Pengertian Iklan Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

pengertian iklan

Pengertian Iklan – Iklan merupakan hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat. Namun, banyak orang yang masih belum memahami apa sebenarnya iklan itu. Khususnya bagi masyarakat awam. Oleh karena itu, sangat penting untuk diketahui tentang apa itu iklan dan berbagai komponen di dalamnya. Dengan mengetahui hakikat dari iklan, maka Kamu akan mampu membedakan mana yang iklan dan mana yang bukan.

Pengertian Iklan Secara Umum

pengertian iklan
pahlevi.net

Sebelum mengulas lebih mendalam mengenai apa itu iklan, hal penting yang harus dipahami terlebih dahulu adalah definisi iklan. Secara umum, iklan merupakan suatu pesan atau pun berita yang bersifat membujuk atau mendorong orang lain. Tujuannya adalah agar orang tersebut tertarik dengan produk yang ditawarkan. Baik itu produk yang berupa barang atau produk yang berupa jasa.

Promosi iklan sendiri biasanya dilakukan dengan menggunakan berbagai media iklan. Misalnya radio, koran, televisi, internet, majalah dan lain sebagainya. Selain menawarkan produk, terkadang iklan juga berisi konten mengajak orang atau masyarakat untuk melakukan sesuatu. Sebagai contoh adalah iklan yang mengajak sekalian masyarakat untuk menanam pohon atau ajakan untuk menghindari narkoba.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

pengertian iklan
i0.wp.com

Selanjutnya adalah pengertian iklan menurut para ahli.

  1. Menurut Gilson dan Berkman (1980)

Pengertian iklan menurut Gilson dan Berkman (1980), iklan merupakan suatu media komunikasi yang bersifat persuasif serta dirancang dengan sedemikian rupa guna mendapatkan respon serta membantu mewujudkan tujuan dari pemasaran.

  1. Menurut Durianto (2003)

Sedangkan pengertian iklan menurut Durianto adalah suatu proses komunikasi tertentu yang bertujuan untuk mengajak dan membujuk orang sehingga berbuat sesuatu yang dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi pemilik iklan.

  1. Menurut Kriyantono (2008)

Iklan adalah sebuah bentuk komunikasi yang bersifat non-personal dimana di dalamnya terdapat berbagai pesan yang dijual dengan cara yang persuasif dari pihak sponsor. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengaruh kepada khalayak agar membeli produk yang dipasarkan. Iklan ini dibuat dengan cara membayar media tertentu yang dipakai.

  1. Menurut Russel dan Lane (1990)

Iklan merupakan sebuah pesan khusus yang dibayar oleh pihak sponsor kemudian disampaikan dengan menggunakan berbagai jenis media komunikasi.

  1. Menurut Suhandang (2005)

Adapun pengertian iklan menurut Suhandang adalah suatu bentuk komunikasi massa yang dibuat dengan menggunakan bayaran ruang dan waktu guna memberikan informasi mengenai produk yang dibuat oleh pembuat iklan.

Jenis Iklan Berdasarkan Media Yang Digunakan

pengertian iklan
www.kata.co.id

Berdasarkan media yang digunakan, iklan terdiri dari beberapa jenis. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Iklan Display

Iklan display adalah jenis iklan yang mirip seperti kolom dengan ukuran yang lebih besar.

  1. Iklan Cetak

Iklan cetak adalah jenis iklan yang dirilis pada media cetak, baik itu koran, majalah dan sebagainya.

  1. Iklan Advertorial

Iklan advertorial adalah iklan yang dibuat dalam bentuk berita dan tulisan jurnalistik.

  1. Iklan Elektronik

Iklan elektronik adalah jenis iklan yang yang dirilis melalui media elektronik, misalnya radio, internet dan sebagainya.

5. Iklan Perusahaan

Iklan perusahaan merupakan salah satu jenis iklan yang bertujuan untuk meningkatkan citra dari perusahaan beserta produknya.

8. Pengertian Iklan baris

Iklan baris merupakan salah satu jenis iklan yang biasa dimuat di media cetak dalam bentuk kolom-kolom yang singkat.

9. Pengertian Iklan Kolom

Iklan kolom adalah suatu iklan yang dibentuk berdasarkan kolom tertentu. Mulai dari kolom nama barang, harga, spesifikasi dan sebagainya.

10. Slogan dan Poster

Slogan adalah sebuah kalimat pendek yang mudah untuk diingat masyarakat dengan tujuan memberikan informasi. Sedangkan poster adalah kata-kata menggunakan gambar menarik yang diletakkan di lokasi tertentu.

11. Iklan Komersial

Iklan komersial adalah jenis iklan yang pembuatannya bertujuan untuk memasarkan suatu produk kepada masyarakat. Dengan tujuan agar masyarakat tertarik menggunakan produk tersebut.

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

pengertian iklan
masmanto.com

Berdasarkan isinya, iklan terbagi menjadi tiga jenis. Pertama adalah iklan penerangan, kedua adalah iklan pengumuman dan ketiga adalah iklan reklame. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis iklan berdasarkan isinya tersebut.

  1. Iklan Penerangan

Iklan penerangan merupakan jenis iklan yang memberikan suatu penerangan tersendiri kepada masyarakat akan suatu hal. Iklan satu ini juga dikenal secara luas dengan istilah iklan layanan masyarakat.

  1. Iklan Pengumuman

Yang dimaksud dengan iklan pengumuman adalah jenis iklan yang di dalamnya berisikan pengumuman atas suatu hal. Baik itu berupa peristiwa, kegiatan atau hal yang lainnya.

  1. Iklan Reklame

Selanjutnya adalah iklan reklame yang merupakan jenis iklan yang berisikan informasi barang atau jasa yang akan dijual. Iklan jenis ini akan disampaikan pada media secara berulang-ulang untuk tujuan memperoleh suatu keuntungan. Umumnya, jenis iklan ini akan menggunggulkan produk tertentu dengan kualitas yang ada.

Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya

pengertian iklan
salamadian.com

Selain ditetapkan berdasarkan isinya, jenis iklan juga dibedakan berdasarkan sifatnya. Berdasarkan sifatnya, iklan terdiri dari iklan niaga dan iklan layanan masyarakat. Berikut penjelasan dari keduanya.

  1. Pengertian Iklan Niaga

Iklan niaga merupakan salah satu jenis iklan yang bertujuan untuk menarik minat orang terhadap produk. Sehingga, mereka akan tertarik untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Biasanya, iklan niaga ini dibuat oleh perusahaan atau industri tertentu.

  1. Pengertian Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat ini merupakan jenis iklan yang bertujuan mempengaruhi khalayak umum agar memberikan suatu persetujuan atau dukungan. Selain itu, juga bertujuan untuk mengikuti suatu kampanye yang dibuat oleh pemilik iklan.

Fungsi dan Tujuan Iklan

pengertian iklan
masmanto.com

Dibuatnya iklan tentu bukan tanpa tujuan. Melainkan ada berbagai tujuan di dalamnya. Khususnya yang berkaitan dengan bisnis, industri dan sebagainya. Berikut ini adalah rincian mengenai fungsi dan tujuan iklan secara umum yang wajib Kamu ketahui.

  1. Membujuk Khalayak Umum

Fungsi dari iklan yang pertama adalah membujuk banyak orang untuk menggunakan produk, jasa atau melakukan sesuatu hal. Bujukan tersebut memiliki sifat yang tidak memaksa.

  1. Memberi Informasi

Selain membujuk atau melakukan persuasi kepada banyak orang, fungsi iklan yang lain adalah memberikan informasi. Dari sini dapat dipahami bahwa iklan tidak sebatas mengajak orang untuk memakai produk tertentu, namun juga memberikan informasi positif kepada masyarakat.

  1. Memberikan Suatu Nilai Tambah

Adapun fungsi dan tujuan iklan yang ketiga adalah memberikan nilai tambah. Ada perbedaan mendasar mengenai produk yang di iklan-kan dengan yang tidak. Nilai tambah produk yang di iklan-kan secara otomatis akan naik karena lebih dikenal.

  1. Mengingatkan Masyarakat

Selain beberapa fungsi dan tujuan di atas, iklan juga berfungsi untuk mengingatkan masyarakat umum. Misalnya mengenai bahayanya kulit yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Manfaat Iklan

pengertian iklan
kata.co.id

Selain memiliki fungsi tertentu, iklan juga memberikan beragam manfaat. Baik itu untuk pembuat iklan atau pun untuk masyarakat umum yang mendapatkan iklan tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat iklan secara umum beserta penjelasannya.

  1. Meyakinkan Masyarakat akan Suatu Produk

Manfaat iklan yang pertama adalah membantu meyakinkan masyarakat umum untuk menggunakan suatu produk. Dengan begitu, masyarakat akan semakin mengetahui bahwa produk yang bersangkutan memang benar-benar ada dan terbukti.

  1. Meningkatkan Citra yang Baik dari Produk

Manfaat kedua dari iklan adalah membantu meningkatkan citra yang baik dari produk yang bersangkutan. Salah satu caranya dengan menunjukkan manfaat, keunggulan dan sebagainya dari produk.

  1. Memberikan Informasi Detail atas Suatu Produk

Adapun manfaat berikutnya yang tidak kalah penting adalah memberikan informasi secara mendetail atas produk yang ada. Dari sini, masyarakat akan menjadi tahu apa manfaat dan kegunaan produk.

  1. Memudahkan Konsumen Menentukan Pilihan Produk

Dan manfaat yang selanjutnya adalah mempermudah para konsumen untuk memilih produk. Dengan mengetahui iklan, masyarakat akan mampu membandingkan antara satu produk dengan produk yang lain.

Ciri-Ciri Iklan

pengertian iklan
faktakah.com

Tidak semua kalimat ajakan dan bersifat persuasif adalah iklan. Karena ada banyak sekali jenis kalimat yang kerap ditampilkan di publik. Iklan memiliki ciri-ciri tersendiri yang harus diketahui oleh semua orang. Berikut adalah beberapa ciri-ciri iklan.

  1. Pilihan Kata Mengandung Sugesti untuk Banyak Kalangan

Ciri iklan yang pertama adalah mengandung sugesti atau persuasi untuk banyak orang. Tujuan dari adanya kata-kata sugesti di sini adalah agar orang-orang tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan pada iklan.

  1. Kata yang Digunakan Logis, Sopan, dan Menarik

Ciri iklan yang berikutnya adalah menggunakan kalimat yang logis. Yang dimaksud dengan logis di sini adalah tidak terkesan membesar-besarkan informasi. Selain itu, kalimat yang digunakan adalah kalimat yang menarik untuk dibaca atau didengar. Dan ciri yang selalu ada pada iklan adalah penggunaan kata atau kalimat yang sopan.

  1. Menonjolkan pada Informasi yang Utama

Adapun ciri berikutnya dari iklan adalah di dalam iklan selalu menonjolkan informasi utama. Sehingga, meskipun iklannya sedikit panjang, namun pada bagian informasi utama yang ingin disampaikan akan dibuat menonjol dan jelas.

  1. Memakai Kata-Kata yang Tepat Sasaran

Dan ciri selanjutnya yang harus Kamu ketahui dari iklan adalah menggunakan kata-kata serta atribut lain yang tepat sasaran. Maksudnya adalah iklan akan menyesuaikan penggunaan kata-kata sesuai dengan sasaran mereka.

Syarat-Syarat Iklan

pengertian iklan
www.kata.co.id

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri iklan, pada ulasan selanjutnya ini akan dibahas mengenai syarat-syarat iklan yang harus dipenuhi. Berikut adalah rincian beserta penjelasannya.

  1. Iklan Mampu Menarik Minat Banyak Kalangan

Syarat iklan yang pertama adalah mampu menarik minat banyak orang. Caranya adalah dengan menggunakan kata-kata yang menarik dan bersifat mempengaruhi. Tentunya sesuai dengan produk yang ditawarkan pada iklan.

  1. Tidak Mengandung Unsur Sara atau Menyinggung

Syarat iklan yang berikutnya adalah ia tidak mengandung unsur Sara. Adanya unsur Sara pada iklan akan dapat merugikan pihak lain. Sehingga, hal ini sama sekali tidak diperbolehkan. Bahkan, jika dilakukan bisa dituntut oleh pihak lain yang merasa dirugikan.

  1. Iklan Memiliki Sifat yang Jujur dan Objektif

Adapun syarat iklan yang selanjutnya adalah bersifat jujur dan objektif. Yang dimaksud dengan jujur di sini adalah iklan yang disampaikan benar-benar sesuai dengan produk yang ditawarkan. Karena jika tidak sesuai, maka itu berarti ada unsur penipuan kepada publik. Di samping itu, sifat objektif juga harus benar-benar diutamakan di dalam membuat iklan.

  1. Iklan Bersifat Jelas dan Mudah untuk Dipahami

Syarat iklan ke empat yang tidak kalah penting untuk Kamu pahami adalah iklan memiliki sifat yang jelas. Yang dimaksud dengan sifat jelas di sini adalah ia mudah untuk dipahami dan dimengerti. Salah satu indikasinya adalah menggunakan bahasa yang singkat dan padat.

Unsur-Unsur Iklan

pengertian iklan
herman.berau.org

Iklan terdiri dari beberapa unsur penting di dalamnya. Dengan unsur yang ada maka terbentuklah suatu iklan yang menarik dan berkualitas. Di bawah ini adalah unsur-unsur iklan yang wajib kamu ketahui.

  1. Adanya Kalimat Deskriptif

Unsur iklan yang pertama adalah terdapat kalimat deskriptif. Arti dari deskripsi adalah menjelaskan sesuatu. Sehingga, fungsi dari kalimat deskriptif di dalam iklan bertujuan untuk menjelaskan produk yang ditawarkan. Misalnya ketika menjelaskan mengenai jasa tertentu.

  1. Adanya Kalimat Persuasif

Unsur iklan yang berikutnya adalah adanya kalimat persuasif. Istilah lain dari persuasi sendiri adalah mempengaruhi. Sehingga, kalimat persuasif dicantumkan dalam iklan dengan tujuan mempengaruhi orang lain agar tertarik untuk menggunakan produk yang ditawarkan pada iklan. Baik itu berupa barang, jasa atau himbauan untuk melakukan suatu hal.

Kesalahan Dalam Beriklan

pengertian iklan
sinergimedia.co.id

Jika Kamu ingin beriklan mengenai produk tertentu, sebaiknya berhati-hati karena tidak jarang orang mengalami kesalahan saat membuat iklan. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh seseorang saat membuat iklan.

  1. Iklan Ditampilkan Hanya di Satu Media Saja

Salah satu kesalahan di dalam beriklan adalah iklan tersebut hanya ditampilkan di satu media. Padahal belum tentu satu media tersebut efektif untuk dijadikan media iklan. Karena itu, penting bagi Kamu untuk menggunakan setidaknya lebih dari satu media iklan.

  1. Iklan Ditampilkan di Waktu yang Salah

Kesalahan berikutnya yang kerap terjadi adalah penampilan iklan di waktu yang salah. Sehingga, meskipun produknya berkualitas dan unggul, namun orang tidak akan tertarik menggunakannya. Misalnya saja iklan jas hujan di musim kemarau.

  1. Penggunaan Bahasa dan Simbol Iklan yang Sulit Dipahami

Selanjutnya, kesalahan dalam memakai bahasa dan simbol juga merupakan kesalahan tersendiri bagi iklan. Karena itu artinya pesan yang disampaikan pada iklan tidak sampai di tengah masyarakat.

Tips Dalam Membuat Iklan

pengertian iklan
rectmedia.com

Ada beberapa tips penting yang harus Kamu ketahui pada saat membuat iklan. Dengan mempraktikkan tips-tips berikut ini, maka iklan Kamu akan menjadi iklan yang benar-benar berkualitas serta mampu menarik minat masyarakat.

1. Memilih Judul Yang Menarik

Judul yang menarik akan merangsang sih pembaca akan meneruskan membaca iklan hingga selesai. Ada 7 dari 10 orang yang hanya membaca judulnya saja, dan cuma 3 orang yang akan masuk dan membaca isi iklannya. Mengapa demikian? Iya karena judul yang di buat tidak menarik. Oleh karena itu, kita harus membuat judul yang menarik sehingga membuat pembaca untuk masuk dan membaca iklan yang kita tawarkan.

2. Cantumkan Nilai Unggul Produk

Tips pertama dan utama dalam membuat iklan adalah memberikan nilai tambah atau nilai unggul dari suatu produk. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar masyarakat tertarik dengan produk yang ada.

3. Gunakan Bahasa yang Tepat

Tips kedua saat membuat iklan adalah memakai bahasa yang tepat sasaran. Dan jangan lupa bahasanya yang sopan dan mudah dipahami oleh masyarakat.

4. Gunakan Slogan yang Mudah Diingat

Tips berikutnya adalah dengan memakai slogan yang mudah dihafal serta diingat oleh konsumen. Hal ini penting karena dengan mengingat slogannya, maka produk Kamu juga akan diingat.

Iklan sangat penting untuk dibuat dalam rangka meningkatkan minat masyarakat terhadap barang, jasa atau pun ajakan tertentu. Oleh karena itu, pembuatan iklan harus dilakukan semaksimal mungkin sehingga hasilnya menjadi berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *