Keutamaan Shalat Witir Yang Luar Biasa

keutamaan shalat witir

Keutamaan shalat witir – Shalat witir adalah shalat sunnah yang ditekan-kan atau dianjurkan untuk dikerjakan pada waktu malam hari sebagai penutup shalat malam lainnya, seperti shalat tahajud maupun shalat tarawih pada bulan ramadhan.

Shalat witir hukumnya sunnah muakad (yang ditekan-kan) dan ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa shalat witir hukumnya adalah wajib sebagai penutup shalat malam.

Shalat witir juga merupakan salah satu shalat sunnah yang senantiasa dikerjakan oleh Rasulullah Shallallahu alihi wassalam, dan dianjurkan juga kepada umat Islam.

Namun bukan berarti shalat witir ini dikategorikan sebagai shalat wajib, karena sudah sangat jelas bahwa shalat wajib hanya ada 5 waktu saja, yaitu shalat isya, subuh, zuhur, ashar, dan magrib saja (tidak ada yang linnya).

Adapun dalil atau hadits yang memperkuat tentang pentingnya mengerjakan shalat sunnah witir ini adalah hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam, yang berbunyi sebagai berikut :

keutamaan shalat witir

“Sesungguhnya Allah Subhanallahu wa ta’ala telah memberikan tambahan shalat, maka jagalah ia, yaitu shalat witir.” (HR. Ahmad, no. 6654)

Dalam redaksi hdist lain disebutkan :

keutamaan shalat witir

“Sesungguhnya Allah Subhanallahu wa ta’ala telah memberikan kalian tambahan shalat, yaitu shalat witir, maka shalat witirlah kalian anatara waktu shalat isya sampai waktu fajar.” (HR. Ahmad dan telah dishahihkan oleh syekh al-Albani dalam sisilah ahdits ash-shahihah, no. 1/221)

Dalam riwayat lain disebutkan :

keutamaan shalat witir

“Barang siapa yang khawatir tidak bisa bangun diakhir malam, maka witirlah di awal. Dan yang barang siapa yakin akan bangun diakhir malam, maka witirlah diakhir malam: Karena di akhir malam disaksikan Malaikat dan itu lebih utama.” (HR. Muslim)

Adapun untuk jumlah rakaat shalat witir adalah ganjil dan bisa dikerjakan setelah shalat isya ataupun setelah shalat sunnah tarawih ataupun shalat sunnah tahajud. Shalat sunnah witir juga banyak memiliki keutamaan yang istimewa, dikarenakan Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam tidak pernah meninggalkan shalat sunnah witir ini, baik ketika beliau berada di rumah maupun ketika beliau sedang diperjalanan.

Keutamaan Keutamaan Shalat Witir

Adapun untuk keutamaan keutamaan shalat witir yaitu sebagai berikut :

  1. Sebagai Penyempurna Shalat Malam

keutamaan shalat witir
rumahtarbiyah.com

Keutamaan shalat witir yang pertama ialah sebgai penyempurna shalat malam lainnya, dikarenakan shalat witir ialah sebagai penutup shalat malam yang dikerjakan baik sebelum ataupun sesudah bangun tidur (shalat tahajud) dan apabiala tanpa shalat witir ini maka tidak sempurna shalat malam (qiyamul lail) seseorang.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam bersabda :

keutamaan shalat witir

“Jadikanlah penutup shalat kalian di malam hari dengan shalat witir.” (HR. Bukhari no. 998 dan Muslim no. 751)

  1. Tambahan Shalat

keutamaan shalat witir
intiruh.blogspot.com

Rasulullah Shalllahu alaihi wassalam bersabda :

keutamaan shalat witir

“Sesungguhnya Allah Subhanallahu wa ta’ala telah memberikan kalian tambahan shalat, yaitu shalat witir, maka shalat witirlah kalian anatara waktu shalat isya sampai waktu fajar.” (HR. Ahmad)

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadist diatas bahwa shalat witir adalah sebagai shalat tambahan dan shalat witir adalah shalat sunnah yang sangat dianjurkan atau ditekankan untuk dikerjakan diwaktu malam yaitu diantara waktu shalat isya sampai waktu subuh.

  1. Shalat Witir Dicintai Allah

keutamaan shalat witir
matcha-jp.com

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadist berikut :

keutamaan shalat witir

“Sesungguhnya Allah Subhanallahu wa ta’ala itu ganjil dan menyukai orang orang yang mengerjakan shalat witir, maka shalat witirlah wahai para ahli al-Qur’an.” (HR. Abu Dawaud dalam kitab ash-Shalaah bab Istihbaabil witr, no. 1416)

Dalam hadist diatas menjelaskan bahwa shalat sunnah witir adalah shalat sunnah yang dicintai oleh Allah Aubhanallahu wa ta’ala, sehingga Rasulullah Shallallahu alaihi Wassalam tidak pernah meningglkan shalat sunnah witir tersebut dan tetap mengerjakannya walaupun hanya satu rakaat saja.

  1. Disaksikan Oleh Malaikat

keutamaan shalat witir
http://www.sri-ya.com

Keutamaan yang selanjutnya yaitu Shalat Sunnah witir yang dikerjakan di sepertiga malam atau di penghujung malam akan disaksikan oleh Malaikat dan para Malaikat turun ke bum dan ikut mendoakan orang orang yang mengerjakan shalat witir. Dan hal tersebut lebih afdhol atau utama, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadist berikut :

keutamaan shalat witir

“Barangisapa yang khawatir tidak bisa bangun pada akhir malam, maka hendaklah dia melakukan shalat witir pada awal malam. Dan barasiapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, maka hedaklah ia witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para Malaikat) dan hal itu lebih afdhal (utama).” (HR. Muslim)

  1. Tidak Pernah Ditinggalkan Oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam

keutamaan shalat witir
http://bersamadakwah.net

Tiga perkara yang selalu senantiasa Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam jaga hingga beliau wafat yaitu puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha, dan shalat witir. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadist berikut.

Rasulullah Shallallahu alihi wassalam bersabda :

keutamaan shalat witir

“Kekasihku (Rasulullah Shallallahu alaihi Wwassalam) mewasiatkan kepadaku tiga perkara: Puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha dua rakaat dan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam redaksi hadist yang lain disebutkan :

keutamaan shalat witir

“Kekasihku (Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam) mewasiatkan tiga hal yang tidak akan kutinggalkan hingga mati yaitu puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha dan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari)

  1. Amalan Para Ahli al-Qur’an

keutamaan shalat witir
rumahmuslim.net

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadist diatas yaitu :

keutamaan shalat witir

“Sesungguhnya Allah (Subhanallahu wa ta’ala) itu witir, menxintai witir. Maka lakukanlah shalat witir wahai ahli al-Qur’an.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dalam redaksi hadist yang lain disebutkan :

keutamaan shalat witir

“Wahai ahli al-Qur’an lakukanlah shalat witir. Karena sesungguhnya Allah Azza wa Jallah itu witir, mencintai yang witir.” (HR. An-Nasa’i dan Ibnu Majah)

  1. Dikabulakan Doa-nya

keutamaan shalat witir
http://tabungwakaf.com

Allah Subhanallahu wa ta’ala berjanji kepada hambanya yang mau bangun disepertiga malam untuk melakukan Qiyamul’lail yaitu shalat tahajud dan diakhir-kan dengan shalat witir. Kemudian berdoa kepadaku maka akan aku kabulkan doa-nya. Hal tersebut berlaku bagi hambanya yang senantiasa beriman dan bertaqwa, menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam qur’an surah al-Baqarah ayat 186, yang berbunyi :

keutamaan shalat witir

“Dan apabila hamba-hamab-ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (printah)-ku dan beriman kepada-ku agar meraka memperoleh kebenaran.” (QS. Al-Baqorah : 2/186)

  1. Debri Petunjuk

keutamaan shalat witir
http://www.wajibbaca.com

Orang yang mengerjakan shlat malam atau qiyamul’lail dan mengakhirkan witir makan senantiasa diberi petunjuk dan kekuatan oleh Allah Subhanallahu wa ta’ala dalam menghadapi cobaan atau ujian di dunia. dan doa-nya senantiasa di dengar oleh Allah subhanallahhhhu wa ta’ala.

Allah Subhanallahu wa ta’ala senantiasa memberi petunjuk bagi umatnya yang menjalankan perintahnya dan menjahui segala larangannya, dan Allah mencintai hamba-hambanya yang bersabar.

  1. Waktu Yang Sangat Dekat Dengan Allah

keutamaan shalat witir
www.todopaisajes.com

Seorang muslim seharusnya bisa menjaga komunikasi yang baik dengan Seorang hamba yang lainnay, terlebih lagi dengan Allah Subhanallahu wa ta’ala. Sebagaimana yang telah di contohkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam, beliau (Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam) senantiasa menjaga hubungan dan komunikasi dengan Allah Subhanallahu wa ta’ala.

Dan salah satu cara Rasulullah Shallallahu alaiahi wassalam menjaga hubungannya dengan Allah yaitu dengan shalat malam dan senantiasa menjaga shalat witir. Tak heran bahwa salah satu waktu yang tidak ada penghalang antara dirinya dengan Allah dan diijabahnya doa adalah ketika di sepertiga malam atau shalat malam beserta witirnya.

Demikianlah keutamaan keutamaan shalat witir, sehingga Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam tidak pernah atau enggan untuk meninggalkannya dan beliau senantiasa menjaganya dalam keadaan apapun.

Semoga setelah mengetahui keutamaan shalat witir ini kita bisa mengamalkannya dalam keseharian kita. Aamiin!

4 Replies to “Keutamaan Shalat Witir Yang Luar Biasa”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *