Contoh Proposal Sponsorship (Kegiatan Event)

contoh proposal sponsorship

Contoh proposal sponsorship – Ketika mendengar kata proposal pasti berhubungan dengan suatu organisasi. Orang yang berkecimpung di dunia organisasi pasti tidak asing lagi dengan proposal. Mereka pasti banyak sekali membahas tentang proposal bahkan terlibat dalam pembuatannya.

Proposal merupakan rencana yang akan dituangkan dalam rancangan kerja. Contoh proposal sponsorship (proposal) biasanya dibuat untuk menggalang bantuan dan dukungan dari kegiatan yang akan diselenggarakan. Jika proposal dibuat oleh perusahaan atau individu itu untuk program bisnis/wirausahanya. selain itu proposal juga sering dibuat oleh instansi pemerintah ataupun sekolah dalam rangka mencapai program-program yang dicanangkan.

Ketika kita melakukan usaha untuk kegiatan tertentu pastinya kita membutuhkan dana agar acara atau kegiatan yang direncanakan terlaksana. Namun banyak penyelenggara yang belum memiliki cukup dana untuk memiayai seluruh kegiatan yang direncanakan. Guna menangani masalah tersebut panitia pelaksana kegiatan biasanya meminta bantuan kepada orang, instansi pemerintah atau perusahaan swasta. Dengan itu pihak pemberi dana bertindak sebagai donator dan sponsor.

Pihak yang memberikan bantuan tanpa adanya perjanjian apapun dan tanpa adanya timbal balik disebut dengan donator. Mereka memberikan bantuan hanya dengan melihat kegiatan yang dilaksanakan dengan baik. Dengan kerelaan hati mereka memberi bantuan dan dukungan.

Untuk sponsor biasanya akan memberikan bantuan dengan bentuk kerja sama yang berkaitan dengan promosi suatu produk. Jadi ketika kita melaksanakan kegiatan dengan bantuan dana dari sponsor maka kita harus mempromosikan logo perusahaan, benner ataupun menjual produk tertentu.

Maka dari itu jika kita membuat proposal sponsorship formatnya akan berbeda karena pihak penyelenggara akan meminta bantuan dana dari pihak yang dimintai bantuan. Hal tersebut bertujuan agar mendapatkan kepercayaan atas proyek yang disajikan. Jadi sangat penting sekali untuk memahami cara membuat proposal sponsorship untuk donatur ataupun untuk pihak perusahaan. Penting juga untuk memahami setiap kerangka dalam pembuatan proposal sponsorship.

baca juga terkait artikel Cara Membuat Proposal yang Baik dan Benar

Tujuan proposal sponsorship

contoh proposal sponsorship
senseproperty.com

Tujuan dibuatnya proposal sponsorship yaitu untuk memperoleh dana, memperoleh dukungan atau sponsor dan perizinan dari suatu kegiatan yang akan dilaksanakan. Secara umum proposal dibuat sebagai landasan dalam sebuah pelaksanaan. Untuk menginformasikan hal hal yang penting bagi pihak pihak dari suatu kegiatan untuk memperoleh informasi suatu kegiatan yang dilaksanakan dan memudahkan penyelenggara untuk mendapatkan dukungan informasi.

baca juga artikel terkait Contoh Proposal Proyek dan Cara Membuatnya

Manfaat proposal sponsorship

contoh proposal sponsorship
ex-school.com

Manfaat proposal dapat dibedakan menjadi empat jenis yaitu proposal penelitian, proposal kegiatan, proposal proyek dan proposal bisnis. Dari berbagai jenis proposal memiliki tujuan masing-masing sesuai jenis yang akan dijelaskan. Berikut ini merupakan manfaat dari proposal sponsorship.

  • Menjadi sebuah rencana yang dapat mengarahkan panitia dalam melaksanakan kegiatan yang akan dilaksanakan
  • Menginformasikan kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan yang akan dilaksanakan secara tulisan atau secara tidak langsung
  • Meyakinkan para donatur atau para sponsor agar mereka memberikan dukungan material maupun finansial untuk mewujudkan kegiatan yang sudah direncanakan

Susunan proposal sponsorship

 

contoh proposal sponsorship
www.kumpulan.net

Susunan contoh proposal sponsorship (proposal) yangwajib di pelajari bagi Anda yang ingin atau mau membuat proposal untuk sesuatu kegiatan.

  • Halaman judul

Untuk halaman judul berisi nama atau judul kegiatan, lokasi dan waktu penyelenggara kegiatan serta penyelenggara yang akan mengadakan kegiatan

  • Latar belakang

Dalam latar belakan biasanya berisi alasan dari direncanakannya sebuah kegiatan tersebut. Memiliki tiga bagian di dalamnya yaitu bagian pendahuluan, bagian isi dan bagian penutup. Kalimatnya berpola dari kalimat atau maksud umum menjadi kalimat atau maksud khusus.

  • Tujuan kegiatan

Tujuan kegiatan berisi tentang alasan dari kegiatan tersebut direncanakan dan dapat terdiri dari satu tujuan ataupun lebih yang disusun secara berurutan dari tujuan paling penting hingga tujuan yang kurang penting.

  • Nama dan tema kegiatan

Susunan contoh proposal sponsorship (proposal) yang selanjutnya adalah nama dan tema kegiatan yang berisi tentang nama atau judul kegiatan dan tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut.

Contoh:

Nama kegiatan: “Perlombaan dan Pentas Seni Untuk Memeriahkan Serta Memperingati HUT RI ke 73”

Tema Kegiatan: “Memperingati dan Memeriahkan HUT RI”

  • Bentuk kegiatan

Bentuk kegiatan berisi tentang bentuk sajian kegiatan sebagai contoh dengan tema “Memperingati dan Memeriahkan HUT RI” maka bentuk kegiatannya seperti:

  • Lomba sepeda santai
  • Lomba puisi kemerdekaan
  • Lomba drama dengan tema kemerdekaan
  • Dan lain lain
  • Peserta

Dalam susunan peserta berisi tentang siapa saja yang mengikuti kegiatan yang direncanakan dan orang yang menjadi peserta sesuai dengan jenis kegiatan yang telah direncanakan.

  • Penyelenggara atau Panitia

Berisi tentang siapa saja yang menjadi penyelenggara sebuah kegiatan. Biasanya yang menjadi penyelenggara merupakan suatu kelompok organisasi yang melaksanakan kegiatan dengan alasan tertentu. Di dalam susunan proposal bagian penyelenggara bisa ditampilkan nama dan nomor handphone yang dapat dihubungi.

  • Jadwal dan lokasi kegiatan

Berisi tentang kapan dan dimana kegiatan itu dilaksanakan

  • Susunan acara

Berisi tentang susunan acara atau pelaksanaan kegiatan dari awal sampai akhir

  • Susunan panitia

Berisi tentang susunan kepanitiaan yang telah dibentuk

  • Rancangan anggaran

Berisi tentang pemasukan dan pengeluaran serta pengeluaran dana yang masih diperlukan

  • Penutup

Berisi tentang kalimat harapan agar banyak pihak yang tertarik pada kegiatan tersebut dan ditandatangani oleh ketua penyelenggara disertai dengan penanggung jawab

  • Penawaran kerjasama (sponsorship)

Biasanya berisi tentang bentuk-bentuk penawaran kerjasama kepada pihak sponsor

Contoh proposal sponsorship

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG

Tema: “Mempunyai Rasa Nasionalisme dan Patriotisme Dalam Masyarakat. Guna Mengenang dan Melanjutkan Jasa-Jasa Para Pahlawan Yang Telah Berjuang Membela Negara. Serta Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat Dengan Cara Membangun dan Meningkatkan Ekonomi dan Membangun Sifat Sportifitas”

  1. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini yaitu sebagai bentuk rasa syukur kami kepada Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan untuk menyambut HUT RI yang ke 73.

  1. TUJUAN KEGIATAN

Tujuan diadakannya kegiatan ini

  • Mempererat tali silaturahmi antar warga
  • Meningkatkan semangat dalam meraih prestasi
  • Menumbuhkan jiwa sportifitas dan nasionalisme
  • Menumuhkan semangat kebangsaan setiap generasi untuk memperkuat ketahanan nasional
  1. DASAR KEGIATAN

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan:

  • Arahan dari bapak Kepala Desa Sukamakmur tentang pelaksanaan kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke 73 di lingkungan Desa Sukamakmur

ISI PROPOSAL

  1. TEMA KEGIATAN

Kegiatan yang mengedepankan tentang sebuah kebersamaan antar warga disetiap generasi dan menumbuhkan sifat patriotism, nasionalisme dan sportifitas. Mengembangkan daya kreatif dan ketrampilan setiap anak.

  1. MACAM KEGIATAN

Acara tasyakuran dalam rangka HUT RI ke 73

Do’a bersama

Ramah tamah dan makan bersama

Perlombaan ibu-ibu

Perlombaan bapak-bapak

Perlombaan pemuda pemudi

Perlombaan anak-anak tingkat TK dan SD (usia 5 – 12 tahun)

Jenis perlombaan akan ditetapkan kemudian hari

  1. PESERTA

Peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu seluruh warga Desa Sidamakmur

Demikian sebagian kecil dari tentang contoh proposal sponsorship yang dapat Anda baca. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda dan semua yang masih sedikit bingung tentang bagaimana cara membuat proposal sponsorship.

baca juga artike terkait Contoh Proposal Usaha Yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *