mama, kangen papa, kangen rumah, dan rindu. Hal yang satu ini pasti pernah dirasakan oleh setiap anak kost yang merantau ke kota lain.

Terlebih bagi maba alias mahasiswa baru. Sebulan pertama biasanya merupakan masa-masa paling sengsara. Karena kamu akan beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang drastis. Belum lagi jika kamu merupakan anak rantau yang berjuang sendiri.

Diam-diam menangis di malam hari karena rindu di minggu pertama jadi anak kos. Hal tersebut sudah menjadi hal yang wajar bagi kamu yang baru pertama kali ngekost. Namun seiring berjalannya waktu, semua akan membaik gaes. Menelepon orang tua setiap hari atau melakukan video call bisa jadi pengobat rindu yang ampuh.

Kesepian Diwaktu Libur Tiba

pixabay.com

Jika anda mahasiswa perantau, diluar daerah yang kalian pijak atau ngekost dan pulangnya hanya satu tahu satu kali yaitu pas waktu lebaran. Maka kamu diakhir pekan waktu mulai memasuki liburan tiba kamu akan merasakan kesepian yang mendalam. Karena teman-teman kamu yang rumahnya tidak jauh dari kost, biasanya dia akan pulang kampung.

Sakit Juga Masih Sendirian

Ini dia momen ‘mengerikan’ yang paling banyak dihindari oleh anak-anak kos: sakit sendirian! Ya, karena hidup seorang diri, tak akan ada Ibu yang siap sedia merawat kamu kala jatuh sakit. Saat demam sekalipun, kamu harus tetap mengurus diri sendiri. Cari makan juga sendiri.

Sakit saat jauh dari rumah dan orang tua memang merupakan kombinasi paling menyedihkan. Karena setelah jadi anak kost, kamulah yang bertanggung jawab sepenuhnya terhadap diri mu sendiri. Tapi jangan keburu panik dan khawatir dulu, karena disinilah sahabat sejati berperan. Tetangga kos atau sahabat baik biasanya akan datang untuk membantu dan merawat kamu, kok. Jangat takut!

Perbaikan Gizi

pixabay.com

Semua anak kos pasti riang dan gembira saat menerima undangan pesta pernikahan dari temen-temennya. Karena hal ini bisa dijadikan untuk perbaikan gizi. Karena kamu bisa dengan bebas menikmati segala hidangan yang tersedia tanpa perlu pikir panjang lebar. Mulai dari menu prasmanan, pondokan, hingga aneka kue kecil, dan minuman yang disediakan. Semua bisa dibabat hingga tuntas.

Soal isi amplop yang dibawa? Itu urusan belakangan, karena yang terpenting adalah bisa makan dan minum sepuasnya. Momen pulang kampung, ke rumah juga jadi kegiatan favorit anak kost. Kembali menikmati nyamannya suasana rumah, bertemu keluarga, saudara, dan tak perlu repot-repot cari makanan sendiri atau masak sendiri. Semua sudah tersedia di depan mata.

Dan biasanya setelah pulang kampung, kamu jadi kaya mendadak karena mendapat suntikan dana dari orang tua. Aneka persediaan makanan juga biasanya diboyong sebanyak mungkin.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here