Pengertian Artikel, Jenis-Jenis Artikel dan Ciri-Ciri Artikel

pengertia artikel

Pengertian artikel – Artikel merupakan sebuah karangan yang faktual atau non-faktual, artikel biasanya disebarkan di majalah, koran serta media lainnya. Tujuan dari artikel adalah untuk menginformasikan kepada para pembaca untuk mendapatkan hiburan, berita, dan pendidikan.

Artikel mudah kita temukan dimana-mana, setiap media pasti memiliki artikel, walau hanya beberapa kata saja. Maka dari itu, artikel sangat dibutuhkan baik di media cetak maupun sosial. Artikel dapat dijadikan sebagai bahan promosi atau penawaran bisnis, produk atau pun jasa.

Semua orang mungkin bisa menulis artikel, tapi nyambung tidaknya artikel tergantung kepada penulisnya. Banyak orang yang menulis artikel tanpa memikirkan hal tersebut. Sayangnya, banyak orang menulis artikel dengan apa adanya. Satu hal yang perlu dilakukan adalah melakukan revisi pada setiap artikel, agar tulisan menjadi rapi dan enak dibaca.

Artikel memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menginformasikan tentang manfaat dari barang. Artikel saat ini menjadi sebuah kunci bagi banyak media. Layaknya kanvas yang kosong dan memerlukan gambar, mungkin seperti itu gambaran pentingnya artikel sekarang ini.

Seorang penulis pasti memiliki ide atau gagasan bukan hanya sekedar banyak tapi juga luas. Mereka terbiasa menumpahkannya dalam sebuah kertas atau dalam ketikan keyboard. Buku juga merupakan kumpulan dari artikel yang dijadikan satu oleh penulis atau pengarang.

Buku menurut saya merupakan artikel dengan yang lebih kompleks. Alasannya adalah untuk membuat sebuah buku membutuhkan energi dan waktu yang lebih besar karena merupakan kumpulan dari banyak artikel.

Untuk jenis artikel banyak sekali jenisnya, dan dibawah ini akan kami berikan penjelasannya.

Jenis-Jenis Artikel Dan Penjelasannya

pengertian artikel
redioz.com

Inilah jenis-jenis artikel dan penjelasannya yang sudah kami rangkum untuk Anda. Simak berikut ini:

Baca juga artikel terkait : Struktur artikel

Pengertian Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi merupakan artikel yang menjelaskan gambaran umum suatu produk, barang dan sebagainya. Artikel deskripsi berisi penjelasan suatu produk dan manfaat yang ingin kita sampaikan kepada pembaca. Artikel ini bersifat umum. Sebelum membuat artikel deskripsi harus ditentukan tema atau objek, tujuan, dan aspek-aspek pendukung lainnya.

Artikel deskripsi membuat orang atau pembaca menjadi tahu atau seolah-olah melihat gambaran dari produk yang diceritakan. Pembaca dapat memiliki gambaran yang jelas hingga mengerti tentang produk atau jasa yang kita sampaikan.

Pengertian Artikel Narasi

pengertian artikel
masmanto.com

Narasi merupakan sebuah artikel yang berisi cerita panjang. Dalam narasi terdapat rentetan atau urutan waktu. Biasanya ada tokoh yang menghadapi konflik serta berisi fiksi serta fakta. Narasi sering digunakan untuk membuat sebuah film atau video pendek. Dengan membuat artikel narasi kita sebagai sutradara maupun pemain pasti akan tahu jalan ceritanya. Itu membuat mudah untuk dipahami dan dikerjakan, sehingga meminimalisir kesalahan.

Ada berbagai jenis narasi. Berikut ini adalah jenis-jenis narasi yang perlu Anda ketahui.

  • Narasi informatif

Narasi ini berisi konten atau artikel yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada para pembaca. Penyampaian informasinya jelas dan tepat tentang suatu peristiwa yang telah terjadi. Dengan menyampaikan narasi informatif kepada pembaca maka kita telah memberikan informasi yang kita ketahui kepada pembaca, secara tidak langsung.

Narasi ini harus berisi fakta yang telah terbukti, sehingga tidak muncul keraguan pada artikel narasi tersebut. Narasi informatif biasanya memiliki lampiran peristiwa kapan, dimana, dan kenapa.

  • Narasi ekspositorik

Narasi ekspositorik adalah narasi yang memiliki tujuan penyampaian informasi yang tepat dan bertujuan menginformasikan secara luas. Narasi eskpositorik menceritakan kisah seseorang yang diceritakan dari awal hingga akhir. Penulis narasi ini menuliskan berdasarkan data yang sebenarnya.

Setiap orang yang membuat narasi ekspositorik harus melaui riset data terlebih dahulu. Ini membuat proses pembuatan narasi ekspositorik memerlukan waktu yang lebih lama dibanding narasi informatif.

  • Narasi artistik

Narasi artisktik adalah narasi yang memiliki maksud tertentu kepada para pembaca. Sehingga membuat para pembaca seolah-olah melihat. Berisi fakta yang ada dan tidak berisi unsur sugestif serta bersifat objektif. Artikel narasi ini berisi penyampaian kepada pembaca namun tidak secara langsung.

Narasi artistik sering dipakai untuk novel, cerpen, cerita rakyat, dan lain sebagainya. Fungsi utama dari teks narasi artistik ini adalah imajinatif atau penggambaran secara visual. Narasi ini sering digunakan pada cerpen atau karangan lainnya. Ini memudahkan para pembaca untuk membuat gambaran visual yang mudah dipahami.

  • Narasi sugestif

Narasi ini merupakan narasi yang membuat para pembaca tersugesti atau meyakinkan mereka dengan artikel yang ditulis. Banyak orang yang membuat narasi sugestif untuk menambah konsumen atau membuat pembaca lebih percaya.

Pembaca yang merasa yakin dengan kata-kata tersebut maka akan tertarik dengan apa yang di tuliskan. Ini merupakan kelebihan dari narasi sugestif ketimbang dengan narasi lainnya. Membuat yakin pembaca merupakan tujuan utama dari narasi sugestif ini.

Pengertian Artikel Eskposisi

pengertian artikel
masmanto.com

Pengertian artikel eksposisi merupakan sebuah artikel karangan yang mempunya tujuan memberikan informasi dan menambah pengetahuan pembaca. Karangan ini berisi uraian atau penjelasan yang dapat dilengkapi gambar, grafik, atau statistik. Artikel eksposisi ditulis dengan singkat, padat, dan jelas. Koran dan buku petunjuk adalah salah satu contoh dari artikel eksposisi.

Cara penulisan artikel eksposisi ini adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan tema
  2. Memilih tujuan karangan
  3. Memilih data yang sesui dengan tema
  4. Membuat kerangka karangan
  5. Mengembangkan kerangkan menjadi karangan

Dalam menulis artikel eksposisi harus ada data faktual, seperti kondisi yang benar-benar terjadi. Artikel ini bersifat historis tentang bagaimana hal itu terjadi dan sebagainya. Ini membuat artikel eksposisi menjadi salah satu artikel yang rumit dan lumayan mahal.

Pengertian Artikel Argumentasi

pengertian artikel
materi4belajar.blogspot.com

Pengertian artiikel argumentasi merupakan sebuah satu cara pengembangan paragraf dalam tulisan dan bertujuan membujuk pembaca. Ini persis dengan narasi sugestif, namun perbedaannya argumentasi sedikit memaksa atau membujuk. Isi tulisan argumentasi dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan, dan disertakan contoh atau sebab akibat.

Adapun struktur dari argumentasi, berikut ini:

  1. Pendahuluan

Berisi kata yang menarik pembaca, dan memusatkan perhatian pembaca ke dalam argumentasi tersebut. Selain itu pendahuluan juga dapat dilakukan dengan menunjukan alasan mengapa artikel tersebut dibuat.

  1. Tubuh argumen

Membuktikan fakta yang disampaikan dalam paragraf di dalam artikel argumentasi. Kesimpulannya merupakan kebenaran. Fakta yang diungkapkan harus sesuai dengan data, gambar dan statistik.

  1. Kesimpulan

Kesimpulan atau ringkasan merupakan sebuah gambaran awal hingga akhir yang dijadikan satu. Kesimpulan bertujuan untuk membuktikan kebenaran yang ada itu logis dan sesuai data. Itulah kesimpulan dari kesimpulan itu sendiri.

Intinya argumentasi adalah karangan yang berguna untuk membuktikan kebenaran dari data yang kita sampaikan. Dan di dalam argumentasi terdapat unsur opini dan data, serta fakta sebagai pendukung dari opini tersebut.

Pengertian Artikel Persuasi

pengertian ertikel
satujam.com

Pengertian artikel Persuasi adalah komunikasi yang bertujuan untuk memengaruhi dan meyakinkan seseorang. Pada prinsipnya persuasi adalah upaya yang dilakukan secara bertatap muka untuk mempengaruhi orang tersebut. Artikel persuasi adalah artikel yang bertujuan mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu.

Dalam artikel persuasi biasanya pengarang atau penulis menginginkan adanya gerak dari pembaca untuk melakukan sesuatu. Pembaca melakukan sesuatu yang ingin penulis sampaikan pada tulisan tersebut. Seperti rujukan untuk melakukan sesuatu itu merupakan artikel persuasi. Persuasi adalah salah satu cara yang dilakukan untuk membuat pesan yang ingin disampaikan dipahami dan dimengerti oleh orang lain.

Adapun ciri-ciri artikel yang mudah kita pahami, apa saja ciri-ciri artikel tersebut? Mari simak pembahasannya berikut ini.

Ciri-Ciri Artikel

pengertian artikel
www.kaskus.co.id

Artikel mempunyai ciri-ciri yang bisa kita temukan secara umum dan ada beberapa jenis artikel yang berbeda. Dalam sebuah artikel memang dibutuhkan data faktual untuk menambah keyakinan pembaca artikel tersebut. Dengan mengetahui ciri-ciri artikel maka kita bisa mengetahui asli atau copas.

Berikut ini adalah ciri-ciri artikel yang sudah kami rangkum, antara lain.

  • Mempunyai sumber yang berisi fakta dan realita.
  • Tulisan berisi kata yang singkat, jelas, dan padat.
  • Tulisan original, tidak copas.
  • Bersifat faktual, sesuai data yang telah diketahui penulis.
  • Isi dari artikel sesuai dengan data atau fakta, bukan dari pemikiran pengarang.
  • Isi artikel bisa berupa gambaran tokoh, biografi, peristiwa, dan riset.
  • Tulisan atau artikel merupakan sebuah kebutuhan yang dicari pembaca

Itulah ciri-ciri artikel yang bisa kami berikan, semoga bisa membantu Anda. Banyak website yang memberikan ciri-ciri artikel, pengertian artikel, dll. Karena sebuah artikel merupakan jantung dari konten yang ingin disampaikan kepada para pembaca. Jika kita menulis artikel sebaiknya kita baca kembali, merevisinya hingga benar-benar tepat dan nyambung. Dengan langkah ini kepuasan pembaca akan lebih terjamin.

Perkembangan zaman membuat banyak sekali artikel yang dibutuhkan untuk mengisi konten baik website, sosial media, dan plaftform aplikasi lainnya. Ini membuka kesempatan bagi para penulis untuk menghasilkan uang tambahan dari pesanan artikel. Hari ini pun sudah banyak sudah banyak jasa penulis artikel yang bisa kita andalkan untuk membantu menuliskan artikel seperti yang kita inginkan.

Pengertian Artikel Ilmiah

pengertian artikel
fpscs.uii.ac.id

Pengertian artikel ilmiah adalah artikel yang berisi tentang karya ilmiah seseorang yang dijadikan artikel. Ada dua jenis artikel ilmiah yaitu artikel konseptual adalah artikel yang berisi dari gagasan atau ide pengarang. Kemudian ada artikel penelitian, yang berisi penelitian dari penulis. Keduanya memiliki perbedaan yang ada di bagian isi.

Dalam artikel konseptual pada bagian pendahuluan hingga bagian penutup hanya berisi artikel yang terdiri dari bab dan subab tertentu. Sedangkan artikel penelitian pada bagian pendahuluan hingga bagian penutup hanya berisi landasan teoristis, metodologi, hasil, dan pembasan. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat berkebalikan

Artikel ilmiah memiliki pola dasar secara umum yang berisikan pada bagian yang sudah baku, yaitu di bagian pendahuluan, batang tubuh, dan penutup. Dalam bahasa yang sering kita dengar ketiga bagian tersebut disebut dengan bagian awal, tengah, dan akhir. Inti dari karya ilmiah ada di bagian batang tubuh atau tengah, secara proporsional bagian isi atau batang tubuhlah yang paling banyak tulisannya.

Ketiga bagian tersebut bila di gambarkan dengan tubuh manusia maka bagian pendahuluan adalah kepala, batang tubuh adalah tubuh manusia, dan bagian penutup adalah kaki manusia. Dengan menganalogikan seperti itu maka kita sudah mendapatkan gambaran tentang uraian di bagian dalam karya ilmiah.

Akan aneh jika manusia memiliki tubuh manusia lebih kecil daripada kepala atau kaki manusia. Demikian juga dengan artikel karya ilmiah, akan menjadi aneh juga jika penjelasan pada bagian pendahuluan atau awal lebih banyak ketimbang bagian batang tubuh atau tengah.

Bagian pendahuluan yang bersifat informatif atau memberikan informasi kepada pembaca. Ada dua jenis pendahuluan, yaitu bersifat umum yang ada pada semua jenis karya ilmiah dan bersifat khusus yang hanya dimiliki jenis karya ilmiah tertentu saja. Bagian pendahuluan artikel ilmiah ini terdiri dari judul, nama pengarang, abstrak, dan kata kunci.

Abstrak adalah ringkasan tulisan, dengan membaca bagian abstrak orang akan mengetahui isi dengan singkat karya ilmiah tersebut dengan cepat. Karena dalam abstrak itu harus mencakup seluruh bagian karangan, dari pendahuluan hingga penutup (ada beberapa alasan, masalah, pustaka, metode, hasil, penutup, serta kesimpulan. Untuk itu artikel karya ilmiah dari hasil observasi penelitian dan juga harus ada latar belakangnya, permasalahan, pembahasan, serta penutup untuk artikel karya ilmiah yang bersifat konseptual).

Penekanan isi abstrak terletak pada hasil pembahasan. Pada umumnya abstrak dibuat dalam satu paragraf dengan menggunakan tidak lebih dari 200 kata. Untuk istilah abstrak, ada yang membedakannya dengan ringkasan. Abstrak diartikan lebih pendek daripada ringkasan. Dalam hitungan angka, jika paragraf abstrak biasanya menggunakan tidak lebih dari 200 kata, namun untuk ringkasan tertentu bisa mencapai pada 500 kata.

Kata kunci adalah kata yang paling penting dan mutlak harus ada di sebuah artikel ilmiah atau artikel biasa. Kata kunci biasanya diambil dari kata atau riset yang panjang dan lama sehingga membutuhkan banyak waktu. Biasanya kata kunci harus memilih kata yang tepat dan juga banyaknya pencarian. Jumlah kata kunci hanya satu namun ada kata kunci turunan biasanya berkisar antara 3 sampai 5.

Batang tubuh adalah isi artikel ilmiah yang sebenarnya. Bagian batang tubuh dibagi menjadi tiga macam, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Bagian pendahuluan biasanya berisi latar belakang masalah dan rumusan masalah yang rumit dan banyak. Bagian isi berisi persoalan-persoalan inti atau materi inti yang ingin disajikan. Untuk artikel penelitian, di dalam bagian isi berupa landasan teori, metodologi, dan hasil dan pembahasan.

Landasan teori berisi teori-teori atau konsep-konsep yang dipergunakan dalam membahas masalah. Bagian metodologi berisi pendekatan yang digunakan, metode, sasaran, populasi dan sampel, serta langkah-langkah analisis data. Dan bagian hasil dan pembahasan berisi hasil kajian masalah yang diangkat. Untuk artikel konseptual, bagian isi berisi konsep-konsep dan bahasan masalah.

Tujuan Artikel

pengertian artikel
uprint.id

Tujuan artikel adalah untuk memberikan informasi berupa fakta yang disajikan dalam bentuk tulisan. Serta untuk sarana pendidikan, hiburan, dan juga meyakinkan pembaca. Artikel sedang naik daun sekarang ini karena saat ini banyak media yang sangat membutuhkan artikel. Seperti website, koran, sosial media, banner dan lain sebagainya.

Banyak orang yang berinvestasi waktu dan pikiran untuk membuat artikel. Dengan menulis artikel dapat menghasilkan uang yang lumayan. Sekarang ini forum seperti Detik, Kaskus, Kompas dan banyak lagi yang lainnya membutuhkan penulis. Dan tidak sedikit dari forum seperti ini yang akan membayar penulis yang memiliki nilai yang baik. Penilaian dari setiap forum berbeda-beda namun kita dapat menyimpulkan bahwa menjadi seorang penulis artikel dapat menghasilkan uang yang lumayan banyak.

Itulah pengertian artikel serta beberapa penjelasan lainnya yang bisa kami sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Artikel ini merupakan ringkasan dari beberapa artikel yang digabungkan menjadi satu. Semoga bisa membantu kita semua untuk memberikan informasi dan pendidikan kepada semua orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *