Jenis Rumput Mulai Dari Yang Liar Hingga Rumput Hias

jenis rumput

Mengenal jenis rumput – Rumput adalah suatu tumbuhan yang hidup liar di hutan, perkebunan dan di halaman rumah. Dan tidak semua rumput liar tidak bisa dimanfaatkan. Ada beberapa jenis rumput yang bisa dijadikan hiasan pekarangan rumah karena bentuk dan teksturnya yang indah dan enak untuk dipandang oleh mata.

Kedua jenis rumput ini, baik rumput liar atau pun rumput hias pasti memiliki manfaat. Karena Allah tidak menciptakan sesuatu melainkan ada manfaat-nya. Seperti rumput ini, rumput liar bisa di manfaatkan pakan ternak dan bisa menahan tanah longsor apabila hidup di tanah yang bertebing. Selain itu, rumput juga dapat membuat halaman atau pekarangan rumah bisa lebih indah, apalagi ditambah dengan berbagai jenis bunga pasti tambah lebih indah dan cantik.

Jenis-Jenis Rumput Hias

Memiliki rumah dan taman yang indah serta enak di pandang dan sejuk adalah suatu kebahagian tersendiri. Salah satu hal sangat penting untuk mempercantik taman rumah adalah dengan menambahkan beberapa jenis bunga dan rumput untuk taman. Eitss.. . tapi bukan rumput liar ya!! Kalo rumput liar bukannya mempercantik tapi palah merusak keindahan taman.

Nah untuk itu, kami akan sedikit menuliskan artikel tentang jenis rumput hias dan rumput liar. Agar tidak salah pilih…. hehehe
Berikut ini adalah beberapa jenis rumput hias yang dapat kamu gunakan untuk memperindah dan mempercantik taman kamu.

Rumput Jepang

jenis rumput
asalasah.com

Eitsss…. jangan karena mendengar ada kata Jepang nya, terus rumput jepang harus impor dari jepang dulu. Nggak. Meskipun memiliki nama rumput Jepang, namun rumput ini bukan berasal dari negeri sakura tersebut.

Sama hal-nya seperti jambu yang berukuran besar, dan di beri nama jambu bangkok. Bukan karena jambu tersebut berasal dari bangkok, melainkan karena jambu tersebut memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari pada ukuran jambu yang biasanya.

Begitu pula dengan rumput jepang, pemberian nama ini dikarenakan lebih kepada kebiasaan orang Indonesia dalam membedakan jenis tanaman berdasarkan ukurannya, sehingga mudah untuk di ingat.

Jika pada umumnya, rumput memiliki ukuran yang panjang-panjang makan rumput Jepang ini memiliki ukuran relatif pendek dan memiliki tekstur yang agak kasar. Inilah mengapa rumput jepang ini banyak dipilih untuk dijadikan sebagai rumput taman.

Rumput Gajah Mini

jensi rumput
rumputkita.com

Rumput gajah mini ini ialah salah satu jenis rumput hias yang akhir-akhir ini banyak dilirik dan diminati terutama di daerah perkotaan. Dan rumput gajah mini ini sangat cocok untuk memperindah atau mempercantik taman rumah minimalis.

Dinamakan rumput gajah mini, dikarenakan ukuran daunnya yang sedikit lebar dan besar jika dibandingkan dengan jenis rumput hias lainnya. Namun rumput gajah mini ini memiliki keistimewaan sendiri yaitu perawatan-nya yang sedikit lebih mudah serta harganya yang murah.

Rumput Swiss

jenis rumput
tokopedia.com

Rumput swiss adalah salah satu jenis rumput yang paling lembut, halus, dan apabila rumput swiss di tanam di taman maka taman pun akan terlihat lebih mempesona. Tidak heran lagi apabila rumput swiss ini adalah salah satu rumput yang tergolong mahal, karena keindahan dan kecantikan yang ditawarkannya.

Rumput Peking

jenis rumput
gambarc.blogspot.com

Sudah mendengar dengan nama rumput yang satu ini?… Rumput peking adalah rumput yang hampir mirip dengan rumput jepang. Yaaa… sebelas dua belaslah, hehehe. Namun rumput peking ini tampil lebih runcing, kurus dan sedikit lebih rapi. Umumnya sih, rumput peking tumbuh lebih jarang dibandingkan dengan rumput jepang.

Jika tidak dirawat dengan rutin, maka rumput jenis ini akan tumbuh lebih lebat dan panjang. Bagian bawahnya akan menguning karena tidak terkena dengan cahaya matahari.

Jenis-Jenis Rumput Liar

Pada dasarnya semua rumput yang tumbuh itu merupakan rumput liar. Namun tidak semua rumput liar tidak memiliki manfaat, mungkin karena keindahan dan kecantikannya sehingga rumput tersebut masih terkenal hingga sekarang ini.

Rumput Gajah Liar

jenis rumput
www.peternakankita.com

Mungkin bagi peternak dan anak pengembala pasti tidak asing lagi dengan jenis rumput yang satu ini. Karena kebanyakan jenis rumput ini bisa dijadikan sebagai bahan pakan ternak. Selain itu, rumput gajah ini juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan fiber serat.

Sesuai dengan namanya, jenis rumput yang satu ini sangat mudah tumbuh dimana-mana. Sehingga rumput gajah ini mudah dijumpai dan dikenal oleh orang-orang. Karakteristik dari rumput gajah ini adalah tumbuh tegak lurus, tinggi tanaman-nya bisa mencapai 7 meter, merumpun lebat, memiliki batang yang tebal dan keras, daun-nya panjang, dan berbunga seperti es lilin.

Rumput Ilalang/Alang-Alang

jenis rumput
steemit.com

Semua orang pasti mengenal jenis rumput yang satu ini. Iya, ilalang atau lebih sering dikenal dengan sebutan alang-alang. sejenis rumput yang tumbuh liar dimana-mana dan memiliki daun yang tajam, yang kerap menjadi musuh di lahan pertanian.

Namun bukan berarti ilalang tidak memiliki manfaat, ilalang atau alang-alang dapat digunakan untuk melindungi lahan-lahan yang terbuka dan mudah tererosi. Karena ilalalng memiliki kecepatan dalam pertumbuhan serta memiliki daun yang tumbuh rapat, dapat memberikan manfaat perlindungan yang dibutuhkan.

Di Indonesia timur umumnya, masyarakat sekitar memanfaatkan daun ilalang atau alang-alang sebagai bahan atap rumah, gubuk di persawahan dan bangunan lainnya. Daun ilalang juga kerap digunakan untuk menutupi atau melindungi tanah adan bibit-bibit di lahan pertanian.

Rumput Grinting

jenis rumput
alihamdan.id

Cynodon dactylon atau yang lebih dikenal dengan rumput grinting, adalah jenis rumput yang memiliki kelebihan atau kemampuan untuk bertahan hidup lebih lama dibandingkan dengan rumput lainnya. Bahkan rumput jenis ini mampu bertahan dalam kondisi tanah yang tandus dan kering dalam musim kemarau, ya walaupun pertumbuhannya tak secepat pada musim penghujan. 

Rumput grinting bisa dikatakan sebagai rumput gulma terutama dalam tanaman jagung, tebu dan lahan perkebunan. Jenis rumput ini sedikit bandel dan sulit untuk dibasmi dengan cara dibajak, dipotong atau di cangkul. Karena jenis rumput ini memiliki kemampuan menyebar dengan cepat dan tahan akan cuaca panas, tidak seperti jenis rumput lainnya ayang apabila musim kemarau tiba ia akan mulai mengering dan bahkan mati.

Rumput Jarum

jenis rumput
deskgram.net

Pasti sobat sudah tidak asing lagi dengan jenis rumput yang ini?… Iya, rumput jarum. Rumput jarum merupakan salah satu rumput yang menjadi gulma terutama dibidang pertanian. Kenapa?.. ya karena keberadaan rumput ini dapat mengganggu pertumbuhan tanaman yang ditanam oleh petani. Selain itu, rumut ini juga tidak di inginkan hadir dalam pertanian. hehehehe…..

Walaupun rumput jarum sifatnya seperti itu, tetapi rumput jarum diduga memiliki manfaat atau khasiat untuk mengembalikan stamina ibu yang baru saja bersalin, melancarkan darah haid dan sakit perut.

Semoga yang sedikit ini bisa menambah pengetahuan kita tentang rumput. Jangan dilihat hanya karena rumputnya tapi kita bisa lihat dari sisi lain yaitu manfaat yang bisa kita ambil fari rumput tersebut. Semoga yang dikit ini bisa kita ambil hikmah dan manfaatnya…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *