√Makanan Khas Jawa Memang Tiada Duanya Deh (Pokoknya Muantap!!!)

161
makanan khas jawa
sahabatnesia.com

Makanan Khas Jawa – Memang tak bisa dipungkiri jika Jawa Timur menjadi surganya wisata kuliner leza yang buat siapa saja rindu. Kira-kira apa saja ya menu makanan yang super lezat itu. Di bawah ini ada beberapa masakan khas Jawa Timur yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana.

Rujak Cingur, Surabaya

makanan khas jawa
petisansuroboyo.com

Mungkin sebagian besar dari kamu sudah pernah mendengar menu yang satu ini. Beda dari rujak pada umumnya yang berisi irisan buah-buahan dan sambal gula merah, rujak cingur ini menjadi menu yang paling di cari para pecinta kuliner. Yang membuat rujak cingur ini berbeda adalah isian mulut sapi (cingur), sayuran dan beberapa bahan pelengkap lain.

Tahukah kamu, ada satu bumbu yang menjadikan rujak cingur makin dicintai, yaitu adanya perpaduan antara, cabe, petis, gula merah dan kacang tanah yang sebelumnya telah digoreng. Hmm, mirip bumbu gado-gado ya? Bumbu tadi lalu akan diulek dan ditambah dengan sedikit air untuk mengencerkan. Percaya deh, rasanya makin mantap dan nikmat, kamu pasti ketagihan dan terus mau mencobanya makanan khas jawa yang satu ini.

Baca juga artikel terkait makanan khas kalimantan

Makanan Khas Jawa (Lontong Balap, Surabaya)

makanan khas jawa
Postanonym.info

Lontong Balap ini dibuat dari perpaduan berbagai bahan, mulai dari lontong, tahu goreng, taoge, lenthok, kecap manis, sambal, bawang goreng dan berbagai bumbu pelengkap lain. Makin sempurna lagi bila tambahan siraman kuah yang segar menjadikan citarasa lontong balap semakin top markotop.

Makanan Khas Jawa (Pecel Semanggi, Surabaya)

makanan khas jawa
dailywuz.com

Pecel semanggu adalah salah satu makanan khas jawa yang sangat mudah dijumpai di berbagai kota di Indonesia, termasuk pula di Surabaya dengan kelezatan asli yang tak diragukan lagi. Makanan yang satu ini hampir digemari oleh seluruh kalangan, mulai dari generasi milenial hingga tua, entah pria maupun wanita sama-sama punya selera dalam menilai sebuah masakan enak yang satu ini.

Sego Tempong, Banyuwangi

makanan khas jawa
travelingyuk.com

Sego tempong adalah makanan khas Banyuwangi, Jawa Timur. Kuliner ini dinamai dengan sego tempong sebab rasanya yang sangat pedas. Sego tempong ini sendiri punya arti memukul dan menampar, yaitu suatu gambaran bila rasa nikmat dan pedasnya benar-benar terasa menampar lidah kita.

Sego tempong ini dipadukan pula dengan nasi dan sayuran pelengkap lainnya, cobtohnya daun kenikir, bayam rebus, daun kemangi dan tentunya sambal pedas yang disiram di atasnya. Tak sampai di situ, bahkan ada pula lauk yang melengkapinya, seperti tahu dan tempe goreng, bakwan jagung, ayam goreng, olahan seafood dan sebagainya.

Tahu Campur, Lamongan

makanan khas jawa
masakapaya.com

Menu ini jelas  kuliner yang terbuat dari bahan utama berupa tahu. Tahu campur sendiri adalah kuliner yang berisi tahu yang digoreng setengah matang yang kemudian dipadukan dengan bahan pelengkap lainnya, seperti tauge, kentang goreng, potongan lontong hingga mentimun.

Selanjutnya, seluruh bahan tadi akan disiram dengan bumbu kacang tanah goreng ditambah petis yang  telah dihaluskan sebelumnya.

Wingko Babat, Lamongan

makanan khas jawa
bisnisusahaonline.com

Wingko Babat terbuat dari bahan-bahan seperti tepung ketan, kelapa parut, gula, telur, mentega atau margarin dan bahan penyedap lain. Seluruh bahan dicampur dan diaduk merata. Lalu dicetak bulat pipih dengan ukuran tertentu, selanjutnya dipanggang di atas teflon yang sudah diberi alas daun pisang. Selain itu wingko babat dapat dipanaskan di dalam oven.

Baca juga artikel terkait makanan khas Bali 

Pecel Lele, Lamongan

makanan khas jawa
lintasusaha.com

Pecel Lele jadi salah satu menu masakan yang dapat dijumpai di hampir seluruh kota di Indonesia, termasuk di kota Lamongan pastinya. Menu ini umum-nya akan dijajankan ketika malam hari tiba dan akan memenuhi hampir seluruh jalanan kota di Jawa Timur.

Makanan Khas Jawa (Petis, Sidoarjo)

makanan khas jawa
tokopedia.com

Jika membicarakan tentang petis, pernahkah kamu melihat petis? Atau mungkin kamu pernah makan petis yang berwarna hitam? Jika kamu yang belum pernah melihat atau pun memakan petis, silahkan datang langsung ke kota Sidoarjo. Kota Sidoarjo yang terkenal dengan kota lumpur ini sebelumnya mendapat julukan dengan kota Petis.

Rawon, Malang

makanan khas jawa
jokjaku.wordpress.com

Rawon adalah makanan dengan kuah berwarna coklat kehitaman. Warna kuah inilah yang membuat makanan satu ini disebut dengan nama Rawon. Tahukah kamu? Warna kuah rawon kehitam-hitaman ini diperoleh dari sebuah bahan yang bernama kluwek.

Rawon  terasa makin mantap jika disantap dengan nasi, kurupuk dan taburan bawang goreng. Umumnya, kuliner rawon dilengkapi tauge, telur asin, seledry dan daging sapi. Hmmm, semakin menggugah selera tentunya.

Makanan Khas Jawa (Bakso, Malang)

makanan khas jawa
resepkoki.id

Cita rasa bakso Malang memang telah diakui oleh pecinta bakso di seluruh kota bahkan oleh wisatawan mancanegara. Sesuai dengan kota asalnya, bakso ini dinamai bakso Malang yang punya keunikan tersendiri dari bakso pada umumnya. Bakso Malang dibuat dari jenis berbeda, mulai dari bakso biasa, bakso urat, bakso telur, bakso udang, bakso goreng dan dilengkapi pula dengan pangsit dan tahu asin.

Makanan Khas Jawa (Brem, Madiun)

makanan khas jawa
omiyago.com

Brem dibuat dari sari ketan yang dimasak lalu dikeringkan. Sari kentan digunakan untuk melewati proses fermentasi lebih dahulu selama satu malam sehingga membuat citarasanya makin nikmat.

Makanan Khas Jawa (Suwar-Suwir, Jember)

makanan khas jawa
primadonajember.com

Makanan khas Jember satu ini rada mirip dengan Dodol, namun dodol dari jember ini terbuat dari bahan dasar tape. Teksturnya lebih padat namun jika digigit terasa lebih empuk dan lembut di lidah. Sepintas seperti mencicipi tape. Manisnya tak menggigit. .

Makanan khas Jawa (Mendoan, Kebumen)

makanan khas jawa
mendoankebumen1.blogspot.com

Tempe mendoan kebumen merupakan tempe yang dibalut dengan adonan tepung terigu yang telah di bumbui lebih dulu dan di goreng setengah matang atau lembek.

Oleh-oleh Jawa Timur

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Jawa Timur tanpa membawa pulang buah tangan. Di bawah ini merupakan deretan oleh-oleh khas Jawa Timur yang patut kamu coba.

  1. Brem

makanan khas jawa
id.wikipedia.org

Brem terbuat dari sari tape ketan yang difermentasi dan dikeringkan.

  1. Tahu takwa

makanan khas jawa
nurullailiblog.wordpress.com

Tahu takwa adalah tahu khas dari Kediri. Tahu berciri padat, kenyal, dan berwarna kuning.

  1. Stick tahu (Makanan Khas Jawa)

makanan khas jawa
tokopedia.com

Masih dari Kediri yang dikenal sebagai kota tahu. Selain terkenalbdengan tahu takwa, Kediri dikenal pula dengan stick tahunya.

  1. Gethuk pisang (Makanan Khas Jawa)

makanan khas jawa
masmanto.com

Bila kamu singgah di kota Kediri bisa pula mencicipi uniknya rasa gethuk pisang. Jajanan ini dibuat dari pisang, dan gula.

  1. Keripik buah

makanan khas jawa
rumahmesin.com

Di kota Malang kamu akan mudah ditemukan berbagai macam keripik buah, seperti keripik apel, kripik nangka, kripik salak, kripik melon, kripik jambu biji merah, kripik buah naga dan masih banyak lagi.

  1. Kerupuk upil

makanan khas jawa
jabar.tribunnews.com

Yang unik dari kerupuk ini adalah tidak digoreng dengan minyak, namun memakai pasir. Pasir yang digunakan pun umumnya yang agak kasar. Kerupuk ini memiliki rasa asin, gurih pas dicocol dengan sambal pecel, petis maupun sebagai pelengkap makan nasi pecel, ataupun rujak sayur.

  1. Ledre

makanan khas jawa
jazuli97.wordpress.com

Bentuknya mirip gulungan panjang kue semprong. Terbuat dari tepung beras, pisang raja, gula, telur, dan santan. Rasanya sangat manis dan beraroma pisang dan pastinya renyah.

  1. Onde-onde

makanan khas jawa
www.unileverfoodsolutions.co.id

Onde-onde merupakan jajanan populer dari kota Mojokerto. Ada bantak variasi isiannya loh. Mulai dari kacang hijau hingga durian pun ada.

  1. Tape

makanan khas jawa
travel.tribunnews.com

Jember adalah kota yang populer dengan tape singkongnya. Selain tape singkong kamu pun dapat menemukan camilan olahan tape lain seperti , pie tape, brownis tape dan suwar-suwir.

Dari deretan makanan khas Jawa di atas, mana yang menjadi favorite kamu? Jangan lupa coba keunikan cita rasa makanan khas Jawa lainnya. Karena selalu ada yang ngangenin di tanah Jawa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here