Makanan Khas Sumatera Yang Wajib Anda Ketahui

makanan khas sumatera

Makanan Khas Sumatera – Pulau Sumatera merupakan pulau terbesar ke 6 di dunia yang ada di Indonesia. Sumatera merupakan pulau kaya akan hasil bumi yang berlimpah. Hasil bumi pulau Sumatera antara lain kelapa sawit, tambakau, minyak bumi, batu bara dan gas alam. Hasil bumi tersebut di pegang oleh perusahaan besar di Indonesia.

Selain itu kuliner di pulau sumatera juga banyak yang nikmat dan sudah terkenal ke seluruh Indonesia. Apa saja kuliner tersebut? Mari simak daftar makanan khas sumatera berikut ini.

Makanan Khas Palembang

Sebelum anda berwisata ke Palembang anda wajib tahu dulu makanan khas sumatera yang ada di Palembang. Nah berikut ini adalah beberapa makanan khas sumatera yang ada di Palembang.

Baca juga artikel terkait 1001+ Makanan Tradisional di Indonesia 

Pempek

makanan khas sumatera
http://www.wacana.co

Semua orang pasti mengenal pempek, makanan satu ini memang sudah terkenal ke seluruh penjuru  Indonesia. Makanan yang berasal dari Palembang ini sudah banyak yang menjualnya di jalanan. Pempek terbuat dari sagu dan daging ikan yang dimodifikasi dengan tambahan udang, telur, tahu dan lainnya. Pempek kemudian disajikan bersama dengan saus khusus dan juga potongan mentimun.

Tekwan

makanan khas sumatera
cookpad.com

Tekwan merupakan bakso khas Palembang, masyarakat mengenal dengan tekwan yang memang mirip seperti bakso. Makanan khas ini disajikan dengan bakso ikan, mie putih, serta kuah khas yang terbuat dari sari kelapa udang serta daun bawang.

Laksan

makanan khas sumatera
http://2.bp.blogspot.com

Laksan adalah makanan yang mirip dengan pempek. Laksan lebih dikenal dengan nama pempek lenjer, laksan di Palembang dihidangkan bersama kuah santan serta telur. Sehingga terkesan mirip dengan lontong sayur, namun lontongnya diganti dengan pempek.

Makanan Khas Sumatera (Jambi)

Ketika anda akan berwisata ke Jambi anda harus mencoba makanan khas sumatera yang ada di Jambi. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Sumatera yang ada di Jambi, yang bisa anda nikmati dan bisa dijadikan oleh-oleh.

Tempoyak

makanan khas sumatera
id.tastemade.com

Tempoyak merupakan makanan yang berasal dari fermentasi buah durian. Tempoyak sering dibuat dengan tambahan ikan segar. Bau duriannya sangat terasa sekali, dan rasanya sedikit asam. Tempoyak biasa ditambahi berbagai ikan yang enak.

Nasi Gemuk

makanan khas sumatera
http://www.wisataku.id

Nasi Gemuk merupakan makanan yang mirip dengan nasi uduk. Nasi Gemuk dikenal di Malaysia dan singapura sebagai nasi lemak. Bahan dan cara pembuatannya mirip dengan nasi uduk, perbedaannya terletak pada bahan pelengkapnya. Pelengkap nasi gemuk terdiri dari telur rebus, teri goreng, kacang tanah, bawang goreng, dan sambal.

Gulai Ikan Patin

makanan khas sumatera
NETRALNEWS.COM

Gulai ini terbuat dari bahan dasar ikan patin, uniknya gulai ini menggunakan tempoyak sebagai bumbunya. Tempoyak bisa diganti dengan santan kelapa, jika tidak ada tempoyak.

Makanan Khas Medan

Keita anda sedang berlibur di kota Medan, tidak lengkap rasanya apabila belum mencicipi makanan khas Sumatera yang ada di Medan. Adapun beberapa makanan khas Medan yaitu sebagai berikut.

Bika Ambon

makanan khas sumatera
http://vithresep.blogspot.com

Bika Ambon adalah makanan sejenis roti yang enak. Makanan ini terbuat dari santan kelapa yang dicampur dengan berbagai jenis tepung. Makanan ini sudah terkenal sampai ke seluruh Indonesia. Dan menjadi ciri khas kota Medan.

Soto Medan

makanan khas sumatera
merahputih.com

Soto Medan tidak kalah enak dengan soto yang ada di Jawa. Ciri khas dari Soto Medan adalah kuah santan yang agak berwarna kuning kehijauan. Bumbu andalannya adalah jintan, soto medan juga memiliki variasi isian.

Bakso Lembu

makanan khas sumatera
kaltim.tribunnews.com

Sebagian bakso terbuat dari daging sapi, namun berbeda dengan Bakso Lembu karena terbuat dari daging lembu. Cara pembuatan bakso ini sama dengan bakso lainnya, hanya dagingnya yang berbeda. Bakso ini juga halal dan aman dikonsumsi.

Makanan Khas Padang

Kota Padang banyak akan makanan khas yang populer dan enak-enak yang anda coba ketika anda sedang berlibur di Kota Padang. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan khas Sumatera yang ada di Padang.

Rendang

makanan khas sumatera
www.kaskus.co.id

Rendang terkenal dan merupakan makanan nomor satu terenak di dunia. Makanan khas padang ini terbuat dari daging sapi yang dibumbui berbagai rempah-rempah. Daging sapi dimasak bersama kuah santan dalam waktu yang lama.

Sate Padang

makanan khas sumatera
http://1.bp.blogspot.com

Sate satu ini berasal dari Padang, Sate ini berbeda dengan sate lainnya. Sate ini terbuat dari daging sapi yang di potong kotak. Kemudian untuk bumbunya tidak menggunakan bumbu kacang melainkan kuah. Kuah tersebut terbuat dari kaldu jahe, kunyit, ketumbar, bawang putih, lengkuas, dan bubuk kari.

Dendeng Balado

makanan khas sumatera
cararesepmasakan313.blogspot.com

Dendeng ini terbuat dari daging sapi yang diiris tipis kemudian dikeringkan. Tujuannya agar bisa tahan lama dan bisa dibawa kemana-mana. Dendeng Balado merupakan salah satu makanan khas padang yang enak dan lezat.

Makanan Khas Pekanbaru

Tidak kalah dengan kota-kota lainnya, Pekanbaru juga memiliki beberapa makanan khas yang harus anda ketahui.

Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin
http://aktualtrend.blogspot.com

Karena kota Pekanbaru kebanyakan penduduknya adalah suku melayu jadi makanannya juga ikut menjadi tradisi. Gulai ikan patin sendiri juga merupakan makanan khas Pekanbaru.

Nasi Lemak

makanan khas sumatera
my.asiatatler.com

Nasi Lemak merupakan makanan khas orang Melayu. Namun Pekanbaru kebanyakan adalah orang Melayu asli, jadi tradisinya mengikuti. Di Malaysia dan Singapura juga ada nasi lemak karena ada orang Melayunya juga.

Miso

makanan khas sumatera
www.bbc.com

Miso khas Pekanbaru berbeda dengan miso lainnya. Miso Pekanbaru terdiri dari mie kuning, mie putih, kulit ayam goreng, suwiran ayam, dan tahu kering. Miso ini memiliki rasa yang enak dan lezat.

Makanan Khas Lampung

Berikut ini adalah beberapa makanan khas yang wajib anda coba ketika sedang berlibur di Kota Lampung.

Seruit

makanan khas sumatera
http://www.wacana.co

Salah satu makanan khas Lampung ini sering dihidangkan saat ada acara keluarga, pernikahan, acara adat serta keagamaan. Seruit juga sering digunakan sebagai makanan pokok oleh masyarakat.

Tempoyang

makanan khas sumatera
en.wikipedia.org

Tempoyang merupakan makanan khas kota Lampung yang berbahan dasar dari durian yang difermentasikan. Cara pembuatannya juga cukup mudah, dengan memilih durian yang matang lalu pisah bijinya. Campurkan daging durian dengan sedikit garam, dan cabe rawit. Setelah itu tutup dan fermentasikan selama 2 sampai 5 hari.

Geguduh

makanan khas sumatera
twitter.com

Gegaduh merupakan makanan khas Lampung yang terbuat dari pisang yang dihaluskan. Makanan ini mempunyai rasa manis, Gegaduh ini bisa dihidangkan pada saat tertentu saja. Seperti acara keluarga, tamu besar, dan pernikahan.

Makanan Khas Riau

Sama dengan kota-kota yang lainnya, kota Riau juga memiliki makanan khas yang wajib anda coba. Berikut beberapa makanan khas dari Riau.

Asam Pedas Ikan Buang Riau

makanan khas sumatera
www.riau.go.id

Makanan khas Riau ini terbuat dari saus asam pedas. Makanan ini biasa disajikan dengan tambahan ikan buang atau ikan gabus. Cara membuat asam pedas Ikan Buang Riau menggunakan berbagai macam rempah-rempah.

Sop Tunjang

makanan khas sumatera
reseppi.blogspot.com

Sup Tunjang merupakan makanan khas Riau yang memiliki cita rasa kuah yang hangat. Paling enak menyantap Sup Tunjang saat cuaca sedang dingin. Sup ini menggunakan tulang kaki sapi sebagai lauk utamanya. Tulang kaki sapi mengandung banyak sumsum yang tentu saja enak dan lezat.

Mie Sagu

makanan khas sumatera
www.wisatago.com

Mie ini terbuat dari tepung sagu, makanan mie sagu ini berasal Selat Panjang yang merupakan penghasil sagu terbesar. Mie Sagu ini memiliki tekstur yang kenyal, sehingga saat memakannya akan kenyang. Mie ini cocok sekali bagi Anda yang ingin diet.

Makanan Khas Banda Aceh

Makanan dari berbagai daerah memiliki ciri khas-nya sendiri. Nah, inilah beberapa makanan khas Banda Aceh yang harus anda ketahui.

Mie Aceh

makanan khas sumatera
www.qraved.com

Mie Aceh memang sudah terkenal sampai ke seluruh Indonesia. Sekarang mie aceh juga dijadikan rasa baru untuk mie instan. Mie aceh memiliki cita rasa yang enak dan gurih. Ada dua jenis sajian yang ditawarkan yaitu mie goreng dan mie rebus.

Sate Matang

makanan khas sumatera
steemit.com

Sate Matang ini merupakan makanan khas Banda Aceh. Sate Matang ini terbuat dari daging sapi atau kambing yang di potong kecil-kecil dan ditusuk. Kemudian dibumbui dengan bumbu khas aceh lalu dibakar. Sate Matang memiliki cita rasa yang gurih serta enak.

Gulai Kambing

makanan kha sumatera
resepavas.blogspot.com

Gulai Kambing merupakan gulai yang berisi daging kambing yang direbus dengan santan. Makanan khas Banda Aceh ini cocok disajikan ketika masih panas. Gulai Kambing sering di sajikan saat ada acara keluarga, pernikahan dan aqiqahan.

Makanan Khas Binjai

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Sumatera yang berasal dari kota Binjai yang perlu anda ketahui.

Tahu Balik

makanan khas sumatera
www.tasikzone.com

Tahu Balik adalah makanan yang berbahan dasar tahu biasa yang diolah dengan unik. Cara membuat Tahu Balik terbilang mudah. Tahu biasa kita buang isinya kemudian kita balik kulit bagian dalam ke bagian luar. Tambahkan daging ayam, wortel, isian tahu yang sudah dihaluskan ke dalam bagian tahu. Tahu Balik memiliki cita rasa yang unik dan enak.

Es Campur Kalimantan

makanan kha sumatera
www.masakcepat.net

Es Campur ini merupakan minuman legendaris yang terkenal di Binjai. Es Campur ini sangat enak diminum saat sedang panas-panasnya. Anda akan merasakan kesegaran yang fresh dan manis.

Nah! itulah daftar makanan khas Sumatera yang kami rangkum untuk Anda. Semoga bisa menjadi informasi yang baik dan membantu sesama. Terima kasih telah membaca artikel makanan khas Sumatera, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *