Makanan Khas Jawa Timur Yang Wajib Anda Ketahui

makanan khas Jawa Timur
Makanan Khas Jawa Timur – Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Provinsi Jawa Timur memiliki berbagai macam makanan khas dari setiap daerahnya. Mau tau apa saja makanan khas yang ada di Jawa Timur? Yuk kita bahas makanan apa saja yang khas dari setiap daerah di Jawa Timur.

Makanan khas Surabaya

Anda yang akan berwisata ke Surabaya wajib tahu nih makanan khas Jawa Timur yang ada di Surabaya. Berikut berbagai makanan khas yang ada di Surabaya.
  1. Sate klopo
makanan khas jawa timur
wisatafavorit.com
Sate klopo sama seperti sate biasanya yang menggunakan daging. Namun bedanya sate klopo dengan sate biasa yaitu dari campuran jeroan dan lemak sapi. Dalam prosesnya ketika akan dibakar sate dilumuri parutan kelapa terlebih dahulu. Makanan ini banyak ditemukan di berbagai tempat di Surabaya.
  1. Nasi goreng jancuk
makanan khas jawa timur
hlistiani.files.wordpress.com
Wajib banget buat Anda ketika sedang di Surabaya untuk mencicipi nasi goreng jancuk. Nasi goreng ini terkenal dengan rasa yang sangat pedas dan porsi yang banyak. Cocok untuk Anda yang suka makan pedas.
  1. Rujak cingur
makanan khas jawa timur
travelingyuk.com
Rujak cingur merupakan makanan khas Surabaya yang berupa rujak dengan campuran cingur (hidung sapi) dan berisi aneka sayur, buah-buahan dan lontong.

Makanan khas Madiun

Ketika jalan-jalan ke Madiun tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas Jawa Timur yang ada di Madiun. Adapun beberapa makanan khas dari Madiun seperti:
  1. Roti Bluder
makanan khas jawa timur
http://sajiansedap.grid.id
Roti bluder merupakan roti yang berbeda dengan roti biasa karena roti ini turun menurun dari jaman Kolonial Belanda.
  1. Soto Kutilang
makanan khas jawa timur
travelingyuk.com
Soto merupakan makanan yang banyak dijumpai di Pulau Jawa. Namun penyajiannya berbeda-beda. Soto kutilang khas dari Madiun ini rasanya sangat lezat, porsinya juga banyak terutama dagingnya. Biasanya ditambah dengan empal, babat, perkedel kentang, usus atau keripik.
  1. Wedang Cemoe 
makanan khas jawa timur
cookpad.com
Minuman wedang cemoe ini dihidangkan dengan keadaan hangat. Berisi santan kelapa, potongan roti tawar dan kacang tanah goreng menciptakan rasa yang manis serta hangat di tenggorokan.

Makanan khas Kediri

Kediri memiliki berbagai makanan khas yang popular dan enak. Berikut merupakan beberapa makanan khas dari Kediri yang nikmat seperti:
  1. Tahu Takwa
makanan khas jawa timur
nurullailiblog.wordpress.com
Makanan ini merupakan makanan khas Kediri dengan bentuk kotak serta tekstur yang lembut dan kenyal. Tahu takwa banyak diburu oleh warga karena rasa yang gurih, renyah diluar dan lembut di dalam.
  1. Sate Emprit
makanan khas jawa timur
eljohnnews.com
Sama dengan namanya sate ini juga berbahan dasar dari burung emprit. Cara pengolahannya sama seperti sate biasanya. Tetapi ketika sudah dibakar sate emprit akan berubah menjadi coklat. Biasanya satu tusuk berisi 2 burung emprit.
  1. Soto Kediri
makanan khas jawa timur
2.bp.blogspot.com
Perbedaan dari soto Kediri dan soto lainnya yaitu berada pada kuahnya. Kuah dari soto Kediri ini diberi santan sehingga rasanya semakin gurih dan nikmat.

Makanan khas Lamongan

Tidak kalah dengan kota lain, Lamongan juga memiliki berbagai macam makanan khas yang enak dan lezat seperti:
  1. Nasi Boranan
makanan khas jawa timur
www.negerikuindonesia.com
Disebut nasi boranan karena nama tempat penyimpanan nasinya di boran. Makanan khas ini biasanya dijual lesehan di sekitar kawasan Pasar Kota dan dipinggir jalan kabupaten Lamongan. Nasi baronan berisi lauk, bumbu dan rempeyek dari beras yang dibumbui dan digoreng.
  1. Tahu Campur
 
makanan khas jawa timur
www.piringdigital.com
Tahu campur khas dari Lamongan ini terdiri dari lontong, selada, tauge, daging, kerupuk dengan tambahan petis udang dan lento sehingga semakin enak rasanya.
  1. Soto Lamongan
makanan khas jawa timur
limakaki.com
Kekhasan dari soto lamongan ini yaitu dari kuahnya yang kuning dan berminyak serta tambahan bumbu rempah-rempah di dalamnya. Sehingga rasanya khas dan lain dari soto di daerah lainnya.

Makanan khas Jawa Timur (malang)

Malang memiliki banyak makanan khas yang lezat seperti:
  1. Orem-orem
makanan khas jawa timur
jatimnow.com
Orem-orem merupakan makanan yang disajikan dengan ketupat dan tempe yang dipotong kecil-kecil dengan potomham telur asin diatasnya. Rasanya sangat lezat dengan kuah kaldu ayam yang kental.
  1. Cwie Mie Malang
makanan khas jawa timur
anekatempatwisata.com
Daging ayam dalam cwie mie Malang ini halus seperti abon. Disajikan menggunakan selada dan mangkuknya dengan pangsit.
  1. Rawon
makanan khas jawa timur
nusantarakaya.com
Sudah banyak yang mengenal makanan rawon. Sup daging sapi dengan kuah yang berwarna hitam, telur asin dan rasa yang lezat membuat Anda selalu ingat dengan masakan Malang.

Makanan khas Mojokerto

Banyak makanan khas Jawa Timur dari Mojokerto yang enak, berikut beberapa makanan khas dari Mojokerto yang enak:
  1. Sate Bangil
makanan khas jawa timur
kebulialabror.com
Sate bangil merupakan makanan yang berbahan dasar sate kambing. Perbedaan sate bangil dengan sate lain yaitu kita dapat memilih sendiri bagian yang kita inginkan.
  1. Kerupuk Rambak
makanan khas jawa timur
http://aminahstore.com
Kerupuk rambak terbuat dari kulit sapi yang dikeringkan terlebih dahulu dan dengan bumbu yang khas.
  1. Sambal Wader
makanan khas jawa timur
www.negerikuindonesia.com
Bahan utama dari sambal wader yaitu ikan wader. Ikan ini biasanya dapat ditemukan di air tawar ataupun dapat dibudidayakan.

Makanan khas Ngawi

Makanan dari berbagai daerah memiliki ciri khas sendiri. Tidak berbeda dengan Ngawi yang memiliki makanan khas yang enak seperti:
  1. Tepo tahu
makanan khas jawa timur
www.negerikuindonesia.com
Makanan ini merupakan makanan khas dari Ngawi dan menjadi resep yang turun-menurun. Banyak yang menjual tepo tahu disekitar Ngawi.
  1. Ledre
makanan khas jawa timur
www.idntimes.com
Ledre merupakan makanan khas dari Ngawi dan makanan ini berbentuk seperti opak gampit tetapi digulung.
  1. Lethok
makanan khas jawa timur
http://1.bp.blogspot.com
Masakan dengan kuah kental dari tempe semangit (matangnya berlebihan) dengan tambahan kencur dan daun jeruk. Isi dari lethok ini ada tahu, tempe, kulit sapi kering, dan tambahan lemak dan urat sapi.

Makanan khas Nganjuk

Ada banyak makanan khas Jawa Timur dari Nganjuk . ini beberapa makanan yang khas dan enak dari Nganjuk.
  1. Nasi Bejek
makanan khas jawa timur
www.goodindonesianfood.com
Nasi becek atau sego becek hampir sama dengan soto babat. Makanan ini berisi sate kambing yang dilepas dari tusukannya. Memiliki cita rasa yang cenderung manis dan tidak terlalu asin.
  1. Dumbleg
makanan khas jawa timur
devinakarunia.blogspot.com
Makanan khas Nganjuk yang satu ini terbuat dari gula jawa, tepung beras dan santan yang dibungkus dengan pelepah pinang. Rasa khas dari dumbleg membuat kita ketagihan.
  1. Kerupuk Pecel
makanan khas jawa timur
http://storage.ning.com
Kerupuk pecel ini berisi sayura hijau, touge dan dengan tambahan rebung bamboo yang dirajang lalu direbus sehingga makanan ini semakin mantap.

Makanan khas Sumenep

Banyak wisatawan asing ataupun local yang menjajaki wisata di Sumenep. Tetapi kurang jika tidak mencicipi makanan khas dari daerah ini.
  1. Kaldu kokot
makanan khas jawa timur
wiwie-talisa.blogspot.com
Kaldu kokot ini terbuat dari tulang sapi yang masih sumsumnya dan tulangnya masih menempel daging. Adanya kedelai di dalam kuahnya dan rasa yang lezat menjadi ciri khas dari makanan ini.
  1. Mento
makanan khas jawa timur
www.dictio.id
Mento ini mirip dengan kue bawang hanya saja pembuatan mento dikukus. Kue ini juga tidak bertahan lama karena merupakan kue basah.
  1. Campor
makanan khas jawa timur
tempatwisataunik.com
Campor merupakan makanan khas Jawa Timur yang berasal dari Sumenep yang terdiri dari lontong, daging sapi, korket dan mie soun yang disiram dengan kuah sambal serta sambal kacang. Itulah beberapa makanan khas jawa Timur yang bisa anda jumpai saat berkunjung berbagai daerah di Jawa Timur. Kamu sudah pernah cobain makanan khas Jawa Timur yang mana? kalo belum harus cobain ya, agar kamu tahu bahwa makanan khas Jawa Timur itu sangat lezat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *