Makanan Tradisional di Indonesia Yang Wajib Anda Coba

401
makanan tradisional
resepkoki.id

Makanan tradisional – Makanan tradisional merupakan makanan yang bisa dikonsumsi masyarakat sekitar dengan cita rasa yang khas dari daerah tersebut. Biasanya proses pengolahan makanan tradisional di setiap daerah memiliki keunikan tersendiri. Dengan cita rasa yang identik dan pengolahan yang khas menjadikan makanan tradisional sebagai ciri khas pada suatu daerah tertentu.

Masyarakat Indonesia pada umumnya mengolah makanan dengan bahan bahan alami, bergizi tinggi, sehat, aman, murah dan mudah didapat. Sehingga diyakini memiliki potensi yang baik untuk makanan sehat dan sesuai dengan selera masyarakat sekitar.

Dengan bahan dasar yang bervariasi dapat menghasilkan bermacam macam makanan tradisional yang lezat dan bergizi. Mereka juga meyakini bahwa makanan tradisional memiliki khasiat untuk tubuh. Bahan bahan makanan tradisional tersebut seperti tahu, tempe, bawang putih, temulawak, kacang hijau, ikan laut/darat dan lain lain.

Makanan tradisional banyak disukai oleh masyarakat sekitar ataupun dari luar daerah tersebut. Hal tersebut dikarenakan makanan tradisional memiliki rasa yang enak dan khas, tekstur dan aromanya yang menggoda para masyarakat yang melihatnya. Masakan tradisional dipengaruhi oleh kebiasaan makan setiap masyarakat yang menyatu dalam sistem sosial budaya berbagai golongan etnik di setiap daerah tersebut.

Dengan banyaknya suku-suku yang ada di Indonesia maka Indonesia juga memiliki banyak sekali makanan tradisional, makanan khas daerah seperti Makanan Khas Jawa Timur Yang Wajib Anda Ketahui. Kekhasan dalam cita rasa, tekstur, bentuk dan aromanya menunjukan ciri makanan tradisional dari setiap daerah yang ada di Indonesia.

Apa saja sebenarnya makanan tradisional yang ada di Indonesia? Tentunya Anda penasaran kan tentang makanan khas yang ada di Indonesia. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan beberapa makanan khas dari beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Makanan Tradisional Jawa

Makanan khas memang begitu menggoda untuk dimakan ketika kita sedang datang ke suatu daerah. Kata kebanyakan orang kurang afdol jika kita berkunjung ke suatu daerah tetapi tidak mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Nanti apa kata orang jika kita datang ke suatu daerah tetapi tak mengetahui makanan khas daerah tersebut.

Beberapa masukan untuk Anda yang mau berkunjung ke Jawa, inilah beberapa makanan khas yang ada di Jawa.

  1. Lumpia Semarang

makanan tradisional
www.shopback.co.id

Hampir semua orang yang ditanya tentang makanan khas dari Semarang Jawa Tengah pasti menjawabnya lumpia. Lumpia semarang memiliki dua jenis yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Oleh-oleh dari Semarang ini memiliki cita rasa yang khas dengan perpaduan rasa gurih dan manis di bumbu lumpia.

Makanan khas ini lebih enak dimakan ketika masih hangat. Isi dalam lumpia ini bermacam macam ada yang berisi ayam, rebung, telur, sayur, abon dan udang pun ada. Jangan lupa coba lumpia semarang ini jika Anda berkunjung ke Semarang.

  1. Tahu Petis

makanan tradisional
www.wanitaindonesia.co.id

Masih dari semarang, makanan khas ini bernama tahu petis. Biasanya tahu petis dimakan untuk cemilan saja atau bisa juga dengan nasi.

Bahan untuk membuat tahu petis yaitu tahu goreng. Tahu goreng yang ada saus hitamnya atau yang biasa disebut petis. Untuk petisnya sendiri terbuat dari rebusan ikan atau udang yang direbus sampai mengental.

  1. Mendoan

makanan tradisional
kejora.co

Mendoan merupakan makanan khas dari daerah Banyumas dan Purwokerto yang terkenal dengan istilah ngapak-nya. Tempe mendoan ini sebenarnya sama seperti tempe goreng biasanya hanya saja tempe mendoan dimasak dengan cepat sehingga tempenya tidak terlalu matang.

Sekarang ini tempe mendoan tidak hanya ada di Banyumas atau Purwokerto saja. Hari ini mendoan hampir berada di semua tempat di Jawa.

  1. Rujak Cingur

makanan tradisional
travelingyuk.com

Rujak cingur merupakan kuliner yang paling terkenal dari Jawa Timur. Makanan ini selalu membuat para traveler penasaran untuk mencicipinya. Anda juga pasti penasaran kan apa si itu rujak cingur?

Nah, rujak cingur merupakan potongan buah buahan yang dikasih cingur (mulut sapi), sayur sayuran, tahu dan bumbu rujak cingur. Untuk bumbu rujak cingur terdiri dari cabe, petis, gula merah, bawang putih, kacang goreng yang diulek dan dicampur dengan seporsi rujak cingur plus kerupuk. Jika Anda sedang di Jawa Timur terutama di daerah Surabaya, rujak cingur merupakan makanan dengan label wajib coba. Pasti lidah Anda akan dimanjakan oleh makanan khas dari Surabaya ini.

  1. Lontong Balap

makanan tradisonal
resepkoki.id

Jika bicara tentang lontong balap Anda pasti bertanya, kok namanya lontong balap ya? Nah lontong balap ini ternyata makanan khas dari Jawa Timur. Disebut lontong balap karena pada jaman dulu para penjual lontong keliling kota Surabaya untuk berdagang dengan jalan yang cepat.

Lontong balap ini terdiri dari lontong, touge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng, sambal. Dengan rasa siraman kuah yang khas, asin, manis, gurih dan lebih nikmat lagi jika dimakan saat masih hangat.

  1. Tahu Tek

makanan tradisonal
indonesiaexpat.biz

Nama makanan khas dari Jawa ini tak kalah uniknya. Ini berawal dari penjual yang keliling dan mengetuk garpu ke penggorengan sehingga berbunyi tek tek tek, jadi munculah nama tahu tek.

Tahu tek ini terdiri dari tahu goreng, lontong, touge, kerupuk, kentang goreng, timun, telur dan bumbu tahu tek. Untuk bumbunya terdiri dari bawang putih, petis kecap, kacang goreng, cabai yang menambah rasa menjadi lebih enak.

Makanan khas dari Jawa ini biasanya bisa ditemukan saat malam hari. Untuk menemukannya cukup mudah, Anda bisa mendapatkannya di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

  1. Nasi Pecel

makanan tradisonal
https://3.bp.blogspot.com

Sudah banyak yang mengetahui kuliner nasi pecel ini di Indonesia. Makanan khas dari Jawa Timur ini terdiri dari nasi dengan sayuran yang diberi lauk dan disiram bumbu kacang yang sedikit pedas. Bisa juga ditambah dengan peyek ataupun kerupuk. Nasi pecel ini biasanya banyak ditemukan di Surabaya, Malang dan Jember. Satu porsi nasi pecel ini rasanya sangat lezat jadi cocok banget nih buat Anda yang mencari makanan khas dari jawa.

  1. Nasi Gandul

makanan tradisional
travelingyuk.com

Makanan khas dari Pati ini sangat terkenal di Jawa Tengah. Nasi gandul ini biasanya disajikan dengan daun pisang yang dapat menambah aroma sedap. Siapapun yang mencium aromanya pasti tergoda untuk mencicipinya.

Biasanya nasi gandul ini terdiri dari nasi putih, telur, daging sapi dan kuah santan bumbu kuning. Akan lebih nikmat lagi apabila menyantap nasi gandul dengan ditambah kerupuk. Untuk Anda yang sedang berada di Pati wajib banget nih cobain makanan khas nasi gandul.

  1. Nasi Kari

makanan tradisional
http://sajiansedap.grid.id

Nasi kari merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Makanan ini terdiri dari lontong, bumbu kacang, daging sapi, bawang goreng, bumbu kari, telur. Selain harganya yang murah nasi kari ini rasanya sangat gurih dan lezat saat dimakan. Akan lebih sedap lagi jika dimakan saat masih hangat dan ditambah dengan kerupuk. Recommended banget nih buat Anda yang sedang berada di Jawa Barat.

Makanan Tradisional Sumatera

Sumatera merupakan daerah yang kaya dengan pemandangan yang indah. Tidak hanya pemandangan yang indah, Sumatera juga memiliki banyak Makanan Khas Sumatera Yang Wajib Anda Ketahui yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Karena makanan tradisional khas Sumatera ini benar benar khas dan jarang ditemukan di tempat lain.

  1. Bika Ambon

makanan tradisional
lifestyle.okezone.com

Eits.. jangan tertipu dengan namanya ya. Bika Ambon ini merupakan makanan khas yang berasal dari Medan, Sumatera Utara bukan dari Ambon. Makanan tradisional ini terbuat dari tepung terigu, gula, telur, dan santan. Rasanya yang sangat lezat dan teksturnya yang sangat lembut mampu memanjakan lidah Anda. Sekarang ini banyak juga variasi rasanya loh, ada rasa pandan, rasa cokat dan rasa keju juga ada. Makanan ini wajib banget Anda beli ketika berkunjung ke Medan.

  1. Mie Aceh

makanan tradisional
www.rumahmesin.com

Mie Aceh ini merupakan makanan khas Sumatera yang berasal dari Aceh. Makanan ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat bahkan di berbagai daerah Indonesia. Mie Aceh ini terbuat dari mie kuning yang tebal dengan kuah agak kental dan rasa yang pedas. Selain itu ada bahan lain seperti daging sapi, daging kambing atau udang dan cumi. Kelezatan dari Mie Aceh ini membuat semua orang yang memakannya ketagihan.

  1. Rendang

makanan tradisional
http://www.tribunnews.com

Rendang merupakan makanan khas dari Sumatera yang berasal dari Padang. Makanan ini sangat terkenal di Indonesia bahkan sudah terkenal di dunia. Proses pembuatan yang lama dengan perpaduan daging, santan dan bumbu rempah rempah yang ada di Indonesia membuat rendang semakin sedap untuk dinikmati.

  1. Pendap

makanan tradisional
saliha.id

Pendap merupakan makanan khas yang berasal dari daerah Bengkulu. Jika dilihat sekilas pendap sama seperti pepes ikan, bedanya kalau pendap dibungkus menggunakan daun talas. Biasanya makanan khas ini terbuat dari ikan kembung dengan bahan parutan kelapa yang diberi bumbu bawang putih, kencur dan cabai giling.

  1. Gulai Belacan

makanan tradisonal
http://beritaharianduniakita.blogspot.com

Makanan khas yang berasal dari Riau ini memiliki cita rasa yang lezat. Biasanya menggunakan ikan laut atau udang sebagai bahan dasarnya. Untuk bumbunya menggunakan bumbu terasi, terkadang juga dicampur dengan petai sehingga rasanya semakin terasa khas.

  1. Pempek

makanan tradisional
www.khasiat.co.id

Siapa sih yang gak tahu pempek? Makanan khas dari Palembang, Sumatera Selatan ini sudah banyak ditemukan dan terkenal di berbagai daerah di Indonesia. Pempek terbuat dari daging ikan yang digiling halus lalu dicampurkan dengan tepung kanji. Kurang lengkap rasanya ketika makan pempek tak ditemani dengan kuah cuko. Kuah cuko ini terbuat dari kuah yang mendidih, ditambah dengan gula merah, ebi, cabai rawit, bawang putih dan garam sehingga menambah kelezatan saat memakannya.

  1. Otak Otak

makanan tradisional
http://bloginiberwarnaungu.blogspot.com

Otak-otak merupakan makanan khas dari daerah Riau. Namanya memang otak-otak, tetapi bukan berarti bahan dasarnya dari otak ya. Bahan dasar makanan khas dari Riau ini yaitu daging ikan. Proses pembuatannya daging ikan dihaluskan dulu lalu dibungkus dengan daun pisang. Untuk penyajiannya otak otak yang sudah dibungkus daun pisang lalu dibakar untuk memunculkan aroma yang sedap dan menggugah selera.

  1. Seruit

makanan tradisional
abangdotcom.blogspot.com

Bahan dasar dari seruit yaitu ikan. Dalam membuat seruit biasanya menggunakan ikan sungai seperti belide, baung, lavis dan lain lain. Untuk proses pembuatannya ikan dapat digoreng atau dibakar terlebih dahulu lalu dicampur dengan sambal terasi, tempoyak atau manga. Makanan ini berasal dari Lampung jadi jika Anda berada di Lampung wajib nih untuk mencobanya.

Makanan Tradisional Kalimantan

Kurang afdol rasanya ketika kita berwisata ke Kalimantan tetapi tidak mencicipi Makanan khas Kalimantan Yang Harus Kamu Ketahui. Banyak makanan khas dari berbagai daerah di Kalimantan yang memiliki ciri khas yang tak dapat ditemukan di daerah lain.

  1. Ketupat Kandangan

makanan tradisional
haloborneo.files.wordpress.com

Ketupat Kandangan ini merupakan makanan khas dari Kandangan, Kalimantan Selatan yang memiliki cita rasa yang lezat dan unik. Makanan ini biasanya disajikan dengan ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan gabus. Untuk ikan gabusnya tidak langsung dimasukan ke dalam santan, tetapi di panggang terlebih dahulu. Setelah dipanggang baru dimasukan ke dalam santan yang penuh bumbu. Nah inilah yang membuat nikmat ketupat kendang yang akan memanjakan lidah Anda dengan rasanya yang khas.

  1. Manday

makanan tradisional
iyakan.com

Manday merupakan salah satu makanan khas dari Kalimantan yang terbuat dari kulit buah cempedak. Buah ini terbilang mirip dengan buah nangka. Meski terbilang mirip namun buah cempedak memiliki cita rasa yang membuat lidah kita merasakan sensasi yang berbeda.

Untuk proses pembutannya cempedak diawetkan terlebih dahulu dengan menggunakan garam. Semakin lama pengawetannya maka semakin asam rasanya. Setelah diawetkan lalu dicampur dengan rempah rempah sebelum dimasak. Manday bisa disajikan dengan cara dibakar, digoreng atau digulai.

  1. Soto Banjar

makanan tradisional
www.maicih.com

Soto banjar adalah salah satu makanan khas dari Kalimantan yang lezat. Makanan ini sudah banyak dikenal oleh semua orang. Dengan kuah bening yang kaya akan rempah-rempah dan cita rasa yang lezat membuat soto banjar dari Kalimantan ini berbeda dengan soto soto yang lain. Tidak heran jika banyak restoran yang menyajikan menu pilihan soto banjar. Selain kuah bening, soto banjar juga memiliki perbedaan dalam penyajiannya yaitu menggunakan ketupat. Soto ini juga akan lebih mantap lagi jika ditambah dengan sate.

  1. Bingka Barandam

masakana tradisional
resepkoki.id

Bingka barandam merupakan salah satu jenis kue yang khas di Kalimantan. Pembuatannya juga tidak terlalu sulit. Bahan yang digunakan untuk membuat kue ini yaitu tepung, telur, gula, dan kayu manis. Dari bahan tersebut membuat bingka barandam memiliki rasa yang sangat legit. Biasanya warga banjar menyediakan kue ini untuk menjamu tamu yang datang ke rumah. Apalagi jika tamu tersebut dari luar kota pasti tidak akan ketinggalan untuk menyajikan bingka barandam.

  1. Amparan Tatak

makanan tradisional
www.dapurkejuprochiz.com

Kue khas dari Banjar ini memiliki rasa yang manis dan membuat Anda ketagihan untuk memakannya. Amparan tatak terbuat dari bahan yang sederhana yaitu tepung beras dan santan. Selain itu amparan pisang juga berisi pisang di dalamnya dengan buah pandan sebagai pengharum dan juga hiasan.

Makanan khas dari Banjar ini memiliki rasa yang hampir sama dengan kue pisang yang dibungkus dengan daun pisang. Namun amparan pisang ini dibuat dengan porsi besar yang biasanya disuguhkan untuk acara-acara penting yang diselenggarakan seperti pernikahan atau pun syukuran.

  1. Gangan Humbut

    makanan tradisional
    cookpad.com

Gangan humbut khas dari Kalimantan ini merupakan salah satu makanan yang wajib dihidangkan. Ciri khas dari makanan khas Kalimantan ini yaitu citarasa manis disajikan untuk memanjakan lidah kita yang mungkin belum pernah kita rasakan sebelumnya.

Biasanya ganggang humbut diolah dengan menggunakan nyiur atau yang biasa disebut dengan inti babu (rebung) yang diolah menjadi sayur yang lezat. Gangan humbut ini cocok sekali jika dihidangkan bersama nasi hangat. Jika Anda menyukai pedas maka bisa juga ditambah dengan sambal.

Bagaimana, dari makanan makanan diatas apakah kamu sudah pernah mencicipinya? kalau belum mencicipinya, ayo buruan untuk mencicipi makanan ini sebelum kamu sulit menemukannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here