Jenis Pakan Ternak Yang Wajib Anda Ketahui Untuk Hewan Ternak

554
pakan ternak
3.bp.blogspot.com

Pakan ternak – adalah makanan atau asupan yang akan diberikan kepada hewan ternak. Pakan merupakan sumber materi dan energi bagi pertumbuhan, perkembangan dan kehidupan bagi setiap makhluk hidup di dunia.

Makanan yang berkualitas adalah makanan yang mengandung protein, karbonhidrat, lemak, mineral dan vitamin yang seimbang. Namun apabila pemberian-nya berlebihan akan dapat membuat hewan ternak atau peliharaan akan menjadi rentan terhadap penyakit dan dapat membuat produktifitasnya pun akan menurun.

Mengenal Usaha Budidaya dan Ternak

pakan ternak
masmanto.com

Menjalankan usaha ternak memang bukan hal perkara yang mudah dan memang membutuhkan ahlinya. Tidak semua orang mampu atau bisa menjalankannya, karena usaha ternak membutuhkan perawan yang khusus, keahlian yang khusus dan telaten. Karena jika kita beternak kita akan berhadapan dengan makhluk hidup yang memerlukan perhatian khusus tidak seperti usaha benda mati.

Dan setiap seorang peternak hendaknya ia akan membekali dirinya dengan pengalaman, pengetahuan, ketekunan, dan ketelatenan yang khusus sehingga ia bisa mengelola usaha peternakannya dengan baik.

Akan tetapi ada satu hal yang sangat penting diketahui dalam usaha atau bisnis dibidang peternakan. Tak terkecuali, baik pengusaha ternak yang sudah lama dan yang terlebih lagi bagi peternak yang baru mulai. Kedua-dua tidak boleh mengabaikan pentingnya pengetahuan akan pakan ternak.

Setiap peternak pasti mengetahui, bahwa pakan ternak adalah hal yang vital dan sangat memegang peranan penting dalam menentukan perkembangan, pertumbuhan dan produktifitas hewan ternak.

Dalam usaha ternak, peternak sebaiknya menentukan titik fokus dalam bisnis atau usahanya. Apakah usaha pengembangbiakan (breeding), penggemukan (fatting) atau peningkatan kualitas ternak. Fokus tersebut akan sangat mempengaruhi dalam jenis pakan ternak yang akan diberikan kepada hewan ternak. Untuk itu sangat penting dalam mengetahui jenis pakan ternak serta kandungan nutrisinya.

Pengetahuan akan pakan ternak serta nutrisi ini sangat membantu dalam pengelolaan seru resum/ransum ternak. Pakan ternak yang baik adalah pakan yang mengandung nutrisi lengkap, yaitu yang terdiri dari protein, karbonhindrat, air, vitamin, lemak dan mineral. Negara kita memiliki banyak sumber bahan baku pakn ternak yang sangat melimpah serta memiliki nutrisi yang baik seperti tepung ikan dan limbah industri maupun limbah pertanian.

Bahan Untuk Pakan Ternak

pakan ternak
masmanto.com

Bahan baku pakan ternak adalah segala sesuatu yang bisa diberikan dan dapat dicerna dengan baik serta tidak mengganggu produktifitas hewan ternak. Baik itu yang sifatnya organik atau pun yang anorganik.

Sebagai seorang peternak seharusnya bisa menyusun ransum pakan ternak yang paling tepat. Bukan hanya dari segi kandungan protein, nutrisi, tapi juga harus dengan memperhitungkan atau mempertimbangkan biayanya.

Fungsi lain dari bahan pakan ternak adalah sebagai untuk memelihara daya tahan tubuh serta kesehatan hewan ternak. Supaya hewan ternak bisa tumbuh sesuai dengan apa yang diinginkan, makan jenis pakan yang harus diberikan pada hewan ternak harus baik, bermutu dan tidak berlebihan.

Jenis Pakan Ternak

pakan ternak
masmanto.com

Sebagai peternak tentunya anda sudah tau dong, jenis pakan ternak apa saja yang bisa diberikan kepada hewan ternak serta baik pertumbuhannya. Ada beberapa jenis pakan ternak yang wajib anda ketahui.

  • Vitamin

pakan ternak
verdefood.com

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan namanya vitamin, namun makhluk lain seperti hewan ternak juga sangat membutuhkan yang namanya vitamin ini. Walaupun sedikit namun vitamin ini sangat memiliki pengaruh yang sangat besar bagi hewan ternak. Apalagi untuk proses pertumbuhan hewan ternak dan menjaga sistem tubuh hewan ternak agar bisa berfungsi sebagaimana semestinya.

Pada umumnya, vitamin yang diperlukan atau dibutuhkan untuk ternak dapat dibagi menjadi dua jenis. Yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang dilarutkan dalam air.

Untuk jenis yang pertama yaitu vitamin yang larut dalam lemak

  • Seperti vitamin (A) yang bersifat untuk memelihara kesehatan kulit, mata serta penting untuk pertumbuhan
  • Vitamin (D) yang berfungsi untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi
  • Vitamin (E) yang berfungsi untuk pelindung sel-sel darah
  • Vitamin (K) yang berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah dan pembentukan protrombin

Vitamin yang larut dalam air

  • Seperti vitamin (B2) berfungsi untuk menjaga dan memelihara nafsu dalam makan dan fungsi saraf
  • Vitamin (B6) berfungsi dalam pembuatan sel-sel darah dan antibodi, memelihara keseimbangan fostor dan natrium
  • Vitamin (B12) berfungsi dalam pembuatan sel-sel darah dan jaringan tubuh
  • Vitamin (C)  berfungsi membentuk sel-sel tubuh dan pembuluh darah, membantu penyerapan zat besi dan kalsium, menyembuhkan luka

Walaupun hanya dibutuhkan hanya dalam jumlah yang sedikit atau kecil, vitamin tidak boleh diabaikan. di tambah lagi, tidak semua bahan baku pakan ternak mengandung vitamin yang lengkap. Jangan sampai peternak merugi hanya karena lelai dalam kebutuhan vitamin untuk hewan ternak.

  • Pakan Konsentrat (penguat)

pakan ternak
masmanto.com

Pakan konsentrat atau yang lebih dikenal halayak umum adalah pakan penguat yang memiliki kadar kandungan serat kasar yang sedikit atau rendah, yaitu sekisar dibawah 18%. Bahan pakan penguat ini sangat unik karena ia memiliki kandungan nutrisi tertentu yang sangat tinggi.

Terus mengapa disebut bahan atau pakan penguat. Disebut bahan pakan penguat karena ia diberikan atau dicampur dengan bahan lainnya, sehingga bisa meningkatkan kadar kandungan gizi dari pakan tersebut.

Ada dua jenis pakan penguat (konsentrat)

  1. Konsentrat sumber protein
    Konsentrat sumber protein adalah sebuah pakan yang dikatakan konsentrat sumber protein yaitu kadar jika kadar proteinnya melebihi atau diatas 20%.
  2. Konsentrat sumber energi
    Konsentrat sumber energi yaitu jika kadar proteinnya dibawah atau kurang dari 20%, maka bahan tersebut adalah sebagai konsentrat sumber energi.

Adapun untuk bahan baku pakan sumber protein yaitu seperti daun nangka, daun pisang, umbi jalar, lamtoro, turi, bungkil, gamal, dan ganggang. Sendang untuk bahan baku konsentrat sumber energi yaitu rumput serat kasar (rumput gajah, dll), biji-bijian dan umbi-umbian.

Pakan konsentrat ini sangat dibutuhkan dan cocok untuk sapi perah. Konsentrat ini berfungsi untuk memelihara dan menjaga produktifitas susu sapi. Sapi yang mengkonsumsi dan mendapatkan perawatan dengan pakan konsentrat akan mampu meningkatka produksi susunya sampai 30% lebih tinggi dibandingkan dengan sapi yang hanya diberikan atau dirawat dengan bahan baku pakan yang lain.

Dalam pemberian pakan pada hewan ternak terkhusus pakan konsentrat, tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pakan konsentrat pada hewan ternak.

  1. Ketika hendak memberikan pakan konsentrat harus disesuaikan dengan kebutuhan hewan ternak. Karena konsentrat hanya sebagai makanan tembahan, jadi jangan diberikan dengan berlebihan. Berikan yang secukupnya saja.
  2. Dalam pemberian konsentrat pada hewan ternak harus diukur atau disesuaikan dengan kebutuhan hewan ternak itu sendiri.
  • Pakan Kasar

pakan ternak
tehherbalpenurunberatbadanyangaman.wordpress.com

Apa yang dimaksud dengan pakan kasar? Pakan kasar adalah pakan yang memiliki kadar volume akan tetapi dengan berat jenis yang rendah. Untuk bahan pakan ini yaitu dari pakan hijauan yang mengandung serat kasar dengan kandungan energi yang relatif rendah. Seperti rumput, rumput benggala, rumput raja, rumput meksico, rumput setaria dll.

  • Pakan Fermentasi

pakan ternak
masmanto.com

Pakan fermentasi adalah pakan yang terbuat dengan melewati proses peragian/pemeraman. Pakan fermentasi berguna untuk mengawetkan kendungan gizi pada pakan hijauan, sehingga mampu menyimpan pakan dalam jangka waktu yang cukup lama tanpa merusak kandungan nutrisinya.

Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat untuk kita semua…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here