Makanan khas Kalimantan Yang Harus Kamu Ketahui

makanan khas kalimantan

Makanan khas Kalimantan – Kalimantan merupakan sebuah provinsi yang ada di Indonesia. Kalimantan dikenal dunia dengan nama Borneo Island atau Pulau Borneo. Negara Malaysia dan Brunei Darussalam pun berada di sebagian pulau Kalimantan. Banyak flora dan fauna yang dikenal banyak orang hingga luar negeri. Bisa dibilang Kalimantan adalah “Amazonnya Indonesia.”

Selain terkenal dengan banyak flora dan fauna, Kalimantan juga memiliki banyak sekali kuliner khas daerah masing-masing. Kalimantan juga terbagi menjadi beberapa daerah yaitu kabupaten Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara.

Banyak makanan khas daerah masing-masing yang memiliki cita rasa yang enak, unik dan lezat. Selain itu bentuk makanannya pun berbeda-beda. Ingin tahu apa saja makanan khas Kalimantan? Simak penjelasannya berikut ini.

Makanan Khas Banjar

Soto Banjar

makanan khas kalimantan
id.wikipedia.org

Kabupaten banjar terkenal dengan Soto Banjarnya. Soto Banjar merupakan soto yang seperti lainnya, terdiri dari ketupat, irisan daging, bihun, dan juga kuah santan. Soto Banjar sudah terkenal sebagai makanan khas Kalimantan yang ada di Banjar yang memiliki cita rasa yang sangat enak. Jika Anda yang berkunjung ke daerah Banjar cobalah Soto Banjar, karena soto tersebut sangatlah enak dan menggungah selera.

Sate Tulang

makanan khas kalimantan
www.primarasa.co.id

Sate Tulang ini terbuat dari tulang lehar ayam yang dicincang hingga halus. Sate ini dimasak dengan dikukus terlebih dahulu, setelah itu dibakar. Bumbu kacangnya juga berbeda dengan sate biasanya. Sate tulang ini sekarang jarang sekali ditemukan karena kalah saing dengan makanan modern lainnya.

Makanan Khas Banjarmasin

Ketupat Kandangan

makanan khas kalimantan
haloborneo.wordpress.com

Makanan ini merupakan makanan khas daerah Kandangan. Terdiri dari ketupat yang terbuat dari beras, dan ikan gabus sebagai lauknya. Ikan gabus dimasak bersama kuah santan yang digabung dengan rempah-rempah lainnya.

Lontong Orari

makanan khas kalimantan
wiranurmansyah.com

Makanan ini terbuat dari lontong yang berbentuk segitiga disertai kuah santan yang telah di bumbui. Ditambah telur, ayam, dan ikan gabus menambah kelezatan dari Lontong Orari ini. Makanan ini juga dibanderol harga yang pas dikantong.

Manday

makanan khas kalimantan
cookpad.com

Makanan khas Kalimantan yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari kulit buah cempedak yang dijadikan makanan untuk lauk. Kulit yang digunakan adalah kulit pembungkus buah cempedak. Kulitnya di potong-potong kemudian kita olah sesuai selera kita. Manday merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin yang wajib dicoba jika Anda mengunjungi Banjarmasin.

Makanan Khas Pontianak

Sotong Pangkong

makanan khas kalimantan
www.wisataku.id

Sotong ini dibuat dengan membelah sotong sehingga menjadi lebih tipis dan lebar. Sotong kemudian di jemur selama dua hari hingga benar-benar kering. Setelah itu dipukul agar tidak mengeras. Kemudian dimasak dengan kuah santan. Makanan ini kaya akan omega 3 yang bisa mencegah penyakit kanker dan jantung.

Mie Tiaw

makanan khas kalimantan
omahresepb29.blogspot.com

Makanan Mie Tiaw ini hampir mirip dengan kwe tiaw karena berbahan dasar mie yang sama. Mie Tiaw merupakan makanan khas Pontianak yang enak dan murah. Biasa ditambah toping telur mata sapi. Makanan ini sudah terkenal di daerah Pontianak.

Bubur

makanan khas kalimantan
flohomerecipes.files.wordpress.com

Bubur ini terbuat dari nasi dan air bekas cucian beras yang di rebus bersama daging sapi. Kemudian ditambah dengan telur mata sapi setengah matang. Bubur sapi ini cocok untuk dikonsumsi saat sarapan, makanan ini berasal dari daerah Singkawang.

Makanan Khas Tanah Laut

Soko

makanan khas kalimantan
pacarkecilku.com

Soko merupakan makanan yang mirip dengan Ketan Jawa. Namun ditambahi taburan bubuk kacang tanah dan parutan kelapa. Soko sekarang jarang di temui, karena hampir tidak ada yang membuatnya lagi.

Tatal Haruan

makanan khas kalimantan
m.tribunnews.com

Tatal Haruan merupakan masakan yang sudah sulit untuk ditemukan karena hampir tidak ada yang menjualnya. Makanan ini memiliki bahan dasar ketan yang dihiasi dengan ikan gabus serta bumbu tumis. Tatal Haruan merupakan makanan khas tanah laut yang hampir dilupakan, Tatal Haruan biasanya hanya dihidangkan saat acara pernikahan saja.

Makanan Khas Kalimantan (Tapin)

Ipau Basumap

makanan khas kalimantan
www.banjarbaruklik.com

Kue ipau Basumap ini merupakan kue yang terbuat dari tepung terigu dan tepung tapioka. Kue ini dibuat dengan cara dikukus seperti kue kukus. Bentuk kue ini mirip pizza namun ditumpuk-tumpuk hingga seperti kue tart. Makanan khas Tapin ini memiliki rasa yang manis dan menjadi ciri khas daerah Tapin.

Makanan Khas Banjarbaru

Nasi Kabuli

makanan khas kalimantan
nasikebulibangmoch.com

Nasi Kabuli merupakan nasi yang berbumbu citarasa gurih. Nasi ini dimasak bersama dengan kaldu ayam, kambing, dan lain-lain. Nasi Kabuli sebenarnya mirip dengan Nasi Kebuli, namun masyarakat Banjarbaru menyebutnya dengan nasi kabuli.

Makanan Khas Tabalong

Gangan Paliat

makanan khas kalimantan
http://lihatresep.com

Makanan ini adalah makanan khas Tabalong yang enak. Gangan Paliat terbuat dari santan, kunyit, jahe, bawang merah, kemiri. Serta ditambah dengan berbagai jenis ikan seperti udang, ikan gabus dan ikan patin. Makanan ini sudah menjadi makanan khas Tabalong yang enak dan berasal dari desa Paliat. Jadi makanan diberi nama Gangan Paliat.

Baca juga artikel terkait : Makanan khas jawa timur

Makanan Khas Kubu Raya

Pisang Sale

makanan khas kalimantan
spiritatlantic.blogspot.com

Pisang Sale khas kubu raya terbuat dari pisang rawa. Pisang Sale ini sama seperti yang lainnya. Pisang sale ini dipanggang di atas asap. Proses pemanggangan berlangsung kurang lebih 15 menitan. Banyak orang yang menyukai pisang sale ini. Sebenarnya makanan khas kubu raya masih belum jelas jenisnya. Namun menurut informasi adalah Pisang Sale adalah salah satu ciri khas yang ada, tentu tetap dengan ciri khasnya.

Makanan Khas Tarakan

Kaltara Fried Crab

makanan khas kaliamantan
foto.tempo.co

Makanan ini adalah KFC khas tarakan, terbuat dari kepiting soka yang memiliki cangkang yang lunak sehingga bisa dimakan juga. Kepiting soka memiliki rasa yang unik dan enak. Kepiting ini dibuat dengan dibalut tepung crispy lalu digoreng hingga matang. Persis seperti fried chicken hanya saja bahan utamanya diganti dengan kepiting soka.

Abon Kepiting Soka

makanan khas kalimantan
youtube.com

Abon ini terbuat dari bahan dasar kepiting soka yang mempunyai tekstur lunak. Abon ini seperti abon lainnya, namun menggunakan kepiting soka sebagai bahan dasarnya. Abon kepiting soka sudah menjadi makanan khas Tarakan yang terkenal hingga ke seluruh Kalimantan barat.

Dodol Rumput Laut

makanan khas kalimantan
www.tokopedia.com

Biasanya dodol terbuat dari gula merah, namun di Tarakan dodol dibuat dengan bahan dasar rumput laut. Rumput Laut sering ditemukan dilaut mana saja, karena rumput laut adalah ganggan laut yang bisa dikonsumsi. Dodol Rumput Laut ini memiliki rasa yang tidak kalah dengan dodol lainnya. Makanan ini sudah menjadi khas dari Tarakan.

Amplang Bandeng

makanan khas kalimantan

Amplang Bandeng terbuat dari ikan bandeng yang diolah dahulu. Tarakan merupakan daerah penghasil ikan terbesar di Kalimantan. Sehingga banyak olahan ikan yang bisa Anda nikmati di Tarakan. Ikan Bandeng juga melimpah sehingga dijadikan makanan khas Kalimantan yang ada di daerah tarakan salah satunya Amplang Bandeng.

Itu merupakan daftar makanan khas Kalimantan yang bisa kami peroleh. Sebenarnya banyak sekali kuliner dari Kalimantan yang belum kita ketahui. Sayangnya ada beberapa makanan yang sudah jarang dijual karena tergeser dengan “makanan kekinian.”

Demikian artikel tentang makanan khas Kalimantan, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *