Ciri Ciri Artikel, Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi

703
ciri ciri artikel
http://teropongkarawang.com

Ciri-ciri artikel – Ketika mendengar kata “artikel” membuat kita terbayang dengan sebuah karya dengan ciri ciri artikel atau bentuk tulisan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Ciri ciri artikel (artikel) memiliki sifat faktual dan adanya pendapat atau ide dari seseorang mengenai masalah tertentu.

Tujuan dari artikel yaitu mendidik, mempengaruhi, memberitahu, meyakinkan atau dapat juga untuk menghibur dengan cara mempublikasikannya kepada masyarakat. Ciri ciri artikel (artikel) yang ditulis oleh seorang penulis dapat dipublikasikan melalui koran, majalah, buletin atau bahkan melalui berbagai media daring.

Berbagai tulisan dalam media dari baik itu dari blog ataupun website, adalah salah satu bentuk dari penulisan ciri ciri artikel (artikel). Namun, tidak semua bentuk penulisan dalam berita disebut artikel. Artikel itu sendiri memiliki ciri cirir bentuk tulisan yang mudah dipahami serta memiliki gaya bahasa yang sederhana.

Selain bentuk tulisan dan gaya bahasa yang sederhana, artikel merupakan hasil tulisan yang original atau asli, isinya bersumber pada fakta. Isinya pun bukan mengenai fiksi atau pun imajinasi yang menyangkut tentang kebutuhan pembaca.

Penulisan artikel biasanya dilakukan oleh individu dengan pendapat atau ide pokok dari pemikirannya sendiri. Dengan penggabungan kata menjadi sebuah kalimat yang menarik dan enak dibaca. Penggabungan ini membuat pembaca mengetahui dan merasakan apa yang  ada dalam artikel tersebut atau mengetahui hal yang belum mereka ketahui.

Ciri ciri Artikel (Narasi)

ciri ciri artikel
www.idntimes.com

Adapun untuk ciri ciri artikel atau Paragraf narasi dikenal sebagai cerita atau sebuah karangan yang didalamnya terdapat peristiwa dan kejadian dalam urutan waktu tertentu. Pada umumnya, paragraf narasi menceritakan tentang cerita karangan yang bertujuan untuk menghibur pembaca. Paragraf narasi menggunakan cerita atau kisah baik itu fiksi ataupun non fiksi.

Karya tulis berupa cerpen, novel, ataupun biografi merupakan salah satu bentuk ciri ciri artikel atau pargraf narasi yang sering kita jumpai. Dalam karya tulis ini antara kalimat satu dengan kalimat yang lain saling berhubungan  dan berurutan. Biasanya menggunakan kata penghubung atau konjungsi untuk menghubungkan beberapa kalimat menjadi sebuah paragraf yang bagus.

Kita dapat mengidentifikasi ciri ciri artikel atau paragraf narasi dengan melihat alur ceritanya. Alur dari paragraf ini seperti suatu kronologis kejadian dari suatu peristiwa yang disusun secara berurutan dengan gaya bahasa cerita. Paragraf narasi ini termasuk dalam jenis-jenis teks dalam bahasa Indonesia. Paragraf narasi atau kerangka narasi dibagi menjadi tiga jenis yaitu narasi ekspositoris, narasi artistik dan narasi sugestif.

Karya tulis narasi ini memiliki beberapa ciri umum yang dapat mengidentifikasi atau yang dapat dipahami dengan mudah seperti adanya unsur perbuatan atau tindakan dari sebuah karangan tersebut. Adanya unsur rangkaian waktu dan informasi, sudut pandang penulis, menggunakan urutan waktu dan tempat yang berhubungan. Adanya unsur tokoh yang memiliki karakter atau perwatakan yang jelas dalam tulisan, adanya (latar tempat, waktu dan suasana). Serta memiliki alur di dalam karya tulis tersebut.

Ciri ciri Artikel (Deskripsi)

ciri ciri artikel
buatlagi.com

Salah satu jenis karangan dalam bahasa Indonesia yaitu karangan deskripsi. Karangan ini merupakan gambaran dari suatu hal dengan jelas sehingga pembaca dapat merasakan, mengalami atau melihat keadaan yang terjadi. Tulisan deskripsi bisa berupa fakta atau pun fiksi.

Aspek-aspek yang digambarkan dalam karangan deskripsi ini dapat berupa keadaan, karakteristik, sifat ataupun perasaan yang dimiliki oleh objek tersebut. Tujuan dari karangan ini adalah untuk memberikan penjelasan kepada pembaca agar mereka memahami apa yang sedang dibicarakan.

Informasi yang digunakan dalam karangan ini harus jelas, sesuai dengan data dan fakta yang ada pada objek tersebut. Tulisan deskripsi biasanya dihasilkan dari pengamatan atau observasi penulis.

Karangan deskripsi atau teks deskripsi ini memiliki ciri-ciri yang dapat mempermudah kita untuk mengenali jenis dari karangan deskripsi tersebut. Teks deskripsi ini menjabarkan atau menggambarkan suatu objek dari benda, tempat ataupun suasana tertentu. Melibatkan panca indra, memaparkan ciri-ciri fisik dan sifat-sifat objek tertentu. Seperti ukuran, bentuk, warna dan kepribadian secara terperinci. Banyak juga ditemukan kata-kata atau frasa yang bermakna.

Ciri ciri Artikel (Eksposisi)

ciri ciri artikel
buatlagi.com

Karya tulis eksposisi ini biasanya berisi tentang penjelasan atau informasi, pengetahuan mengenai suatu topik dengan tujuan memberikan pengetahuan tambahan untuk pembaca. Karya tulis ini dilengkapi dengan adanya gambar, grafik dan sebagainya. Paragraf ini bersifat ilmiah atau non fiksi. Biasanya teks eksposisi dapat dilihat dari berita ataupun koran.

Tujuan utama dari paragraf atau karya tulis eksposisi ini yaitu pemberian informasi serta ilmu tambahan bagi siapa saja yang membacanya. Paragraf ini biasanya dikembangkan dengan susunan yang logis dengan uraian atau penjelasan dari suatu topik.

Ciri-ciri dari karya tulis eksposisi ini dapat dilihat dari gaya informasi yang seolah-olah mengajak pembaca, menjelaskan informasi-informasi pengetahuan. Penyampaian dari tulisan eksposisi biasanya lugas dan penggunaan bahasa yang baku tidak memihak atau tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca. Fakta yang dipakai untuk alat kontribusi dan alat kontrasasi yaitu rumusan kaidah yang dibuat lebih konkret. Jenis dari kerangka eksposisi ini dapat berupa kisah perjalanan, pemaparan peristiwa ataupun kejadian, bentuk struktur, tugas organisasi atau laporan kegiatan.

Ciri ciri Artikel (Argumentasi)

ciri ciri artikel
buatlagi.com

Tujuan dari karya tulis ini adalah membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan fakta sebagai bukti atau alasannya. Dengan mengharapkan adanya pembenaran berpendapat dari pembaca yang terdiri dari unsur data, opini dan fakta.

Pada umumnya karya tulis argumentasi dapat ditemukan dengan mudah, baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam tulisan. Paragraf argumentasi memiliki gagasan utama yang berupa pendapat dan dikembangkan dengan berdasarkan penjabaran, bahasan ataupun ide pribadi dari penulis.

Paragraf ini biasanya disampaikan dengan memberikan fakta aktual dan akurat. Fakta yang diberikan seperti data penelitian, teori-teori dari para ahli dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk menguatkan pendapat atau argumen pada paragraf tersebut.

Sudah dijelaskan bahwa ciri-ciri dari karya tulis argumentasi yaitu berisi argumen, pandangan atau pendapat dan keyakinan tentang suatu permasalahan. Menggunakan data yag bersifat faktual atau fakta, mengedepankan analisa dan logika, memiliki kesimpulan sebagai kalimat penegas.

Ciri ciri Artikel (Persuasif)

ciri ciri artikel
buatlagi.com

Kata persuasi atau persuade berasal dari bahasa inggris yang berarti mengajak. Sedangkan karangan persuasi merupakan suatu tulisan yang digunakan untuk menyampaikan suatu gagasan dari penulis kepada pembaca. Sehingga dapat disimpulkan bahwa karangan persuasi merupakan karangan atau tulisan yang digunakan untuk mengajak,  menghimbau, atau mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu.

Tujuan karya tulis ini untuk mempengaruhi para pembaca untuk berbuat sesuatu sesuai dengan apa yang mereka baca. Penulis berharap ada perbuatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan anjuran dari penulis dalam tulisannya. Karangan persuasif biasanya sering ditulis untuk tujuan mengajak seperti himbauan, peringatan, iklan dan lain sebagainya.

Sebuah karangan dapat disebut karangan persuasif, jika memiliki ciri-ciri untuk mempengaruhi pembaca melakukan apa yang diminta oleh penulis dalam sebuah artikel atau tulisan yang dibuat. Selain itu disertai dengan fakta-fakta yang mendukung dan tidak menimbulkan konflik di dalamnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here