Contoh Proposal Proyek dan Cara Membuatnya

6560
contoh proposal proyek
virtualarsitek.wordpress.com

Contoh proposal proyek – Setiap akan mengadakan kegiatan pasti membutuhkan perencanaan yang matang dan terperinci dari mulai latar belakang yang mendasari penyelengaraan kegiatan, tujuan, biaya dan lain sebagainya. Biasanya proposal dibuat ketika akan melakukan suatu kegiatan dengan sebuah rencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh proposal proyek atau proposal dapat dikategorikan dengan berbagai macam kegiatan serta memiliki maksud dan tujuan yang sedikit berbeda seperti proposal bisnis, proposal proyek, proposal penelitian dan proposal kegiatan. Namun untuk kali ini saya akan membahas tentang contoh proposal proyek.

Proposal proyek (contoh proposal proyek) biasanya digunakan untuk memperoleh perizinan, dukungan ataupun sponsor dan bantuan dana untuk pembangunan yang cukup besar. Sehingga mengharuskan untuk meminta izin kepada pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan tersebut. Selain itu pembangunan yang cukup besar juga membutuhkan biaya yang tidak kecil.

Contoh Proposal proyek atau proposal pembangunan merupakan proposal yang ditujukan untuk memohon dana atau bantuan untuk pembangunan yang sudah direncanakan dan biasanya pembangunan ini dibuat oleh Yayasan atau organisasi kemasyarakatan. Biasanya proposal ini bersifat umum ataupun untuk kepentingan bersama seperti proyek perbaikan jalan, pembuatan selokan air, proyek pembangunan masjid dan sebagainya.

Pembangunan biasanya dilakukan sebagai bentuk kepentingan masyarakat disekitar dan biasanya dilakukan oleh lembaga-lembaga tertentu atau suatu Yayasan ataupun suatu organisasi kemasyarakatan tertentu. Dengan menunjukan surat anjuran ataupun surat pengantar proposal yang diketahui dan ditandatangani oleh pihak-pihak yang terkait.

Dalam membuat proposal proyek atau contoh proposal pembangunan sebaiknya disusun secara realistis atau sesuai fakta dan tidak mengada-ada, dibuat secara terperinci dari nama kegiatan, tempat, waktu dan kepanitiaan. Serta mendapat persetujuan dari pihak terkait seperti Kepala Desa, Camat sehingga pembangunan akan berjalan dengan lancar dan memiliki legalitas formal yang kuat.

Baca juga artikel terkait Cara Membuat Proposal yang Baik dan Benar

Susunan Penulisan  Proposal Proyek

contoh proposal proyek
http://fabrikasikonstruksi.com

Adapun susunan penulisan dalam proposal proyek yaitu sebagai berikut:

1.  PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam latar belakang berisi tentang gambaran identifikasi masalah yang menyebabkan adanya proposal tersebut. Latar belakang memiliki susunan penulisan secara sistematis (umum-khusus) dan latar belakang yang ada di dalamnya diuraikan secara berurutan.

Tujuan

Pada bagian ini biasanya berisi tentang tujuan-tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan atau pembangunan proyek yang direncanakan. Sehingga orang yang membaca mengetahui apa yang mendasari pembangunan proyek yang direncanakan.

Visi dan Misi

Visi dan misi berisi tentang tujuan dan harapan yang akan dicapai dari pembangunan proyek yang direncanakan.

2. NAMA KEGIATAN

Nama kegiatan ini sesuai dengan kegiatan yang direncanakan dengan spesifik.

3. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Untuk waktu pembangunan biasanya ditulis dengan kapan waktu memulai dan prediksi waktu selesainya proyek pembangunan yang akan dilakukan.

Untuk tempat pelaksanaan ditulis dengan nama daerah atau tempat dimana pembangunan proyek tersebut akan dilaksanakan.

4. PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBANGUNAN

contoh proposal proyek
http://fabrikasikonstruksi.com

Pada bagian ini berisi tentang kepanitiaan yang dibentuk untuk mensukseskan pembangunan proyek yang akan dilakukan seperti:

  1. Panitia Pengarah (Panitia Steering Commite)
  2. Panitia Pelaksana (Panitia Organizing Commite) dibagi menjadi seksi-seksi dalam proyek pembangunan

5. RENCANA ANGGARAN

Untuk membuat rencana anggaran biaya untuk proyek pembangunan harus benar-benar teliti dan jujur serta harus bertanggung jawab. Karena biaya untuk pembangunan berhubungan dengan dana dari para warga, donatur ataupun para sponsor. Biasanya rencana anggaran yang berupa table lebih mudah dibuat menggunakan Ms. Excel. Ataupun bisa juga menggunakan Ms. Word.

baca juga artikel terkait Contoh Proposal Sponsorship (Kegiatan Event)

6. PENUTUP

Biasanya berisi tentang harapan-harapan dari pembuat atau penyelenggara terhadap proyek pembangunan yang direncanakan. Serta do’a dan ucapan terimakasih kepada para warga, donatur dan sponsor yang telah membantu.

7. LAMPIRAN-LAMPIRAN

  1. Foto lokasi pembangunan
  2. Sertifikat tanah yang akan dibangun
  3. Foto copy gambar sketsa bangunan yang akan dibangun
  4. Surat izin untuk mendirikan bangunan

Contoh Proposal Proyek

Berikut merupakan contoh proposal proyek atau proposal pembangunan.

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Masjid merupakan tempat ibadah bagi orang islam atau muslim. Tempat ibadah ini di Indonesia memiliki beberapa sebutan seperti langgar, mushola, ataupun surau. Namun istilah-istilah tersebut disebutkan untuk masjid yang kecil dan tidak digunakan untuk sholat jumat.

Secara umum semua tempat yang ada di muka bumi ini merupakan masjid selama tempat tersebut diperbolehkan untuk beribadah atau bersujud. Maksudnya tempat tersebut memenuhi syarat kesucian untuk beribadah. Sedangkan secara khusus masjid merupakan sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat ibadah baik itu dzikir, pengajian, sholat dan semua jenis ibadah kepada Allah SWT.

Dengan ini kami bergerak untuk membangun Masjid “Al Hikmah” di Desa Cilandak RT 004 RW 008, Jakarta Selatan. Agar dapat digunakan sebagai tempat beribadah yang layak dan nyaman. Serta kami mengharapkan partisipasi dan juga perhatian dari Bapak/Ibu dalam pembangunan Masjid “Al Hikmah” ini.

Tujuan

Tujuan dalam pembuatan proposal proyek atau proposal pembangunan Masjid Al Hikmah ini yaitu agar masyarakat merasakan kenyamanan dalam beribadah. Serta dapat dijadikan sebagai tempat kegiatan keumatan.

Visi dan Misi

Visi : “Memiliki kenyamanan dalam beribadah dan dapat menjadi tempat kegiatan islami yang layak”

Misi : “Menciptakan manusia yang beriman dan bertaqwa. Serta menumbuhkan moral kebangsaan setiap manusia”

NAMA KEGIATAN

Nama dari kegiatan ini yaitu “Pembangunan Masjid Al Hikmah Desa Cilandak”

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

  • Waktu Pelaksanaan : kegiatan pembangunan Masjid Al Hikmah ini akan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2018 dan target penyelesaiannya pada tangggal 20 November 2019.
  • Tempat Pelaksanaan : kegiatan pembangunan Masjid Al Hikmah akan dilaksanakan di Desa Cilandak RT 004 RW 008. Tepatnya di jl. Mawar Desa Cilandak, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

PELAKSANAAN PEMBANGUNAN

Panitia dalam pelaksanaan kegiatan proyek pembangunan ini dibagi menjadi 2 yaitu:

  1. Panitia Pengarah (Steering Commite)

    • Ketua Panitia : Ketua RW 008 Desa Cilandak
    • Sekertaris Panitia : Sekertaris RW 008 Desa Cilandak
    • Anggota : Semua pengurus RW 008 Desa Cilandak
  1. Panitia Pelaksana (Organizing Commite)

    • Ketua : Samsul Adi
    • Sekertaris : Nuryanto
    • Bendahara : Priambudi

Seksi-seksi:

  1. Koordinator Penggalian Dana: Wahyu

Anggota: Andi Dwi

 : Rizal Septiawan

 : Budi Saryono

  1. Koordinator Pengawas: H. Jamal

Anggota: Junaedi

 : Widodo

 : Saiful Arif

  1. Koordinator Sarana dan Prasarana: Bayu Setiawan

Anggota: Galuh

 : Wawan

 : Khaerul Anam

  1. Tim Pembantu Umum:
  • Hermawan
  • Ridho
  • Fajar
  • Suparno

RENCANA ANGGARAN

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika rencana anggaran akan lebih mudah apabila memakai Ms. Excel. Berikut merupakan gambar dari contoh rencana anggaran :

contoh proposal proyekPENUTUP

Demikianlah proposal permohonan bantuan dana dan pembangunan Masjid Al Hikmah Desa Cilandak RT 004 RW 008 yang telah kami buat. Sehingga dapat menjadi acuan dan bahan pertimbangan. Namun jika ada hal-hal penting yang tidak tercantum pada proposal ini maka kami akan jelaskan di kemudian hari. Besar harapan kami kepada Bapak/Ibu untuk berpartisipasi dalam pembangunan Masjid Al Hikmah. Semoga amal ibadah bapak/ibu dibalas oleh Allah SWT dan semoga Bapak/Ibu diberikan ganjaran yang setimpal baik itu di dunia ataupun di akhirat. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Itulah contoh proposal proyek dan cara pembuatan sebuah proposal proyek atau pembangunan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua. Dan jangan lupa untuk membaca artikel artikel yang in sya Allah bermanfaat buat kita semua.

baca juga artikel terkait Contoh Proposal Usaha Yang Baik dan Benar,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here