Cara Membuat Proposal yang Baik dan Benar

Cara membuat proposal – Bagi sebagian orang proposal merupakan salah satu hal yang sangat penting, apalagi di sebuah perusahaan atau pun di organisasi. Cara membuat proposal sendiri bisa dibilang gampang-gampang susah, gampang-nya kita bisa melihat atau meniru dari proposal yang sudah jadi atau yang sudah ada.

Akan tetapi susahnya kita harus bisa membuat proposal tersebut semenarik mungkin untuk dibaca dan informasi yang di sampaikan harus jelas dan tidak membosankan bagi si pembaca.

Sebelum lebih jauh mengetahui Cara Membuat Proposal Kegiatan Dengan Baik dan Benar, alangkah baiknya bila kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu Proposal.

Apa itu Proposal ?

cara membuat proposal
sumber karinov.co.id

proposal berasal dari bahasa inggris yaitu to propose yang memiliki makna atau arti mengajukan. secara sederhana-nya proposal dapat diartikan sebagai bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik berupa ide, gagasan, pemikiran maupun rencana secara sistematis dan terperinci kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan baik itu sifatnya perizinan, persetujuan, dana dan lain-lain.

Proposal juga dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelaskan sebuah rencana dan tujuan suatu kegiatan kepada si pembaca.

baca juga terkait artikel Contoh Proposal Proyek dan Cara Membuatnya

Proposal Menurut Para Ahli

gambar lampu
gulangguling.com

Untuk meneteahui arti dari proposal, berikut saya sertakan pengertian Proposal Menurut Beberapa Pandangan dari Para Ahli ;

  • Hasanun Anwar (1004 :73)

Menjelaskan bahwa proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.

  • Jay (2006 : 1)

Pengertian proposal menurut Jay adalah alat bantu manajemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisen.

  • Proposal Menurut KBBI (2002)

proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, matang dan terperinci yang dibuat oleh panitia di perpustakaan (library research) maupun perpustakaan (field research).

  • Proposal Dari Sudut Pandang Dunia Ilmiah

Yaitu rancangan dari suatu usulan sebuahpenelitian yang kemudian akan dilaksanakan oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya. Proposal juga dapa dikatakan sebagai saran yang ditujukan kepada seseorang, instansi, organisasi, atau suatu kelompok untuk menjalankan atau melaksanakan suatu pekerjaan.

Tujuan Pembuatan Proposal adalah untuk memperoleh bantuan dana, memperoleh dukungan, sponsor atapun untuk memperoleh perizinan dari pihak yang berkepentingan..

Fungsi Proposal

  • Fungsi proposal untuk mengadakan acra seminar, diskusi, pelatihan.
  • Fungsi proposal untuk mengjukan tender dari lembaga pemerintah maupun swasta.
  • fungsi proposal untuk mengajuka kredit kepada bank.
  • fungsi proposal untuk melakukan penelitian yang berkenaan dengan agama, sosial, polotik, budaya, ekonomi dan lain sabagainya.

Jenis-Jenis Proposal

Secara umum proposal dapat dibagi menjadi 4 jenis yaitu seperti yang dibawah ini :

1. Proposal Proyek

Proposal proyek, proposal yang seperti ini hanya mencakup dunia kerja yang isinya mencakup serangkaian rencana bisnis atau yang bisa menguntungkan. Contohnya seperti pembangunan perumahan, atau gudang dan yang semisalnya.

2.  Proposal Penelitian

proposal penelitian, proposal yang seperti ini biasanya hanya digunakan dalam bidang akademis. Contohnya penelitian untuk observasi, sekripsi, dan yang semisalnya. untuk isi proposal yang seperti ini yaitu tentang pengajuan kegiatan penelitian.

3. Proposal Bisnis

Proposal bisnis adalah proposal yang sangat erat kaitannya dengan dunia usaha, baik usaha individu maupun usaha kelompok. Contohnya seperti menjalin kerja sama antar perusahaan.

4. Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan ialah suatu pengajuan rencana sebuah kegiatan atau acara baik itu secara perseorangan ataupun berkelompok. Contohnya kegiatan lomba agustus, kegiatan ulang tahun desa, kemah, dan lain sebagainya.

Okeee! kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu ke tahap bagai mana sih cara membuat proposal yang baik dan benar.

Cara Membuat Proposal Kegiatan Dengan Baik dan Benar 

gambar buku notes
http://pastiguna.com

Berikut adalah bagian-bagian proposal yang wajib kamu perhatikan ketika akan membuat sebuah proposal.

Unsur-Unsur Proposal Sebagai Berikut ;

  1. Judul/ Nama Kegiatan
  2. Pendahuluan
  3. Latar belakang
  4. Tujuan Kegiatan
  5. Waktu dan Tempat Kegiatan
  6. Susunan Acara Kegiatan
  7. Susunan Panita Kegiatan
  8.  Estimasi Anggaran Kegiatan
  9. penutup

Sebelum kita lanjut pada contoh proposal kegiatan sangat penting kiranya kita mengetahui bagaimana cara membuat proposal, khususnya proposal kegiatan dan bagaiamana pula sistematika penulisan (kerangka) dari proposal kegiatan dan proposal penelitian? Berikut ini adalah sistematika atau kerangka dari proposal kegiatan dan proposal penelitian.

baca juga artikel terkait Contoh Proposal Sponsorship (Kegiatan Event)

Berikut Tahap Pembuatan Proposal 

Secara umum, membuat proposal kegiatan itu lebih sederhana dibandingkan membuat proposal penelitian. Namun, kamu juga harus tetap memperhatikan alur atau tahapan dari pembuatan Proposal Kegiatan tersebut.

Judul Proposal 

Tuliskan judul proposal yang sesuai dengan kegiatan yang akan kamu selenggarakan. Misalnya PROPOSAL LOMBA RADIOLOGI

Pendahuluan 

Kemudian di bagian pendahuluan terdapat 2 sub bab yakni :

  1. Latar Belakang Kegiatan

Latar belakang  proposal kegiatan ini isinya adalah dasar dan alasan kegiatan tersebut di lakukan atau di selenggarakan.

  1. Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan adalah hasil atau manfaat yang diharapkan dari diselenggarakannya kegiatan tersebut.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Waktu dan tempat kegiatan ini mejelaskan tentang kegiatan pokok yang akan diselenggarakan dan dilampirkan jadwal kegiatan secara lengkap pada proposal yang dibuat.

Susunan Acara Kegiatan

Dalam bab ini menjeaskan struktur acara yang akan diselenggarakan.

Susunan Panitia Kegiatan

Yaitu isinya menjelaskan struktur kepanitian.

Estimasi Anggaran Kegiatan

Menjelaskan anggaran yang ditulis pada proposal dengan secara terperinci dan sedetail mungkin. Estimasi dana sebaiknya dibuat sedikit melebihi dari keadaan yang sebenarnya yang bertujuan untuk menutupi anggaran dana yang diluar perkiraan kita.

Penutup

Dan seperti biasa, pada bagian ujung proposal diberi penutup yang berisi harapan untuk diberikan dukung kepada pihak terkait agar kegiatan tersebut bisa diselanggarakan dengan lancar.

Contoh Membuat Proposal Kegiatan Yang Benar

gambar tumpukan kertas
www.kata.co.id

Berikut ini adalah salah satu contoh proposal kegiatan dengan baik dan benar:

  1. LATAR BELAKANG

Segala puji bagi Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta, dan yang telah mengatur segala hal. Semoga Allah SWT tetap melimpahkan rahmatnya kepada kita semua dan semoga kita menjadi hamba yang selalu bersyukur atas segala nikmat-Nya.Shalawat dan salam semoga tetap tecurah kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, semoga kita bisa menghiasi diri dengan suri tauladan yang telah dicontohkan oleh Rasul.

Perkembangan ilmu kesehatan dewasa ini semakin maju, termasuk dalam bidang radiologi. Dimulai dari penemuan sinar Rontgen pada tahun 1895, sehingga munculnya sinar-X dan berbagai inovasi di bidang radiologi lainnya.

Radiografer merupakan tenaga kesehatan yang memberi kontribusi bidang radiografi dan imejing dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, Saat ini radiografer di dalam menerapkan kompetensinya masih difokuskan pada pelayanan radiologi, yaitu meliputi pelayanan kesehatan bidang radiodiagnostik, imejing, radioterapi dan kedokteran nuklir.

Mahasiswa Radiologi sebagai calon Radiografer sangat memerlukan ruang untuk mengasah skill dan kreativitasnya, sehingga dapat menghasilkan prestasi bukan hanya dalam bidang akademik, tetapi juga dalam bidang lainnya (softskill dan hardskill).

Oleh karena itu Program Studi Radiologi Universitas Aisyiyah Yogyakarta bermaksud mengadakan kegiatan perlombaan yang diberi nama “X-RAY COMPETITION”, kegiatan ini diharapkan mampu memberikan wadah positif bagi mahasiswa jurusan radiologi dan dapat mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa radiologi seluruh Indonesia.

1. NAMA KEGIATAN

Kegiatan yang akan dilaksanakan dinamakan “FACE” (Festival of X-Ray And  Competition).

1.2 TEMA KEGIATAN

Tema kegiatan ini adalah “The Colour Behind The X-Ray”.

1.3 TUJUAN KEGIATAN

  1. Memberikan wadah positif untuk mengembangkan skill dan kreatifitas mahasiswa Radiologi
  2. Mempererat tali silaturahmi antar civitas mahasiswa radiologi

1.4 AGENDA KEGIATAN

Adapun bentuk kegiatan yang akan kami laksanakan adalah perlombaan:

  1. Foto Rontgen
  2. Poster
  3. Olympiade Radiologi

1. SASARAN

Sasaran kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Mahasiswa Radiologi seluruh Indonesia dengan target sebanyak 200 peserta.

  1. WAKTU DAN TEMPAT

Hari dan Tanggal        : Jumat – Minggu, 13-15 April 2018

Tempat                        : Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

  1. SUMBER DANA
  2. Sponsor
  3. Pendaftaran Peserta
  4. Program Studi D3 Radiologi

1. PESERTA

Target peserta dari kegiatan terbagi menjadi beberapa perlombaan diantaranya:

1.Foto Rontgen50 Peserta
2.Poster50 Peserta
3.Olimpiade Radiologi100 Peserta
Total Peserta200 Peserta
  1. SUSUNAN PENITIA

Terlampir

  1. SUSUNAN ACARA

Terlampir

  1. ANGGARAN DANA

Terlampir

  1. PENUTUP

Demikian proposal ini kami ajukan sebagai bahan pertimbangan dari berbagai pihak yang berkepentingan. Semoga kegiatan yang diadakan dapat bermanfaat sehingga mendapat ridho dan kemudahan dari Allah SWT. Atas perhatian dan kerjasama yang diberikan  kami ucapkan terima kasih

HALAMAN PENGESAHAN HIMPUNAN MAHASISWA RADIOLOGI UNIVERSITAS ‘AISYYAH YOGYAKARTA

“X-RAY COMPETITION”

     Ketua Pelaksana                                                               Sekretaris

 

  Muhammad Fakhrurreza, ST., M.Sc.                     Asih Puji Utami, S.KM., M.Kes.

                     NIP. 1504287                                                          NIP. 7804081709436

Menyetujui,

   

                    Ketua Program Studi,                                  Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan,

 

                     Sri Wahyuni, S.Si., M.Sc.                                  M. Ali Imron, S.Sos., M.Fis.   

NIP. 1504288                                                    NIP. 6805261104115

 

Mengetahui,

Wakil Rektor I Bidang Kemahasiswaan,

 

 Taufiqur Rahman, S.IP,.MA.,Ph.D

NIP/NIK.74050271607385

 

SUSUNAN PANITIA “X-RAY COMPETITION” PROGRAM STUDI RADIOLOGI

UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA

Ketua                                      :  Muhammad Fakhrurreza, ST., M.Sc.

Wakil                                      :  Septi Purwaningsih,S.Si., M.Sc.

Sekretaris                               :  Asih Puji Utami, S.KM., M.Kes.                

Bendahara                             :  dr. Dewi Ari Mulyani, Sp.Rad, M.Sc.

                                                                                 

Acara             

Koordinator                   :  Anisa Nur Istiqomah, S.Tr.Rad.

Anggota                        : -Bayu Sugiyarta        

-Mukti Ali

-Welli Wardino

-Susi Wulandari

-Dina Widyasari

-Kiranti Ariska

Konsumsi                              

Koordinator                :  dr. Elvina, Sp.Rad.,M.Kes

Anggota                        -Sulistiyawati Ramadhani R

-Muhammad Nursyahid

-Elsy Anggie Yutami

-Dwi Laila Sukmawati

Humas                                   

Koordinator                : Fisnandya Meita Astari S.Tr.Rad.

Anggota                      : -Imam Rustadi

-Qisti Luthfiana Nawafi

-Lu’lu Sa’diyah

-Sugeng Hadi Susilo

-A. Arsyad

Perlengkapan

Koordinator                :  Ike Ade Nur Liscyaningsih, S.Tr.Rad.

Anggota                      : -Siti Marlina

-Mochamad Fadli

-Tri Mahmudi

– Sariadin

Dokumentasi                         

Koordinator                :  Puput Khusniatul Majidah, S.Si.

Anggota                      : -M. Dzawin Nuha

-Silvia Yuniarsih

-Istighfarin

 

SUSUNAN ACARA “X-RAY COMPETITION” PROGRAM STUDI RADIOLOGI

UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA

Garis Besar Acara X Ray Competition

WAKTUAGENDAPENANGGUNG JAWAB
01 Maret 2018PendaftaranAnisa Nur Istiqomah, S.Tr.Rad.

 

09 April 2018Penutupan PendaftaranIke Ade Nur Liscyaningsih, S.Tr.Rad.

 

13 April 2018PembukaanMuhammad Fakhrurreza, ST., M.Sc.

 

14 April 2018Registrasi dan pelaksanaan lombaAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.
15 April 2018Penutupan Dan Pembagian HadiahPuput Khusniatul Majidah, S.Si.

 

Detail Acara X Ray Competition

13 April 2018

No.WAKTUACARAPenanggung Jawab
1.13.00 – 15.30Registrasi PesertaMuhammad Fakhrurreza, ST.,M.Sc.
2.15.30 – 17.00Technical MeetingMuhammad Fakhrurreza, ST.,M.Sc.
3.17.00 – 19.00ISHOMAMuhammad Fakhrurreza, ST.,M.Sc.
4.19.00 – 19.05PembukaanMuhammad Fakhrurreza, ST.,M.Sc.
5.19.05 – 19.10Gema Wahyu IlahiMuhammad Fakhrurreza, ST.,M.Sc.
6.19.10 – 19.15Menyayikan lagu Indonesia Raya dan Mars UNISAMuhammad Fakhrurreza, ST.,M.Sc.
7.19.15 – 19.30Kata Sambutan Ketua PanitiaMuhammad Fakhrurreza, ST.,M.Sc.
8.19.30 – 19.45Kata Sambutan Ketua Prodi D3 RadiologiMuhammad Fakhrurreza, ST.,M.Sc.
9.19.45 – 20.00Kata Sambutan Dekan Fakultas Ilmu KesehatanMuhammad Fakhrurreza, ST.,M.Sc.
10.20.00 – 20.15Kata Sambutan Ketua Pengda PARI DIYMuhammad Fakhrurreza, ST.,M.Sc.
11.20.15 – 20.35Hiburan Tapak Suci UNISAMuhammad Fakhrurreza, ST.,M.Sc.
12.20.35 – 21.05Perkenalan DelegasiMuhammad Fakhrurreza, ST.,M.Sc.
13.21.05 – 21.10PenutupMuhammad Fakhrurreza, ST.,M.Sc.

 14 April 2018

No.WAKTUACARAPenanggung Jawab
1.05.00 – 07.00Persiapan Peserta LombaAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.
2.07.00 – 08.30Sarapan PesertaAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.
3.08.30 – 09.00Pengarahan Ruang Lomba Olimpiade dan Foto RontgentAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.
4.09.00 – 11.00Ujian seleksi Tahap Penyisihan Olimpiade dan Foto RotgentAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.
5.11.00 – 12.30ISHOMA dan Koreksi Hasil LombaAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.
6.12.30 – 13.00Pengumuman Peserta Yang Lolos Ke Tahap Semi FinalAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.
7.13.00 – 14.00Ujian seleksi Tahap Semi Final Olimpiade dan Foto RontgenAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.
8.14.00 – 14.30Koreksi Hasil LombaAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.
9.14.30 – 15.00Pengumuman Peserta Yang Lolos Ke Tahan FinalAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.
10.15.00 – 15.45ISHOAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.
11.15.45 – 16.00Pengkondisiaan Peserta FinalAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.
12.16.00 – 17.30Final Olimpiade dan Foto RontgenAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.
13.17.30 – 18.00PenutupanAsih Puji Utami, S.KM., M.Kes.

15 April 2018

NoWAKTUACARAPenanggung Jawab
1.07.30 – 08.00SarapanPuput Khusniatul Majidah, S.Si.
2.08.00 – 08.30Registrasi PesertaPuput Khusniatul Majidah, S.Si.
3.08.30 – 08.40PembukaanPuput Khusniatul Majidah, S.Si.
4.08.40 – 08.45Sambutan Ketua PanitiaPuput Khusniatul Majidah, S.Si.
5.08.45 – 09.00Perfomance AngklungPuput Khusniatul Majidah, S.Si.
6.09.00 – 09.30Pengumuman Dan Pemberian Hadiah Lomba PosterPuput Khusniatul Majidah, S.Si.
7.09.45 – 10.00Performance AngklungPuput Khusniatul Majidah, S.Si.
8.10.00 – 10.30Pengumuman Dan Pemberian Hadiah Lomba OlimpiadePuput Khusniatul Majidah, S.Si.
9.10.30 – 10.40Performance AngklungPuput Khusniatul Majidah, S.Si.
10.10.40 – 11.10Pengumuman Dan Pemberian Hadiah Lomba RontgenPuput Khusniatul Majidah, S.Si.
11.11.10 – 11.20Performance AngklungPuput Khusniatul Majidah, S.Si.
12.10.20 – 11.30PenutupanPuput Khusniatul Majidah, S.Si.
13.11.30 – 12.00SayonaraPuput Khusniatul Majidah, S.Si.

ANGGARAN DANA “X-RAY COMPETITION” PROGRAM STUDI RADIOLOGI 

UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA

No.UraianQty.Unit PriceJumlahSub Total
 Pemasukan    
1.DanaRp    40.000.000
2.Pendaftaran Olimpiade150 OrangRp              650.000Rp    65.000.000
3.Pendaftaran Rontgen50 OrangRp              650.000Rp    32.500.000
4.Pendaftaran Poster50 OrangRp                50.000Rp      2.500.000
5.SponsosrshipRp    18.190.000
Total PemasukanRp 151.790.000
 
Pengeluaran
Kesekretariatan
1.Amplop5 BoxRp                50.000Rp         250.000
2.Formulir Pendaftaran200 LembarRp                  1.000Rp         200.000
3.LPJ1 BendelRp              100.000Rp         100.000
4.Penggandaan Proposal30 BendelRp                20.000Rp         600.000
5.Sertifikat300 LembarRp                10.000Rp      3.000.000
6.Stempel2 BuahRp              100.000Rp         200.000
7.Surat Menyurat50 LembarRp                  2.000Rp         100.000
Rp   44.500.000
 
Acara 
1.Juri10 OrangRp           1.000.000Rp    10.000.000 
2.Uang Pembinaan 
–      Lomba Olimpiade3 JuaraRp      3.250.000 
–      Lomba Rontgen3 JuaraRp      3.250.000 
–      Lomba Poster3 JuaraRp      2.250.000 
3.Tropi3 setRp           4.000.000Rp    12.000.000 
4.Piagam20 LembarRp                10.000Rp         200.000 
5.Musik Angklung10 CrewRp      2.000.000 
6.Doorprise30 BuahRp                20.000Rp         600.000 
Rp   33.550.000
 
Perlengkapan 
1.Cairan Developer1 SetRp              600.000Rp         600.000 
2.Cairan Fixer1 SetRp              600.000Rp         600.000 
3.Co Card Panitia40 LembarRp                10.000Rp         400.000 
4.Co Card Peserta200 LembarRp                10.000Rp      2.000.000 
5.Dekorasi1 SetRp           2.500.000Rp      2.500.000 
6.DVD10 BuahRp                10.000Rp         100.000 
7.Film X Ray2 SetRp           1.300.000Rp      2.600.000 
8.Kertas HVS5 RimRp                40.000Rp         200.000 
9.Penginapan67 KamarRp              800.000Rp    53.600.000 
10.Sewa HT15 BuahRp                75.000Rp      1.125.000 
11.Sewa Kamera3 UnitRp              200.000Rp         600.000 
12.Tinta Printer3 SetRp                25.000Rp           75.000 
13.TransportasiRp    10.000.000 
14.Kotak P3K1 SetRp              500.000Rp         500.000 
15.Bensin Panitia30 LiterRp                  8.000Rp         240.000 
Rp   75.140.000
 
Publikasi 
1.Backdrop1 LembarRp              400.000Rp         400.000 
2.Banner1 LembarRp              200.000Rp         200.000 
3.Pamplet30 LembarRp                  5.000Rp         150.000 
4.Photobooth1 LembarRp              400.000Rp         400.000 
5.Pin300 BuahRp                  5.000Rp      1.500.000 
6.Stiker300 LembarRp                  1.000Rp         300.000 
Rp     2.950.000
 
Konsumsi 
1.Snack350 BuahRp                15.000Rp      5.250.000 
2.Makan350 BuahRp                72.000Rp    25.200.000 
3.Minum350 BuahRp                15.000Rp      5.250.000 
Rp   35.700.000
 
Total PengeluaranRp 151.790.000

 SPONSORSHIP PROGRAM

Dalam event ini, kami mengadakan link kerjasama dengan semua pihak yang dapat membantu terselenggaranya event tersebut, yang disebut dengan sponsorship program. Dalam event ini kami mengambil lajur sponsorship sebagai berikut:

Sponsor Tunggal

Adalah perusahaan yang memberikan atau menyediakan total dana atau produksi yang dibutuhkan. Kompensasi dari sponsor tunggal adalah dana sebesar 100% dari anggaran dana, yaitu Rp. 158.190.000.00. Ada pun media kontraprestasi yang ditawarkan adalah:

  1. Pihak sponsor berhak mendapatkan posisi sebagai penyelenggara acara yang bekerja sama dengan panitia dalam materi yang akan dipersiapkan oleh panitia seperti yang tertulis dalam proposal.
  2. Pihak sponsor berhak mendominasi nuansa (branding perusahaan) dalam outlet promotion media yang berupa indoor maupun outdiir antara lain: poster, leaflet, backdrop, banner, announcement mc.
  3. Pemasangan umbul-umbul dan spanduk perusahaan di area pelaksanaan kegiatan.
  4. Sampling produk selama acara berlangsung dan berhak membuka stand atau counter perusahaan selama acara berlangsung.
  5. Penanyangan company profile perusahaan selama 5 meniat saat mc cut.

Sponsor Utama

Adalah perusahaan yang memberikan atau menyediakan total dana atau produksi yang dibutuhkan. Kompensasi dari sponsor tunggal adalah dana sebesar 75% dari anggaran dana, yaitu Rp. 118.642.500.00. Adapaun media kontraprestasi yang ditawarkan adalah:

  1. Pihak sponsor berhak mendominasi nuansa (branding perusahaan) dalam outlet promotion media yang berupa indoor maupun outdiir antara lain: poster, leaflet, backdrop, banner, announcement mc.
  2. Pemasangan umbul-umbul dan spanduk perusahaan di area pelaksanaan kegiatan.
  3. Sampling produk selama acara berlangsung dan berhak membuka stand atau counter perusahaan selama acara berlangsung.
  4. Penanyangan company profile perusahaan selama 3 meniat saat mc cut.

Sponsor Pendamping

Adalah perusahaan yang memberikan atau menyediakan total budget yang telah direncanakan oleh tim produksi (panitia) yaitu kompensasi yang berupa 5% dari total dana yang dibutuhkan senilai Rp. 7.909.500.00. Adapaun media kontraprestasi yang ditawarkan berupa : pencantuman logo atau lambang perusahaan pada media-media promosi, antara lain: poster, backdrop announcement mc.

Donatur

Adalah pihak perusahaan atau perorangan yang mendukung dan memberikan bantuan sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik. Adapun sumbangan atau tingkat kompensasi bersifat kondisional. Sebagai btas jasa dan ucapan terimakasih dari tim FACE HIMARA Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta atas kerjasama dengan pihak donatur. Panitia akan mencantumkan nama pada leaflet acara yang akan dibagikan saat acara berlangsung.

MEDIA PUBLIKASI

Publikasi adalah hal yang sangat vital bagi penyelanggaraan sebuah acara. Untuk itu kami mencurahkan konsentrasi yang cukup besar pada bidang satu ini.

  1. Pamphlet
Ukuran: A3
Bahan: Artpaper
Jumlah: 30 Lembar
Warna: Full Colour
  1. Co Card
Ukuran: 10 x 11 cm
Bahan: Asturo tebal
Jumlah: 250 Lembar
Warna: Full Colour
  1. Photo Booth
Ukuran: 4 x 3 m
Bahan: Vinil
Jumlah: 1 Lembar
Warna: Full Colour
  1. Stiker
Ukuran: Diameter 8 cm
Bahan: Kertas stiker
Jumlah: 300 Lembar
Warna: Full Colour
  1. Backdrop
Ukuran: 4 x 3 m
Bahan: Vinil
Jumlah: 1 Lembar
Warna: Full Colour
  1. Baliho Welcome
Ukuran: 2 x 3 m
Bahan: Vinil
  1. Announcment MC

MC akan mengumumkan produk sponsor yang mensponsori acara ini.

  1. Doorprise

Sponsor dapat berpartisipasi dengan cara memberikan beberapa buah hadiah kepada penonton secara langsung atau melalui berbagai macam game yang bersifat interaktif dengan penonton.

Lain-lain

Dengan berpartisipasi dalam acara ini segenap panitia dan seluruh pendukung tim panitia FACE HIMARA Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta mengucapkan terimakasih kepada pihak sponsorship, donatur dan dengan terselenggaranya acara ini pula diharapkan daat meningkatkan citra dan branding perusahaan sponsor dan para donatur di dalam masyarakat.

PERNYATAAN PERSETUJUAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               :

Alamat            :

Perusahaan      :

Menyatakan bersedia menjadi

(SPONSOR………………………../DONATUR) dan setuju dengan kontraprestasi yang  ditawarkan serta mematuhi dengan Tim Panitia “FACE”

Dan akan menyediakan dana sebesar

……………………………………………………………………………………

(Rp……………………………………………………………….) dalam bentuk

…………………………………………………………………………………..

 

PERNYATAAN PERSETUJUAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama               :

Alamat            :

Perusahaan      :

Menyatakan bersedia menjadi

(SPONSOR………………………../DONATUR) dan setuju dengan kontraprestasi yang  ditawarkan serta mematuhi dengan Tim Panitia “FACE”

Dan akan menyediakan dana sebesar

……………………………………………………………………………………

(Rp……………………………………………………………….) dalam bentuk

………………………………………………………………………………….

 

Nah, jadi kurang lebih cara membuat proposal yang baik dan benar adalah seperti diatas. Silahkan jabarkan secara detail dari kegiatan yang akan kamu selenggarakan, supaya pihak terkait dapat ikut serta membantu melancarkan kegiatan yang akan kamu selenggarakan.

Sekian artikel Cara Membuat Proposal dan Contohnya semoga bermanfaat. Jika ada tambahan, kritik, maupun saran mengenai artikel ini, silahkan komen di kolom komentar yang telah disediakan.

baca juga artikel terkait Contoh Proposal Usaha Yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *