Contoh Proposal Usaha Yang Baik dan Benar

787
contoh proposal usaha
cash-avalanche.com

Contoh proposal usaha – Halo sobat, bagaimana kabarnya hari ini? Setelah artikel saya yang sebelumnya telah membahas tentang bagaimana cara membuat proposal. Maka pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit menguraikan tentang bagaimana cara membuat proposal usaha (contoh proposal usaha).

Bagi anda yang ingin membangun sebuah usaha baik itu dibidang kuliner, busana, trevel dan lain sebagainya. Tetapi modalnya belum cukup atau bahkan modalnya belum ada. Tenang jangan bingung dan khawatir, karena masih banyak jalan untuk menuju Prancis (menuju Roma sudah biasa) hehehe!

Ada banyak cara agar kita bisa mendapatkan modal untuk memulai sebuah usaha. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan investor atau bisa juga dengan meminta bantuan modal usaha.

Maka sebagai jalan keluarnya atau alternatif untuk mendapatkan modal yaitu dengan cara mengajukan sebuah proposal kepada sebuah lembaga atau instalasi tertentu. Sehingga dengan adanya proposal tersebut ada kemungkinan bagi kamu bisa mendapatkan modal untuk membangun atau mengembangkan usahamu.

Kamu bisa memanfaatkan hal itu untuk mencari modal usahamu. Nah, sebelum itu kamu harus riset/membuat rencana usaha yang nantinya akan kamu tuangkan dalam sebuah proposal usaha tersebut.

Nah, dengan terbitnya artikel tentang Contoh proposal usaha ini, in sya Allah bisa kamu jadikan sebuah rujukan untuk membuat sebuah proposal usaha sendiri. Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam pembuatan proposal usaha ini, karena dalam proposal usaha memiliki susunan yang tidak sama dengan proposal kegiatan.

Berikut ini akan saya jelaskan tentang prosedur atau susunan proposal usaha beserta contoh proposal usaha.

Pengertian Proposal Usaha

contoh proposal usaha
karinov.co.id

Secara sederhana proposal usaha bisa didefinisikan sebagai sebuah dokumen tertulis yang telah direncanakan oleh wira usahawan/orang yang memaparkan atau menggambarkan usahanya, mulai dari keperluan perlengkapan, dana, target pemasaran, rencana penjualan hingga rencana keuntungan yang bisa diperoleh dari sebuah usaha tersebut.

Tujuan Proposal Usaha

contoh proposal usaha
putuputrayasa.com

Pada dasarnya proposal usaha dibuat dengan bertujuan :

> Untuk merealisasikan sebuah ide peluang usaha yang nantinya akan menguntungkan.

> Sebagai acuan/sarana untuk meyakinkan pihak investor atas kelayakan sebuah usaha yang akan dijalankan atau dikembangkan.

Susunan Dalam Pembuatan Proposal Usaha

contoh proposal usaha
www.affarsvarlden.se

Pendahuluan

Pada halaman ini (bagian pendahuluan) yaitu bagian perkenalan yang isinya latar belakang usaha, visi dan misi usaha, gambaran usaha dan kondisi pasar usaha anda.

Profil Badan Usaha Yang Akan di Geluti

  1. Jenis usaha : Jelaskan secara singkat, jelas, detail, dan spesifikasi usaha anda.
  2. Nama perusahaan atau usaha yang sedang anda jalani.
  3. Lokasi : Jangan lupa untuk menyantumkan lokasi usaha anda, lebih baiknya lagi bila dilengkapi dengan foto dan denah usaha anda.

Struktur Organisasi

Pada bagian ini berisikan tentang struktur (susunan) organisasi usaha atau perusahaan anda, dan jelaskan tentang peran dan fungsi tugas dari masing-masing anggota.

Produk Usaha Atau Perusahaan

Halaman ini berisikan penjelasan tentang :

  1. Jenis produk : Pada bagian ini berisikan tentang produk yang ingin anda buat, diusahakan dibuat semenarik mungkin agar investor investor bisa tertarik dengan produk yang anda buat.
  2. Keunggulan produk : Berisikan penjelasan tentang keunggulan produk yang anda kelola.
  3. Proses pembuatan produk : Berisikan tentang bahan-bahan yang dibutuhkan produk anda, komposisi produk, dan tahapan-tahapan pembuatan produk.

Target Pemasaran Produk

Pada halaman ini, anda harus menerangkan target pemasaran produk anda, misalnya dari golongan menengah keatas, menengah kebawah, anak-anak, dan lain sebagainya. Anda harus memiliki planing (target) dalam pemasaran produk anda.

Promosi dan Pemasaran

Dalam promosi pemasaran anda bisa membuat seperti benner, website, jejaring sosial dan lain sebagainya yang isinya menjelaskan tentang keunggulan produk anda kepada para calon konsumen.

Laporan Keuangan

  1. Alokasi dana : Berisikan tentang alokasi dana yang akan dikeluarkan yang mencakup pengeluaran modal.
  2. Perhitungan laba : Dalam tahapan ini harus mengidentifikasi item biaya produksi secara detail dan menghitung catatan biaya dari setiap alur selama proses produksi.

Penutup

Pada bagian penutup tulis-lah kata-kata atau kalimat yang indah dan sopan sebagai penutup sebuah proposal yang akan anda ajukan kepada para investor.

Lampiran

Berisikan tentang :

  1. Melampirkan biodata pemilik usaha dan lampir-kan juga cv anda sebagai pendiri (owner) atau pengelola perusahaan/usaha dan surat izin.
  2. Surat perjanjian yang berisikan tentang kerja sama (kontrak kerja) dengan perusahaan lain, instansi, dengan bertujuan mengangkat nama perusahaan kecil yang anda dirikan, dan keuntungan kerja sama jika ada atau terjadi kesepakatan.

Setelah kita bahas tentang pengertian proposal usaha, tujuan proposal usaha dan susunan dalam pembuatan proposal usaha, kini saya akan mencantumkan atau memberikan contoh proposal usaha. Adapun contoh proposal usaha sebagai berikut :

baca juga artikel terkait Contoh Proposal Proyek dan Cara Membuatnya

CONTOH PROPOSAL USAHA PISANG GOKIL CRISPY

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Meninjau dari masyarakat kota Martapura yang kurang tertarik dengan olahan pisang, maka saya mempunyai ide atau inisiatif lain untuk membuat olahan pisang yang berbeda dari biasanya. Setelah saya mendapat beberapa referensi bahwa usaha ini cukup menjanjikan dengan keuntungan yang besar dan menggiurkan dengan minat konsumen yang sangat tinggi, lagi pula usaha ini masih sangat sedikit orang yang menekuni di daerah kota Martapura.

Seperti yang telah diketahui juga bahwa bahan bahan dan modal yang juga tidak terlalu menelan biaya yang besar. Namun, seperti kita ketahui meskipun usaha ini dengan modal yang tidak terlalu besar akan tetapi usaha ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar dengan tingkat minat konsumen yang tinggi dari usaha ini.

Dari beberapa uraian di atas bahwa saya berminat untuk mengembangkan usaha ini di daerah saya, kota Martapura tepat di taman pasar dengan  nama : PISANG GOKIL CRISPY (PISGO). Dengan harapan bisa meraih keuntungan besar dan banyak diminati oleh kalangan masyarakat.

BAB II

RELEVANSI

  1. Mengapa Usaha Pisang Gokil Crispy Sangat di Butuhkan?

Secara garis besar Indonesia merupakan negara yang kayak akan sumber daya-nya, tanah yang subur dengan hamparan-nya yang hijau. Hal ini sangat mendukung masyarakat Indonesia untuk lebih meningkatkan hasil produksi dan pertanian.

  1. Masalah Yang Harus Dipecahkan

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut dalam mengembangkan atau meningkatkan produk usaha pisang gokil crispy menjadikan salah satu produk yang berkualitas tinggi. Maka dari itu kami mendapatkan masalah atau terkendala dalam pembiayaan atau modal usaha. Untuk itu saya sangat membutuhkan investor atau donatur dalam hal permodalan.

BAB III

TINJAUAN DARI USAHA

Tujuan Pendirian Usaha

Adapun tujuan dari bentuk perencanaan berdirinya usaha ini yaitu :

  • Mengubah pola pikir masyarakat bahwa olahan pisang juga bisa dikreasikan dalam bentuk yang lebih menarik dan berbeda dari yang lain.
  • Membantu kalangan usah pisang agar lebih kreatif lagi dalam memajukan usahanya untuk menarik minat konsumen.
  • Memotivasi anak muda agar lebih semangat lagi dalam mendirikan sebuah usaha.
  • Meningkatkan keuntungan penghasilan olahan pisang walapun hanya dari usaha modal kecil.

Manfaat Utama Dari Berdirinya Usaha

  • Menciptakan lapangan pekerjaan
  • Memenuhi kebutuhan konsumsi
  • Terpenuhinya kebutuhan masyarakat sekitar baik dalam lingkungan masyarakat maupun dalam lingkungan sekolah.
  • Dengan berdirinya usaha pisang gokil crispy ini masyarakat dan siswa memiliki peluang atau kesempatan untuk membuka usaha dan ber-wirausaha.
  1. Kebutuhan Pasar

Kebutuhan pangan di masyarakat sangat meningkat, bagi masyarakat produk pisang gokil crispy merupakan produk yang memiliki ciri khas dan cita rasa yang sangat berbeda dengan makanan ringan lainnya.

  1. Bahan Baku Usaha

Sebagian besar daerah kita dekat dengan masyarakat yang pada umumnya bertempat tinggal disekitar para petani, sehingga sangat mudah memperoleh bahan baku yaitu pisang yang nantinya diolah untuk menjadi pisang gokil crispy.

  1. Kegiatan Masyarakat

Kegiatan perekonomian masyarakat di dalam usaha pisang gokil crispy di respon oleh masyarakat luas. Mudah dengan adanya program usaha pisang gokil crispy sangat membantu mengurangi pengangguran yang ada di masyarakat tersebut.

  1. Tenaga Pengelola

Untuk usaha pisang gokil crispy ini dikelola dengan rumah produksi yang berbasis usaha mandiri

dan untuk pemasaran yaitu saya sendiri.

  1. Keunggulan Usaha Pisang Gokil Crispy

– tekstur warna pada permukaan pisang tidak gosong dan banyak parian toping

– Nutrisi tidak hilang, karena digoreng tengan teknik khusus dan pada suhu rendah (80-85oc)

– Enak, guruh, dan renyah

BAB IV

METODOLOGI DAN SISTEMATIKA

  1. Strategi Pemasaran

Adapun untuk bentuk strategi pemasaran usaha yang kami jalankan seperti pada bagan berikut :

  • Untuk kegiatan pemasaran pisang gokil crispy ini saya sendiri yang memproduksinya dari bahan-bahan yang telah dipersiapkan
  • Untuk kegiatan pemasaran dalam bentuk usahanya yaitu saya sendiri yang akan terjun kelapangan dalam menjalankan usaha ini atau yang akan memperdagangkan pisang gokil crispy kepada konsumen.
  1. Lokasi Pemasaran

Untuk tempat usaha pisang gokil crispy yang kami rintis ialah dipinggir jalan (area perkampusan) yang ramai dilalui baik mahasisiwa maupun warga setempat.

  1. Harga Penjualan

Adapun penjualan untuk produk yang saya tawarkan ialah sebesar Rp. 10,- per porsi

  1. Analisa Rincian Harga Barang dan Alat-Alat Yang Dibutuhkan

  • Barang yang diperluakan dalam jangka panjang

NoNama BarangJumlahHarga
1Gerobak Lipat1 buahRp 3. 250.000
2Kompor1 buahRp 250.000
3Tabung Gas 3 Kg1 buahRp 200.000
4Bola Lampu5 buahRp 300.000
5Kabel5 meterRp 20.000
6Kotak Sampah3 buahRp 20.000
7Ember2 buahRp 20.000
8Piring3 lusinRp 250.000
9Sendok dan Garpu3  lusinRp 50.000
10Top Les6 buahRp 50.000
11Bren Usaha / Banner3 meterRp 100.000
12Pisau2 buahRp 20.000
13Terminal Lampu1 buahRp 30.000
14Kursi dan Meja2 buahRp 300.000
15Karpet Meja1,5 meter 2Rp 20.000
16Wajan1 buahRp 50.000
17Alat penggorengan2 buahRp 30.000
18Payung Besar2 buahRp 120.000
Total hargaRp  5.080.000,-
  • Barang yang diperlukan dalam jangka pendek

NoBahan-BahanJumlahHarga
1Pisang Raja30 sisirRp 210.000
2Tepung Beras15 KgRp50.000
3Tepung Terigu15KgRp 50.000
5Minyak Goreng10 LiterRp 50.000
6Gula Pasir10 KgRp 150.000
7Garam5 BungkusRp 10.500
8Gula merah10 butirRp 13.500
9Telur2 rakRp 45.000
10Pewarna makanan1 botolRp 7.500
Total HargaRp 628.500-

 Jadi total modal awal yang dibutuhkan adalah Rp 7.028.500,-

  1. Cara Pembuatan Pisang Gokil Crispy

  • Potong pisang raja yang telah dikupas seperti kipas yang melebar, jikalau sudah sisihkan pisang yang telah dipotong
  • Campurkan bahan pencelup dan aduk sampai rata
  • Campurkan bahan crispy dan aduk sampai merata
  • Panaskan minyak goreng, tuangkan satu sendok sayur adonan crispy. Biarkan mengembang. Kecilkan api agar pisang tidak telalu lembek atau gosong. Kumpulkan andonan sehingga menyatu dengan pisang.
  • Celupkan pisang ke dalam bahan pencelup. Taburkan crispy keseluruh permukaan pisang, sehingga menutupi seluruh permukaan pisang, dan goreng sampai matang.
  1. Target Keuntungan Perhari

Adapun target yang saya perhitungkan dari penjualan apabila dalam satu hari habis adalah sebagai berikut :

Modal bahan yang di gunakan dalam jangka pendekTerget PenjualanKeuntungan
Rp 628.500,-70 porsi/  hari

70 porsi x Rp 10.000 =

Rp 750.000

Rp 750.000 – Rp 628.500

= Rp 121.500,-/hari

7. Penutup

Hasil pertanian seperti pisang ternyata bisa ditingkatkan untuk menjadi sebuah olahan produksi yang berkomoditas yang menghasilkan, produksi berkualitas dari pisa gokil crispy. Dan dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat untuk berwirausaha.

Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena ini merupakan tahap awal saya memulai sebuah usaha pisang gokil crispy ini. Dengan selesainya proposal usaha ini, saya berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah saya rencanakan secara matang ini.

Demikianlah contoh proposal usaha ini saya buat. Semoga proposal ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Tidak lupa saya ucapkan syukur saya kepada Allah Subhanallhu wa ta’ala karena atas rahmat dan hidayah-nya saya dapat menyelesaikan contoh proposal usaha ini. Tunggu artikel selanjutnya…

baca juga ertikel terkait Contoh Proposal Sponsorship (Kegiatan Event)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here